Cara Convert JPG Ke Word

Cara Convert JPG Ke Word 1
Cara Convert JPG Ke Word

Cara convert JPG ke Word kadang perlu kita gunakan ketika dalam kondisi situasi tertentu.

Misalnya file tugas yang dikirim oleh client atau guru berupa format JPG, sedangkan instruksi yang diberikan adalah file tugas tersebut harus dikerjakan dan dikirim dalam bentuk Word.

Akan kurang efektif jika kita menyalin kalimat yang ada di dalam gambar dan diketik ulang di lembar kerja Word.

Untuk mengatasi hal tersebut terjadi, kita akan berikan tips cara convert JPG ke Word secara cepat dan praktis. Silahkan simak penjelasan sampai akhir.

Cara Convert JPG Ke Word

Sebenarnya sangat memungkinkan menyalin gambar dalam bentuk tulisan secara manual. tetapi bagaimana jika tulisan yang ada di gambar terlalu banyak…ujung-ujungnya kita hanya akan buang-buang waktu saja.

Nah dijaman sekarang ini, pengguna sudah bisa melakukan konversi format file secara instan tanpa perlu menyalin data secara manual. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah JPG ke Word :

Cara 1 : Via Google Drive

Selain dikenal sebagai tempat penyimpanan awan alias cloud, ternyata fungsi Google Drive bisa digunakan untuk mengubah file JPG menjadi tulisan di Word.

Cara ini akan efektif buat yang suka nerima file PDF berupa gambar dan ingin mengutip tulisan dari gambar tersebut.

  1. Silahkan buka Google Drive
  2. Masuk ke akun Gmail jika belum.
  3. Tap kotak Baru/New.Tap Tombol Baru
  4. Silahkan pilih Upload File. Dan cari gambar JPG yang ingin kamu ubah.Pilih Upload File
  5. Jika file sudah diupload, silahkan klik kanan, pilih Buka Dengan ➤ Google Dokumen.Klik Kanan Pilih Buka Dengan Google Dokumen
  6. Tunggu sampai terbuka Google Dokumen.
  7. Di Bawah gambar tersebut akan muncul konversi tulisan.Hasilkan Akan Muncul Dibawah Foto
  8. Silahkan copy dan paste di Word.
Baca Juga :

Buat kalian yang ingin mengubah format PDF ke Word, gak perlu bingung dan susah-susah tinggal klik ulasan 4 situs untuk convert PDF Ke Word, maka kamu bisa request permintaan dengan mudah.


Cara 2 : Via Website Online

Yang kedua cara convert JPG ke Word gak perlu lagi repot-repot download aplikasi khusus. Kita akan memanfaatkan layanan web untuk mengkonversi kedua format ini.

  1. Silahkan buka https://www.onlineocr.net/
  2. Ketuk tombol Select File, dan pilih gambar JPG yang ingin kamu ubah.Masuk Ke Website Dan Pilih Select File
  3. Setelah itu ganti bahasa menjadi Indonesia.
  4. Kemudian pilih format eksport file yang kamu butuhkan, pilih saja menjadi Microsoft Word.Silahkan Ubah Bahasa Dan Formatnya
  5. Terakhir tinggal Convert.
  6. Jika sudah maka file akan muncul dibawah, kamu tinggal pencet Download Output File, atau bisa salin hasilnya di kolom kotak.Klik Download Output File
  7. Selesai.

Akhir Kata

Gimana cara convert JPG ke Word sangat mudah bukan ? silahkan ikuti arahan diatas bagi yang berkebutuhan dalam mengubah file gambar menjadi kalimat di Microsoft Word. semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.