Arti iPhone WiFi Only (Penyebab + Cara Mengatasi)

Arti iPhone WiFI Only (Penyebab + Cara Mengatasi)

iPhone milikmu menunjukkan gejala aneh seperti keluar tulisan WiFi Only? Sebenarnya ada beberapa hal yang terkadang perlu kita maklumi karena kesalahan sistem atau iPhone kita sedang mengalami error.

Buat yang sedang mengalami kasus serupa, kita akan jelaskan apa arti iPhone WiFi Only lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya.

Bahkan sempat ada trend barang dagang iPhone WiFi Only yang juga ramai peminatnya di forum jual beli maupun lapak unggahan media sosial.

Sebetulnya apa sih arti iPhone WiFi Only itu? supaya kalian lebih jelas, kita akan berikan ulasannya di bawah ini. Silahkan baca penjelasannya pada konten artikel berikut ini hingga selesai.

Arti iPhone WiFi Only

WiFi Only mengartikan bahwa sebuah device hanya dapat berjalan dengan WiFi saja. Jadi tidak ada aktivitas koneksi apapun yang menggunakan jaringan seluler karena HP hanya bisa menyambungkan ke WiFi saja.

Tidak cuma iPhone, namun istilah ini juga berlaku untuk perangkat iPad. Hal ini sangat berkaitan erat dengan aktivitas jaringan di dalam iPhone itu sendiri.

Kalau kalian sempat dengar kabar bahwa beberapa seri iPhone ex inter yang tidak termasuk ke dalam kriteria standar komunikasi nasional, maka IMEI akan hangus dan efeknya SIM card tidak bisa digunakan. Secara SIM card adalah kunci aktivitas jaringan baik itu sinyal selular atau akses internet.

Dengan kata lain kalian tidak bisa melakukan panggilan maupun mengirim pesan yang bersifat offline.

Tetapi kalian tetap bisa melakukan panggilan WhatsApp, LINE, Telegram, maupun media sosial lainnya karena masih tersedia aktivitas seperti WiFi.

Memang agak merepotkan, apalagi kalau kita sedang berada di tempat yang minim koneksi wifi dan perlu untuk menghubungi seseorang.

Oleh karena itu penting buat kalian selektif dalam memilih iPhone, tertuma iPhone bekas, usahakan minim kriteria ponsel terkena banned IMEI.

Baca Juga:

Mau tahu apa perbedaan iPhone refurbished, replacement dan personalized? Kita sudah menjelaskan selengkapnya di konten artikel ini.


Penyebab iPhone WiFi Only

Secara umum penyebab dari iPhone WiFi Only adalah gagalnya registrasi IMEI oleh ketentuan aturan di Indonesia.

Jika IMEI terblokir kalian tidak bisa melakukan aktivitas apapun yang berhubungan dengan jaringan provider. Untuk lebih selengkapnya sudah kita rangkumkan penjelasan dibawah ini :

1. IMEI Terblokir

Settingan Seluler Mati

Jika kalian ingin membeli iPhone bekas maupun baru, harap diperhatikan kode lokasi iPhone tersebut berasal.

Karena banyak sekali iPhone yang beredar di Indonesia adalah iPhone Ex Inter yang sebagian tidak memenuhi kriteria standar IMEI Lokal.

Biasanya barang-barang tersebut masuk secara ilegal dan tidak membayar pajak. Artinya IMEI di dalam HP tersebut belum diregistrasikan dan akan terblokir oleh sistem sebagai bentuk pelanggaran pengguna.

Efeknya jika IMEI terblokir yakni status jaringan akan terpantau silang dan kalian tidak bisa menggunakan untuk sinyal dan internetan.


2. iPhone Bypass

Contoh HP iPhone Wifi Only

Metode bypass adalah metode yang beresiko untuk sebuah iPhone. Sebab penyelesaian masalah kunci yang terjadi di iPhone dilakukan secara bypass dimana efek buruknya adalah iPhone tidak lagi dapat menjalankan kartu SIM dari provider.

Kalau kondisinya sudah seperti itu, pengguna hanya bisa memakai iPhone dengan modal jaringan Wifi saja.

Baca Juga:

Mau install file .IPA di HP iPhone? Kami sudah pernah merangkumkan panduan cara install file .IPA di iPhone.


3. iPhone terikat Kontrak Dengan Provider

Ada beberapa jenis iPhone yang ketika masuk ke Indonesia melalui kerjasama dengan provider tertentu.

Yang pertama tidak sembarangan provider lain bisa dimasukkan ke dalam iPhone tersebut dan sebagian besar iPhone yang masuk telah terkait kontrak ketika masuk ke dalam Indonesia.

Jika waktu kontrak tersebut habis, maka iPhone akan memberlakukan sistem WiFi Only dan SIM Card tidak bisa digunakan.


4. Perangkat Rusak

Tampilan iPhone Wifi Only

Kemungkinan yang terakhir bisa dari perangkat keras yang rusak. Coba bayangin kalau hardware seperti slot SIM Card mengalami kerusakan, pastinya iPhone tidak akan bisa menampilkan status jaringan apalagi mengirimkan aktivitas koneksi ke internet.


Cara Mengatasi iPhone WiFi Only

Setelah kalian mengerti tentang arti iPhone WiFi Only, selanjutnya bagaimana cara mengatasi agar ponsel kita kembali normal lagi.

Berhubung kerusakan ini termasuk ke dalam kerusakan yang serius, pertama kalian kenali dulu apa penyebab iPhone kita mengalami WiFi Only setelah itu bawa ke teknisi yang mengerti soal iPhone.

Karena merekalah yang bisa membobol sistem untuk mengaktifkan IMEI, membongkar panel perangkat, dan memastikan kembali bahwa iPhone akan berjalan normal lagi.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan kita tentang arti iPhone WiFi Only. Silahkan kalian simak penjelasan diatas agar kita menjadi lebih paham tentang apa faktor kerusakan yang terjadi di iPhone kita. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar