Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp (+ Contoh Teks)

Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp

Zaman sekarang ini eranya sudah serba digital, apapun yang berhubungan dengan aktivitas manusia, telah berubah menjadi suatu kegiatan praktis berkat kehadiran teknologi masa depan.

Satu hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan yakni bidang komunikasi. Walaupun dipisahkan dengan jarak yang jauh, waktu yang berbeda, kita masih tetap bisa berkomunikasi secara langsung melalui ponsel pintar.

Wadah komunikasi yang sampai saat ini masih sering diandalkan banyak orang adalah WhatsApp. Aplikasi tersebut mempunyai banyak fungsi, selain sebagai media komunikasi seperti chat, video call, panggilan suaran, hingga eksis lewat laman status, kamu juga bisa memfungsikan Whatsapp untuk mengurus izin tidak masuk sekolah.

Umumnya, izin tidak masuk sekolah seperti ini sering dikirim dalam bentuk lembar surat fisik. Saat ini, cara tersebut kurang efektif bila kita baik anggota keluarga lain berhalangan mengantarkan surat tersebut ke tempat sekolah.

Alhasil solusi alternatifnya kita dapat menggunakan media WhatsApp sebagai pengganti surat izin.

Tidak asal sembarangan, berikut cara izin tidak masuk sekolah melalui WhatsApp agar pesan kamu masih terlihat formal.

Contoh Teks Whatsapp Tidak Masuk Sekolah

Sebagian menganggap bahwa permintaan izin melalui pesan WhatsApp itu terlihat kurang sah. Supaya meminimalisir indikasi tersebut, kita sudah berikan contoh dan metode cara mengirimkan surat ini agar terkesan formal.

Mau bagaimanapun, lembaga yang kita akan kirimkan merupakan lembaga formal dan terorganisir. Sebagai pengirim harus tetap memiliki etika dengan kata lain sebab semuanya berbasis data. Sebelum masuk ke tutorial cara izin tidak masuk sekolah melalui WhatsApp, berikut contoh teksnya.

Surat Izin Whatsapp Karena Sakit

1 Izin Karena Sakit - Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp

Formal

Semarang, 14 September 2022 

Yth. 
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 7A
SMP Pesanggrahan 02 
di Tempat 

Dengan hormat, 

Yang bertanda tangan orang tua murid di bawah ini: 

Nama    : Parparyogi 
Alamat  : Jl. Pesanggrahan No. 2, Semarang Utara

Orang tua/wali murid dari: 

Nama                    : Putri Rapunzel
Kelas                     : 7B
No. Absen           : 15 

Memberitahukan kepada wali kelas bahwa anak saya yang bernama Putri tidak dapat mengikuti pelajaran mengajar di sekolah seperti biasa pada hari ini, tanggal 14 September 2022 dikarenakan sakit Flu. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dapat memberikan izin. Adapun surat keterangan sakit dari dokter yang kami kirimkan bersama dengan pesan ini.  

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya,  

Parparyogi

Singkat

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SMP N Bakti 1 di Tempat. 

Dengan hormat, saya Parparyogi selaku orang tua dari Putri Rapunzel, murid kelas 8F, ingin memberitahukan bahwa hari ini Selasa tanggal 14 September 2022 anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar karena sakit demam. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar memberikan izin untuk anak saya. 

Demikian pesan yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 


Surat Izin Whatsapp Karena Saudara / Kerabat Meninggal

2 Alasan Acara Keluarga - Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp

Formal

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 6
SD Tadika Mesra
di Tempat 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari: 

Nama    : Diana Elonor
Siswa     : Kelas 6  / SD Tadika Mesra 
Alamat  : Jl. Tegal Gundil No. 2, Bogor Utara 

Surat ini memberitahukan bahwa pada hari ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar tanggal 14 September 2022 dikarenakan sedang berduka atas meninggalnya kerabat dekat paman dari Diana. Oleh karena itu, kami memohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas untuk dapat memberikan izin. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami kami selaku orang tua Diana, mengucapkan terima kasih. 

Singkat

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SD Tadika Mesra di Tempat. 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari Diana Leonor Kelas 6 ingin memberitahukan kepada wali kelas bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Jumat, 14 September 2022 dikarenakan sedang berduka atas meninggalnya kerabat dekat paman dari Diana. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dapat memberikan izin. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Surat Izin WhatsApp Keperluan Keluarga

3 Izin Alasan Kerabat Meninggal - Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp

Formal

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali 9F
SMP Bakti Nusa
di Tempat 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari: 

Nama    : Andrew Bionty
Siswa     : Kelas 12 F / SMP Bakti Nusa
Alamat  : Jl. Mawar Merah. No 12, Semarang

Memberitahukan bahwa saat ini anak saya yaitu Andrew tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Selasa / 22 September 2022, dikarenakan ada acara keluarga pernikahan kakak kandung di luar kota. Oleh karena itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas untuk dapat memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Singkat

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SMP Bakti Nusa di Tempat. 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari Andrew Bionty Siswa dari Kelas 9F ingin memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari Selasa, 14 September 2022 dikarenakan harus menghadiri acara keluarga menghadiri pernikahan kakak kandung Andrew di luar kota. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dapat memberikan izin. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Trik WhatsApp:

Malas mengetik pesan WhatsApp ? Kini kamu bisa kirim pesan WhatsApp dengan Ok Google.


Cara Kirim Surat Izin Menggunakan WhatsApp

Setelah menyalin contoh teks surat izin diatas, sekarang kita kirim ke wali kelas kalian. Kamu harus memiliki kontak wali kelas tempat sekolah yang akan dihubungi. Dan berikut cara mengirim surat melalui WhatsApp.

  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp. Bisa pakai Whatsapp mobile atau WhatsApp Web di laptop.
  2. Cari kontak dari guru atau wali kelas yang akan dihubungi.
  3. Pertama kirimkan salam pembuka, bisa seperti Selamat Pagi, Assalamualaikum dan sebagainya.4 Beri Salam Pembuka - Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp
  4. Kemudian dibawahnya kamu ketikkan contoh surat yang sudah kita tulis di atas.5 Kirimkan Contoh Suratnya - Cara Izin Tidak Masuk Sekolah Melalui WhatsApp
  5. Jika ada bukti kuat, seperti surat dari doktor, tiket pergi karena alasan keluarga ke luar kota, bisa kirimkan menggunakan media foto.
  6. Terakhir tinggal kirimkan.
  7. Dan tambahkan salam penutup.

Trik WhatsApp:

Mau simpan Story WhatsApp milik teman ? Silahkan ikuti panduan cara simpan story WhatsApp dengan / tanpa aplikasi tambahan.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara izin tidak masuk sekolah melalui WhatsApp. Kita sarankan agar tetap menggunakan bahasa yang sopan dan format surat yang formal.

Meskipun proses izin hanya melalui chat Whatsapp, setidaknya ada satu poin yang mendukung bahwa surat ini terlihat sah. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar