Cara Disable AdBlock di Google Chrome

Cara Disable AdBlock di Google Chrome

Tanpa kita sadari, saat kita browsing lewat Google Chrome sering kali muncul iklan-iklan yang suka membawa kita lompat ke halaman lain. Belum lagi ada popup notifikasi iklan yang terkadang juga sangat mengganggu pandangan kita dalam browsing di sebuah website.

Hal ini tentu membuat kita cukup kesal, belum lagi efek dari iklan yang bertumpuk-tumpuk tersebut pada akhirnya akan membuat komputer menjadi lebih lelet.

Beruntung sebagian browser sudah dilengkapi dengan fitur Adblock. Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk memblokir beberapa iklan agar tidak muncul lagi saat ketika browsing.

Alhasil, tampilan web akan menjadi lebih clear dan performa PC jauh lebih stabil tanpa adanya gejala lag akibat aktivitas iklan yang tinggi.

Tetapi ada konsekuensi dalam menggunakan fitur ekstensi seperti Adblock satu ini. Hal yang paling sering terjadi adalah sebagian situs akan mendeteksi bawah terdapat ekstensi Adblock yang aktif, hingga kemudian server tidak akan menampilkan isi konten dari situs bersangkutan.

Solusinya yaitu kita bisa lakukan cara disable (menonaktifkan) AdBlock di Google Chrome, dalam sementara waktu sampai kembali dibutuhkan lagi. Bagaimana tutorialnya? Silahkan mengikuti pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Disable (Menonaktifkan) AdBlock di Google Chrome

Kembali kita jelaskan fungsi dari AdBlock ini adalah memblokir semua aktivitas iklan yang ada dalam sebuah situs, untuk tidak mereka tampilkan atau medirect kita menuju link lain.

Banyak sekali keuntungan dalam memasang ekstensi tersebut di dalam browser, seperti meringankan performa web, apalagi kalau kita temui iklan berupa video, tentunya akan jauh lebih terasa berat. Dan lagi tampilan web jauh lebih clear sehingga isi konten tidak ada yang terhalangi semacam iklan popup.

Terakhir, kalian juga merasa aman dari link-link iklan yang berbahaya. Karena cukup banyak iklan phising berkedok penipuan dan merugikan banyak orang.

Berikut cara untuk disable (menonaktifkan) AdBlock Di Google Chrome :

Cara 1 : Disable (Menonaktifkan) AdBlock Chrome (PC)

Google Chrome telah menyediakan laman khusus penginstalan ekstensi seperti salah satunya memasang fitur AdBlock.

Kalian bisa mengaktifkan dan menonaktifkan AdBlock ini melalui akses shortcut tombol Ekstensi yang berada di bagian pojok kanan Chrome. Simak penjelasan ini.

  1. Silahkan kamu buka Google Chrome.
  2. Jika kamu menginstall AdBlock, mada di bagian menu bar Google Chrome kalian muncul logo AdBlock seperti yang kita tandai berikut.1 Pencet Tombol Adblock - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  3. Silahkan klik logo AdBlock tersebut.
  4. Matikan status aktivasinya dari biru menjadi abu-abu.2 Matikan Status Aktivasi - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  5. Maka fitur AdBlock khusus di laman ini tidak akan berfungsi asli temporary.

Cara 2 : Disable (Menonaktifkan) AdBlock Chrome Permanen (PC)

Cara diatas efektif jika kamu gunakan untuk memblok satu aktivitas pada situs tertentu saja. Karena pada fungsinya, layanan ini akan kembali aktif jika pengguna mengunjungi situs lain alias mati secara temporer.

Coba kita matikan Adblock secara permanen lewat menu Ekstensi.

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Pencet tombol icon titik tiga di menu bar.3 Klik Icon Titik Tiga - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  3. Setelah itu arahkan ke bagian More Tools.
  4. Disini kita pencet untuk menu Extensions.4 More Tools Dan Ekstension - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  5. Nanti akan terbuka beberapa list ekstensi yang kamu pasang.
  6. Silahkan matikan tombol aktivasi AdBlock dari biru menjadi abu-abu.5 Matikan Ekstensi Adblock - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  7. Maka fitur akan mati secara permanen.

Cara 3 : Disable (Menonaktifkan) AdBlock Chrome (Android)

Untuk disable (menonaktifkan) AdBlock di Google Chrome yang terakhir, kita juga bisa mematikan layanan ini di browser Android.

Bedanya dengan PC, fitur ekstensi yang ada di aplikasi Chrome versi mobile ini tersedia secara bawaan, jadi meskipun kalian tidak pernah merasa menginstall AdBlock, faktanya kita tetap bisa menemukan fitur tersebut di pengaturan Situs.

  1. Pertama buka aplikasi Chrome.
  2. Setelah itu pencet icon titik tiga di pojok kanan atas.6 Tombol Icon Titik Tiga - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  3. Pilih menu Pengaturan.7 Pencet Tombol Settings - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  4. Kemudian Scroll kebawah dan masuk ke menu Setelan Situs.8 Pencet Setelan Situs - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  5. Disini kita bisa pilih menu Pop-up dan Pengalihan.9 Tap Popup - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  6. Silahkan matikan Pop-up dan Pengalihan sampai status aktivasi berwarna abu-abu.10 Matikan Status Aktivasi - Cara Disable AdBlock di Google Chrome
  7. Selesai.

Akhir Kata

Sekarang bila kalian menemui situ yang tidak muncul isi kontennya, sudah dapat teratasi lewat cara disable (menonaktifkan) AdBlock di Google Chrome diatas.

Ikuti semua tutorialnya, dan sebarkan artikel ini ke banyak orang agar mereka juga tahu langkah-langkah dalam mematikan fitur AdBlock. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang