Apa Arti Bahasa Gaul “Mutualan” yang Tren di Berbagai Media Sosial

Arti Mutualan di Berbagai Media Sosial
Arti Mutualan di Berbagai Media Sosial

Pengguna media sosial pastinya sudah sangat familiar dengan kata gaul “mutualan” ini. Hampir semua media sosial yang populer di Indonesia menggunakan istilah yang satu ini. Entah itu di Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, Wattpad, hingga Whatsapp.

Dalam banyak media sosial terdapat fitur rekomendasi teman berdasarkan “mutual friend“, sehingga bila kamu saling berteman dalam media sosial tersebut, kamu akan dapat rekomendasi teman lainnya untuk diikuti atau follow.

Dari situ, istilah “mutualan” sering digunakan sebagai slang ataua bahasa gaul anak-anak muda. Secara langsung berarti aktivitas saling follow satu sama lain. Kata “mutualan” bisa juga digunakan sebagai ajakan untuk berteman dan saling follow.

Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 17
Mutualan di TikTok

Istilah yang satu ini juga sering dipakai untuk mencari orang-orang dengan minat yang sama atau mengajak seseorang berkenalan.

Selain digunakan untuk mencari akun yang “satu frekuensi“, mutualan juga berfungsi untuk menaikkan jumlah followers. Namun, kalau kamu kurang aktif di media sosial mungkin istilah semacam ini kedengaran cukup asing.

Nah, dalam artikel ini kami akan menjelaskanmengenai arti bahasa gaul mutual di media sosial. Jadi, kamu tida perlu khawatir merasa ketinggalan karena di sini kami akan menjelaskan serba serbi mengenai kata gaul yang satu ini. Mari kita simak di bawah ini.

1. Arti dari Mutualan ?

Ada beberapa arti kata mutualan yang bisa dijelaskan berdasarkan bahasa, istilah, dan bahasa gaulnya.

Arti Mutualan dalam Bahasa

Kata ‘mutual‘ diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti saling, bersama, timbal balik, balas-berbalas. Dalam dunia media sosial, ‘mutual‘ atau ‘mutualan‘ diartikan sebagai aktivitas saling mengikuti atau mem-follow akun media sosial masing masing (saling follow).


Arti Mutualan dalam Istilah

Secara istilah, kata mutualan juga sering digunakan untuk menyebut hubungan antar 2 makhluk hidup seperti pada simbiosis. Simbiosis yang menggunakan istilah mutualan atau mutualisme ditujukan kepada hubungan antar dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Dapat diartikan sebagai hubungan antara 2 pengguna Instagram yang sengaja dilakukan untuk sama-sama mendapatkan keuntungan.


Arti Mutualan dalam Bahasa Gaul

Jika di artikan dalam bahasa gaul, mutualan adalah mengajak pengguna Instagram untuk mengikuti orang lain. Mutualan berarti saling bekerja sama antara dua orang pengguna IG untuk saling follow akun Instagram.

Manfaat atau keuntungan bersama yang ingin didapatkan dari aktivitas ini adalah memiliki banyak followers.


2. Mutualan di Media Sosial

Istilah mutualan memang kebanyakan digunakan dalam media sosial. Nah, dalam masing-masing media sosial sediri terdapat beberapa cara untuk mutualan. Berikut merupakan cara-cara dan pengertiannya.

Mutualan di TikTok

Biasanya pengguna akan membuat video dengan Teks minta mutualan, berarti mereka mengajak untuk saling memfollow satu sama lain, tujuannya selain menambah teman juga untuk menambah follower mereka di TikTok.

Namun, cara lainnya adalah dengan melihat rekomendasi teman yang diberikan oleh TikTok seperti di bawah ini.

  1. Buka TikTok milik kamu dan klik ProfileFollowers.Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 18
  2. Setelah itu ada pilihan recommendation yang berisi rekomendasi akun yang dapat kamu follow. Kamu bisa langsung follow dan menunggu hingga akun kamu berhasil di notice.Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 19

Mutualan di Instagram

Tidak jauh berbeda dengan TikTok untuk mutualan di Instagram kamu bisa mengfollow akun suggestion dari Instagram atau membuat postingan yang gunanya untuk mengundang orang untuk saling follow.

  1. Buka Instagram kamu dan klik tombol Activity yang berbentuk hati.
  2. Selanjutnya kamu dapat melihat di bagian bawah terdapat banyak akun yang di suggets oleh Instagram yang dapat kamu follow.Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 20

Mutualan di Twitter

Trend Mutualan Di Twitter

Lazimnya, mutualan berujung pada saling mengenal melalui direct messages (DM). Selain itu mutualan biasanya juga dilakukan untuk mencari orang-orang dengan interest yang sama.

Untuk mendapatkan mutualan di Twitter, biasanya orang-orang melakukannya lewat DM atau hastag.


Mutualan di Facebook

Mutualan Di Facebook

Cara mutualan di Facebook sendiri tidak jauh berbeda dengan mutualan lewat media sosial lainnya. Kamu bisa melakukan mutualan lewat DM dan mengajak orang-orang untuk saling follow.

Pastinya kamu masih harus tetap berhati-hati karena kamu berbicara dengan orang-orang yang tidak kamu kenal.


Mutualan di WhatsApp (Pengertian dan Cara)

Berikut merupakan cara untuk mendapatkan mutualan di Whatsapp.

  1. Buka aplikasi Whatsapp dan klik kontak. Kamu bisa memilih untuk menambahkan nomor dari orang-orang yang kamu dapatkan nomornya.Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 21
  2. Cara lainnya kamu dapat menggunakan fitur invite untuk mengundah teman-teman kamu untuk menggunakan Whatsapp.Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 22

Mutualan di Wattpad (Pengertian dan Cara)

Wattpad cukup berbeda dengan aplikasi sebelumnya karena Wattpad lebih berfungsi sebagai membaca cerita daripada media sosial.

Namun tidak jauh berbeda, cara untuk mutualan di Wattpad adalah dengan memfollow orang dan chat mereka untuk menjadi teman mutual.

Apa Arti Bahasa Gaul "Mutualan" yang Tren di Berbagai Media Sosial 23

3. Manfaat dari Mutualan

Kamu dapat menambahkan pengikut di media sosial milik kamu secara manual agar tidak melanggar pedoman Instagram.
Kamu juga dapat menyukai, mengomentari, atau membagikan tautan ke postingan foto dan video.
Perbanyak kenalan kamu dan juga kamu dapat berteman dengan lebih banyak orang.
Kamu jadi terlihat populer dengan jumlah followers yang tinggi.
exposure postingan milik kamu meningkat.

4. Tips Agar Mutualan di Media Sosial Berhasil

Jangan berlebihan dalam melakukan komunikasi. Meskipun kamu merasa cocok dengan seseorang yang kamu temukan lewat mutualan, usahakan jangan terlalu berlebihan dalam melakukan komunikasi. Tetaplah dalam zona yang aman dan tidak cukup berbahaya seperti memberikan data yang cukup privasi bagi orang yang baru saja dikenal.
Tetaplah Selektif. Bukan berarti orang pertama yang mengajak mutualan berarti harus menjadi segalanya. Jika merasa aneh dan kurang nyaman, maka hubungan bisa dihentikan.
Jangan Asal Memberi Data pribadi. Selalu waspada mengenai data pribadi dengan seseorang di Internet.

5. Kelebihan Mutualan di Media Sosial

Kesepakatan kedua pihak adalah tidak adanya Unfollow, setelah saling follow yang akan merugikan satu belah pihak. Ini juga efektif untuk menambah relasi dengan banyaknya folower. Dan juga efektif untuk pelaku usaha online dengan banyaknya folowers.
Arti mutualan bagi sebagian orang adalah sebagai cara termudah untuk memperbanyak followers. Semakin rajin mengajak orang mutualan, semakin banyak pula followersnya.
Semakin banyak aktivitas mutualan yang dilakukan, jumlah teman maya yang dimiliki juga semakin banyak.

6. Kelemahan Mutualan di Media Sosial

Banyak Postingan Tidak Penting dari Followers yang Menganggu Beranda
Berpotensi Memicu Kejahatan dari Followers Tidak Dikenal
Berpotensi Memicu Kejahatan dari Followers Tidak Dikenal

7. Arti Bahasa Gaul Lainnya

Tentunya bahasa gaul bukan hanya mutualan saja, masih banyak bahasa gaul lainnya. Nah, di bawah ini merupakan beberapa arti dari bahasa gaul yang sering dipakaia di media sosial.

-Japri

Jaringan pribadi, langsung chat secara pribadi.

-Kepo

Knowing Every Particular Object yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

-Mager

Malas gerak.

-Badmood

Sedang merasa tidak senang, dalam suasana yang kurang baik

-VC

video call

-PC

Private chat, chat pribadi.

-Anjir

Ungkapan untuk sesuatu yang begitu wah atau terkejut.

-Gaje

Gak jelas.

-Hoax

Kata dari bahasa inggris yang berarti palsu atau berita yang tidak benar.

-LoL

Laugh out Lod, tertawa terbahak-bahak.


QnA

  1. Apa Arti Mutualan?

    Kata ‘mutual‘ diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti saling, bersama, timbal balik, balas-berbalas.

    Dalam dunia media sosial, ‘mutual‘ atau ‘mutualan’ diartikan sebagai aktivitas saling mengikuti atau mem-follow akun media sosial masing masing (saling follow).

  2. Apa Manfaat Mutualan?

    Menambah relasi, teman, followers, banyak exposure.

  3. Apa Arti Mutualan Hati?

    Saling suka atau punya perasaan yang sama.

Indakhila Putri
Mahasiswa Universitas Swasta di Indonesia dan memiliki hobi menulis sejak muda. Selain menulis, membaca merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan. Indakhila juga menikmati kegiatan-kegiatan seperti traveling dan menonton film.