Cara Cek BANPRES BNI Mekar Serta Bantuan BPUM E-Form BRI

Cara Cek Banpres BNI Mekar Dan Bantuan BPUM E-FORM BRI

Beberapa penerima Banpres BPUM atau BLT UMKM masih ada yang kebingungan bagaimana cara cek Banpres BNI Mekar dan Bantuan BPUM E-Form BRI. 

Bagi kamu yang merupakan anggota PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekar) hal ini merupakan kabar yang bahagia. Sebab bagi anggota PNM Mekar akan mendapatkan bantuan sebesar 1,2 juta rupiah pada tahun 2021.

Bantuan ini sendiri dapat dicairkan melalui bank BNI (Bank Negara Indonesia) dan Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia). Namun, seperti yang sudah disebutkan di awal.

Beberapa penerima bantuan terkadang masih kebingungan bagaimana cara cek Banpres BNI Mekar dan Bantuan BPUM E-Form BRI.

Jika kamu juga masih belum yakin telah menerima bantuan atau belum, juga penting untuk mengecek sebelumnya. Agar memastikan kalau bantuan berupa uang tunai tersebut sudah turun dan bisa segera kamu gunakan.

Cara mengeceknya tidak sulit, kamu hanya perlu mengecek melalui website dari bank BRI atau bank BNI, keduanya akan kami berikan tutorialnya dalam artikel ini.

Nah, bagi kamu yang masih belum yakin dan penasaran bagaimana cara cek Banpres BNI Mekar dan Bantuan BPUM E-Form BRI bisa langsung cek tutorialnya di bawah ini. 

Cara Mencairkan Bantuan PNM Mekar

Untuk mencairkan bantuan dari PNM Mekar, sebelumnya kamu harus mengecek dulu apakah kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan tersebut. Cara mengeceknya bisa melalui website bank BNI atau bank BRI.

Kalau kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, nama kamu akan muncul dan juga akan tertera besaran nominal bantuan. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan proses pencairan.

Proses pencairan bisa kamu lakukan dengan cara mendatangi langsung bank yang sudah kamu pilih dan tidak lupa membawa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses pencairan tersebut. Dokumen tersebut antara lain:

  1. Identitas pribadi berupa KTP 
  2. Kartu atm dan juga buku tabungan Anda
  3. SPTJM UMKM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) yang sudah ditandatangani.

Apa Itu Bantuan PNM Mekar ?

Pemerintah masih terus menyalurkan bantuan-bantuan bagi masyarakat dalam berbagai bentuk. Salah satunya seperti bantuan langsung tunai atau BLT. PNM Mekar adalah salah satu bantuan langsung tunai yang diturunkan oleh pemerintah.

Terbaru, pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Presiden Banpres BPUM atau Bantuan UMKM disebut juta BLT UMKM di tahun 2021. Penyaluran bantuan kali ini khusus kepada anggota PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekar) senilai Rp 1,2 juta.

Bank BNI dan BRI sendiri manjadi bank yang bekerjasama langsung dengan pemerintah untuk penyaluran dana tersebut. Tanggal 31 Maret 2021, pencairan bantuan langsung tunai ini sudah bisa dilakukan. 

Pastikan sebelumnya kamu sudah mengakses www.kemenkopukm.go.id sebagai panduan untuk daftar atau pengajuan Bantuan UMKM tahun 2021. Adapun beberapa syarat penerima bantuan ini adalah.

  1. Merupakan nasabah aktif PNM Mekar
  2. Memiliki usaha mikro
  3. Bukan PNS/TNI/POLRI
  4. Belum pernah dan tidak sedang mengakses KUR (Kredit Usaha Rakyat)
  5. Jika sudah tidak menjadi nasabah Mekar namun nama terdaftar sebagai penerima bantuan, bisa menjadi nasabah Mekar lagi untuk mencairkan bantuan.

Cara Cek Banpres BNI Mekar

Jangan sampai kamu mendatangi Bank BNI untuk pencairan. Namun, belum mengecek apakah kamu adalah penerima Banpres atau bukan. Berikut merupakan cara cek Banpres BNI Mekar.

  1. Aksen website https://banpresbpum.id/index.html dan masukkan NIK milik kamu di kolom yang sudah disediakan dan klik cari.Cara Cek BANPRES BNI Mekar Serta Bantuan BPUM E-Form BRI 5
  2. Selanjutnya akan muncul tulisan berisi informasi data milik kamu jika kamu sudah terdaftar. Pastikan kalau informasinya sudah benar.Cara Cek BANPRES BNI Mekar Serta Bantuan BPUM E-Form BRI 6
  3. Langkah selanjutnya kamu bisa langsung mencairkan dana tersebut di Bank BNI.
  4. Selesai.

Cara Cek Bantuan BPUM E-Form BRI

Berikutnya kamu juga bisa melakukan pengecekan dengan bank BRI dengan mengunjungi e-from BRI yang ada di https://eform.bri.co.id/. Berikut merupakan langkah-langkah bagaimana cara melakukan pengecekan tersebut.

  1. Buka website eform BRI tersebut dan scroll dokumen sampai bawah dan klik BPUM.Cara Cek BANPRES BNI Mekar Serta Bantuan BPUM E-Form BRI 7
  2. Selanjutnya akan muncul kolom tulisan, silahkan langsung memasukkan NIK milik kamu, verifikasi, dan langsung cek.Cara Cek BANPRES BNI Mekar Serta Bantuan BPUM E-Form BRI 8
  3. Jika kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, informasi tersebut akan muncul dan kamu bisa segera mencairkan dana tersebut di bank BRI.

Akhir Kata

Jadi begitulah tutorial dari kamu. Bagaimana? Tidak sulit untuk dilakukan bukan? Oleh karena itu, segeralah cek apakah diri kamu sudah terdaftar sebagai penerima atau belum.

Sekian tutorial cara cek Banpres BNI Mekar dan Bantuan BPUM E-Form BRI dari kami dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.