Online Shop

Cara Cek Resi E-Commerce

Pinterest LinkedIn Tumblr

Perkembangan ekonomi yang dibarengi dengan kemajuan teknologi telah menghasilkan perubahan jaman yang makin sejahtera.

Salah satu dampaknya yaitu ketika dulu orang melakukan proses berniaga masih menggunakan cara manual seperti belanja di pasar, transaksi di tempat dan kegiatan barter. Sekarang kebiasaan tersebut lambat kian tergantikan.

Kini kegiatan belanja sudah dapat dilakukan secara online, pengguna hanya cukup mengakses dari device pintar mereka kemudian memilih barang yang diinginkan, dan terakhir menyelesaikan proses pembayaran.

Dalam hitungan hari, barang akan dikirim ke tangan konsumen lewat jasa kurir ekspedisi.

Maraknya perdagangan secara online, membuat pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi makin meningkat.

Alhasil banyak bermunculan pengusaha yang mulai mendirikan jasa penyedia layanan pengiriman barang ekspedisi, dari mulai memberikan penawaran harga yang menarik sampai menjamin keselamatan barang sampai tujuan.

Saat ini jenis pelayanan jasa ekspedisi yang sering digunakan adalah POS, JNE, Tiki, J&T, Ninja Xpress, Dakota, Wahana, dan masih banyak lainnya.

Dalam menjalani persaingan sehat, tentu mereka telah merancang strategi dalam penawaran harga yang menarik dan mengembangkan segi teknologi yang mumpuni.

Dalam proses pengiriman, barang tidak hanya diserahkan kepada pihak kurir saja namun setelah itu pihak pengirim akan beri semacam nomor resi yang dapat digunakan sebagai alat lacak posisi keberadaan barangnya.

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas, para penyedia layanan jasa ekspedisi tentu harus mengembangkan teknologi yang mumpuni agar proses cek resi dapat diakses oleh segala pengguna serta menyertakan informasi yang detail. Berikut kami akan sajikan cara cek resi e-commerce.

Cara Cek Resi E-Commerce

Cek resi tidak hanya dapat dilakukan di website jasa ekspedisi yang bersangkutan, pembeli dapat mengecek status pengiriman barang mereka lewat e-commerce yang mereka gunakan.

Disini kita mungkin akan sediakan cara cek resi e-commerce seperti di Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

1. Cara Cek Resi Di Tokopedia

Resi secara otomatis akan muncul ketika kamu menyelesaikan proses pembayaran dan barang sudah masuk tahap pengiriman. Selain tulisan nomor resi, disana juga tersedia fitur untuk melacak barang yang kamu beli, untuk melacaknya silahkan ikuti cara dibawah :

  1. Buka aplikasi Tokopedia.
  2. Klik tombol lonceng yang ada di pojok kanan atas.Tekan Icon Notifikasi
  3. Pada menu Pembelian, kamu bisa klik tombol Sedang Dikirim.Tekan Tombol Pesanan Dikirim
  4. Disana akan tersedia barang yang kamu sedang order, klik barang yang ingin kamu lacak.
  5. Pada menu ini akan muncul banyak keterangan informasi seputar barang termasuk nomor resinya, dan di paling bawah terdapat tombol Lacak untuk mengetahui posisi barangnya.Informasi Resi dan Pengiriman Bisa Dilihat Disini

2. Cara Cek Resi Shopee

Selanjutnya e-commerce yang sering digunakan oleh banyak orang adalah Shoope. Sama seperti Tokopedia, kamu hanya perlu melihat status pengiriman barang lewat informasi yang mereka cantumkan.

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Masuk ke menu Saya di pojok kanan bawah.Buka dan Tekan Tombol Saya
  3. Pada kolom Beli, akan muncul status Pesanan Saya. pada bagian ini kamu bisa klik kotak Dikirim.Pilih Tombol Dikirim Untuk Melihat Informasi
  4. Nanti akan muncul beberapa barang yang statusnya sudah dikirim, pilih salah satu yang ingin kamu lihat.Informasi Resi Akan Muncul Disini
  5. Jika sudah di klik, disini akan menampilkan status posisi barang dan nomor resinya.

3. Cara Cek Resi Lazada

Terakhir kita akan berikan cara cek resi e-commerce Lazada. Untuk melihat status pesanan barangnya cukup mudah, kamu hanya tinggal arahkan ke menu akun kamu dan buka barang yang sedang dikirim.

  1. Masuk ke aplikasi Lazada.
  2. Kemudian tekan Akun, di sisi pojok kanan bawah.Buka Akun Dengan Menekan Tombol Pojok Kanan Bawah
  3. Disana akan tersedia kotak berjudul Lacak Paket, silahkan klik kotak tersebut.Pilih Barang Yang Sedang Dikirim
  4. Disini akan langsung muncul informasi status posisi barang dan juga nomor resi.Informasi Resi Akan Muncul Disini

4. Cara Cek Resi E-Commerce

Mungkin cara diatas hanya akan berlaku jika pembeli melakukan transaksi menggunakan layanan belanja online. Tapi bagaimana jika pengiriman barang dilakukan oleh pedagang olshop seperti di akun Instagram, facebook atau Twitter.

  1. Buka website cekresi.com.
  2. Silahkan masukkan resi ke kotak yang sudah disediakan, lalu tekan tombol Cek Resi.Copy Resi dan Paste Disini
  3. Nanti kamu akan diminta untuk memilih jasa ekspedisi yang digunakan.
  4. Setelah dipilih status pengiriman barang akan muncul.

Akhir Kata

Cara cek resi E-commerce sudah bisa kamu lakukan dengan beberapa metode diatas. Jika pembelian dilakukan di e-commerce khusus, terkadang mereka sudah menyediakan fitur cek paket dan juga informasi pengiriman, termasuk nomor resinya.

Jika kamu melakukan transaksi pembelian lain, bisa mengecek status pengiriman lewat website Cekresi atau website ekspedisi yang digunakan. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar