Cara Bermain Game Katla (+ Peraturan)

Cara Bermain Game Katla
Cara Bermain Game Katla

Belum lama ini, di Twitter kembali heboh karena ada satu jenis game berbasis server yang ramai dimainkan oleh banyak orang. Game tersebut bernama Katla.

Kalau kalian pernah lihat, game Kalta ini sering diunggah oleh pengguna Twitter dalam bentuk thread atau tweet, yang isinya terlihat sebuah gambar dengan kotak semacam teka teki silang warna hijau, kuning dan hitam.

Pada bagian ujung kotak tertulis Katla, dan nama tersebutlah yang kini menjadi tenar karena banyak orang-orang ingin tahu bagaimana cara bermain game Katla ini.

Sesuai dengan konsepnya, Katla ini semacam dikemas dalam bentuk TTS.

Alur permainan Katla bentuknya kurang lebih sama seperti kita mengisi lembar TTS, namun sayangnya mereka tidak akan diberikan pertanyaan apapun melainkan player harus menebaknya dengan sendiri alias random.

Tenang saja, game Katla tidak akan jauh dari pedoman KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Sehingga kalian tidak akan merasa asing mendengar istilah kata yang muncul dalam jawaban permainan satu ini.

Lalu bagaimana cara bermain game Katla yang sedang ramai di Twitter tersebut? Mari kita bahas ulasan lengkap tentang peraturan dan cara bermainnya dibawah ini.

Cara Bermain Game Katla Lengkap dengan Peraturan

Bagian terseru dari game Katla adalah role play permainan yang terbilang nyeleneh.

Kalau biasanya kita suka mengikuti alur perintah maupun pertanyaan dari game.

Namun, disini kalian tidak disediakan semua task tersebut hanya saja player secara mandiri harus menembak kata tersebut secara acak.

Bisa dibilang Katla merupakan game clueless…nah mulai tertarik? Langsung saja coba game Katla ini di perangkat masing-masing.

Tetapi sebelum itu kalian harus pahami seperti apa permainan Katla ini, sebab bukan hanya gameplay saja yang membingungkan.

Namun, peraturan dalam Katla juga perlu dipelajari agar kita bisa dengan mudah menyelesaikan teka teki dalam game.


1. Peraturan dalam Game Katla

  1. Katla merupakan game tebak kata yang terdiri dari 5 huruf saja. Game ini memiliki tampilan seperti kotak TTS yang berisi box 5 menyamping dan 6 menurun.
  2. Kita hanya diberi kesempatan bermain game 1 kali dalam sehari. Dan maksimal kalian diberi 6 kali percoban, artinya 6 hari kita menebak kata. Namun kalau kalain sudah berhasil menebak lebih awal akan lebih bagus.
  3. Kalian hanya dituntut untuk menebak satu kata namun harus terdiri dari 5 huruf. Kata pertama yang kalian tebak nantinya akan mengisi kolom pertama di dalam kotak. Seterusnya kebawah
  4. Kenali warna yang akan muncul dalam kotak. Bila huruf pada kotak muncul dengan warna hijau artinya kata rahasia yang harus kamu tebak tersebut ada di posisi sama dan hurufnya benar. Misalnya kata rahasia yang belum tertebak adalah C I N T A. Dan kamu coba menebak dengan kata K I S T A. Maka huruf I, T dan A akan berwarna hijau karena huruf tersebut benar dan posisinya sudah tepat.
  5. Warna kedua yaitu warna kuning. Arti dari warna ini adalah huruf dari kata yang kamu tebak ada dari salah satu kata misteri namun posisinya belum Tepat. Misalnya kata misteri yang harus ditebak adalah C I N T A. Pada percobaan pertama kamu menebak dengan kata T U L U P. Maka huruf T akan muncul dengan warna kuning karena posisinya tidak benar.
  6. Satu lagi yaitu warna abu-abu. Arti dari warna ini adalah tidak ada huruf yang benar dari tebakanmu terhadap kata rahasia.
  7. Dengan petunjuk warna huruf hijau dan kuning tersebut, kalian nantinya akan merangkai dan menemukan kata yang dirahasiakan pada kolom terakhir.

Panduan Cara Bermain Game Kata

Setelah kalian mengerti cara bermain game Katla ini, langsung saja masuk ke dalam website dari Katla tersebut. Lalu mainkan seperti yang Tim Kompiwin jelaskan berikut ini.

  1. Masuk ke dalam website https://katla.vercel.app/
    Ingat kalian hanya bisa menebak satu kata sehari saja. Untuk kata kedua silahkan login keesokan harinya.Tampilan Aplikasi Katla
  2. Pertama kamu akan disediakan tulisan cara bermain Katla, baca terlebih dahulu dan pahami. Setelah itu silang.
  3. Langsung saja kamu pikirkan satu kata yang terdiri dari 5 huruf sesuai kamus KBBI. Ketikkan dengan keyboard yang sudah disediakan.Ketkkan Kata Pertama
  4. Perhatikan apakah ada huruf berwarna hijau atau kuning disana? Jika ada silahkan tinggal kamu susun kata berikutnya keesokan hari.
  5. Tebak lagi kata dengan 5 huruf yang sesuai dengan kamu KBBI. Perhatikan petunjuk warna huruf hijau atau kuning untuk melengkapi kata selanjutnya.Ketikkan Kata Kedua
  6. Ulangi sampai hari keenam dimana hari ini adalah hari terakhir, dan kamu bisa merangkai dari kata yang sudah kamu tulis di atas berdasarkan petunjuk huruf warna hijau atau kuning menurut arti yang telah tim Kompiwin terakhir pertama. Atau kalian kalau bisa menembak lebih awal maka lebih bagus.Kalimat Sudah Bisa DitebakKata Berhasil Ditebak
  7. selesai.

Akhir Kata

Simpelnya cara bermain katla adalah ada satu kata misterius yang masih dikunci. Tugas kamu menebak kata tersebut. Agar tebakan kamu benar, ada 6 kali kesempatan yang harus dicoba.

Setiap satu kesempatan percobaan dan bila kata tersebut terdiri dari huruf kata rahasia maka muncul dengan warna hijau maupun kuning.

Habiskan kesempatan tersebut dan rangkai kata berdasarkan petunjuk huruf hijau atau kuning tersebut. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.