Cara Downgrade Versi Aplikasi Instagram

Cara Downgrade Versi Aplikasi Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang memiliki pengguna yang banyak di Indonesia dan sangat diminati orang-orang. Platform ini menyediakan wadah bagi pengguna dalam berbagai foto dan video.

Dan saat ini Instagram terus mengalami pembaruan termasuk update sistem, penambahan fitur-fitur baru, dan meningkatkan performa aplikasi.

Berbicara saoal update (pembaruan) Instagram, Tim Kompiwin disini akan mengupas satu topik menarik yakni cara mendowngrade (menurunkan) versi aplikasi Instagram.

Berdasarkan testimoni di lapangan, ternyata cukup banyak pengguna yang ingin menurunkan versi aplikasi Instagram mereka ke versi lama.

Ada beberapa alasan kenapa mereka memilih cara seperti ini. Yang pertama terdapat beberapa fitur dan fungsi di Instagram tidak berfungsi dengan baik ketika versi terbaru digunakan di smartphone mereka.

Entah itu karena bug, pembaruan Instagram yang tidak selesai, atau memang mereka sengaja downgrade versi demi alasan penyimpanan memori.

Cara Downgrade Aplikasi Instagram ke Versi Lama

Untuk melakukan update aplikasi Instagram ke versi yang terbaru, kalian hanya perlu masuk ke dalam Playstore, kemudian cari aplikasi Instagram. Jika terdapat versi Instagram yang terbaru, akan muncul tombol tulisan Update.

Sedangkan cara downgrade aplikasi Instagram ke versi lama tidak dapat dilakukan secara instan menggunakan cara tersebut. Karena pihak Instagram, menginginkan para penggunanya untuk menggunakan versi aplikasi yang terbaru.

Pembaruan tersebut berfungsi untuk menyempurnakan versi sebelumnya, penambahan fitur baru, menutup bug dan error, serta peningkatan performa aplikasi. Jadi tentu saja, pihak Instagram selalu menganjurkan para penggunanya untuk rutin memperbarui aplikasi mereka.

Dan untuk kamu yang kira-kira menginginkan downgrade (menurunkan) versi Instagram, silahkan ketahui terlebih dahulu kekurangan serta kelebihan ketika melakukan hal tersebut.

Kekurangan (Resiko)

  1. Pengguna tidak akan mendapatkan pembaruan sistem.
  2. Aplikasi rentan bermunculan bug.
  3. Pengguna tidak mendapatkan fitur baru.
  4. Peningkatan keamanan diturunkan.
  5. Aplikasi sering error.
  6. Interface aplikasi terlihat jadul.

Kelebihan (Keuntungan)

  1. Memori ponsel sedikit lebih lega karena ukuran aplikasi mengecil.
  2. Kinerja ponsel jadi lebih ringan.
  3. Tampilan aplikasi lebih simpel.

Nah untuk menurunkan versi aplikasi seperti contoh kasus Instagram berikut perlu dilakukan beberapa step sampai aplikasi benar sudah tidak akan terupdate ke versi terbaru.

Trik Menarik:

Mau mendownload IG Reels tanpa install aplikasi? Kita sudah membuatkan tutorial cara mudah download Instagram Reels tanpa aplikasi tambahan.


Langkah 1 : Hapus Instagram Terlebih Dahulu

Pertama kamu harus uninstall aplikasi Instagram yang sudah terpasang di HP kamu. Karena Android belum support pemasangan dua aplikasi yang sama meski berbeda versi.

Jadi tugas pertama kita adalah lakukan pencopotan software dari ponsel.

  1. Silahkan kamu masuk ke dalam menu Pengaturan.
  2. Buka tombol Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.Klik Menu Aplikasi
  3. Cari program aplikasi Instagram, dan ketuk untuk membukanya.Buka Instagram
  4. Pencet tombol Hapus Instalan.Hapus Instalalsi Instagram
  5. Konfirmasi uninstall kemudian tunggu proses pencopotan selesai.

Opsi uninstall aplikasi bisa dilakukan lewat Playstore, ketik saja di pencarian aplikasi Instagram.

Kemudian buka dan ketuk tombol Uninstall. Satu lagi kamu bisa ketuk tahan aplikasi di beranda aplikasi dan pencet Uninstall.


Langkah 2 : Nonaktifkan Pembaruan Instagram di Playstore

Setelah proses uninstall aplikasi berhasil dilakukan, hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah mematikan pengaturan pembaruan otomatis di dalam Playstore.

Hal ini perlu kita lakukan agar Playstore tidak melakukan pembaruan dengan otomatis, sehingga tetap membiarkan versi aplikasi sama ketika dipasang.

  1. Buka aplikasi Playstore.
  2. Ketuk icon foto profil yang kita tanadi dibawah ini.Pencet Icon Foto Profil
  3. Setelah itu masuk ke dalam menu Setelan.Pencet Tombol Setelan
  4. Pencet bagian menu Preferensi Jaringan.Klik Peferensi Jaringan
  5. Kemudian klik menu Update Otomatis Aplikasi.Klik Update Otomatis Aplikasi
  6. Pilih mode Jangan update otomatis aplikasi.Klik Jangan Update Otomatis
  7. Terakhir klik tombol Selesai.
Trik Menarik:

Ingin download foto di Instagram? Kami berikan tutorial mudah download foto Instagram tanpa install aplikasi tambahan.


Langkah 3 : Download dan Install Instagram APK versi Lama

Langkah terakhir dari cara downgrade aplikasi Instagram ke versi lama di Android adalah dengan download dan install Instagram APK versi lama.

  1. Silahkan masuk ke dalam link website APK Instagram yang kita berikan dibawah ini: https://www.apkmirror.com/apk/instagram/
  2. Disana akan tersedia kode versi dan tanggal update aplikasi Instagram. Klik salah satu yang ingin kamu pasang.Download Salah Satu Aplikasi
  3. Lalu jika aplikasi sudah terunduh, langkah selanjutnya adalah install aplikasi di dalam HP. (Baca Juga : Cara Install File APK dari Pihak Ketiga di HP Android)
  4. Buka folder download, dan cari apk Instagram versi lama tersebut.Install Aplikasi APK
  5. Klik untuk menginstal aplikasi.Pencet Tombol Install
  6. Tunggu prosesnya selesai, dan jika sudah tinggal kamu jalankan aplikasinya.
  7. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara downgrade aplikasi Instagram ke versi lama. Silahkan kamu ikuti tutorial diatas untuk menurunkan versi lama aplikasi sesuai permintaanmu. Sebarkan artikel ini ke banyak orang agar dapat bermanfaat. Stay safe. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.