Arti iPhone Refurbished, Replacement, dan Personalized

Arti iPhone Refurbished, Replacement, dan Personalized 1
Arti iPhone Refurbished, Replacement, dan Personalized

Seperti yang banyak orang ketahui, bahwa iPhone sendiri memiliki beberapa jenis. Selain iPhone Original dari Apple, iPhone juga memiliki versi lain seperti: Refurbished atau rekondisi, Replacement, dan terarkhir ada Personalized.

Pasti kalian pernah mendengar sebutan istilah tersebut bukan?

Kalau iPhone Original kita pasti sudah tahu bahwa itu adalah produk resmi dari Apple.

Lalu apa arti sebenarnya dari HP iPhone Refurbished, Replacement, dan Personalized? Kemudian apa yang membedakan diatara ketiganya?

Jadi beberapa istilah tersebut sangat umum ditemui di Pusat Barang HP iPhone second atau Grup Jual Beli HP iPhone Second di media sosial seperti Facebook.

Kalian pun ketika membeli iPhone bekas pasti salah satunya akan diberikan pilihan requirement tentang ketiga jenis iPhone di atas.

Selain jenis tipe barang penjualannya, iPhone juga memiliki nomor model sebagai pengenal perangkat. Kode ini istilahnya akan jadi identitas sebuah tipe HP berdasarkan ciri deskripsi iPhone masing-masing. Dan iPhone juga memiliki kode negara asal HP iPhone tersebut.

Produk Refurbhised

Kembali ke tipe iPhone refurbished, replacement, dan personalized…ketiga opsi barang berikut selain teknis sistem komponen di dalamnya berbeda, juga mempengaruhi harga jual tiap masing-masing jenis.

Harga tersebut ditentukan oleh kualitas, komponen sparepart yang dipakai, garansi, dan jaminan IMEI.

Namun secara keseluruhan, ketiganya tetaplah sebuah iPhone resmi pada umumnya. Dan sistem, komponen serta part lain tetap berfungsi seperti normal.

Bagi yang penasaran, arti iPhone refurbished, replacement, dan personalized pada HP iPhone. Silahkan simak penjelasan secara lengkap mengenai jenis-jenis HP iPhone tersebut di bawah ini.

Apa itu HP iPhone Refurbished?

Produk iPhone Baru

Menurut pengertiannya, iPhone Refurbished atau rekondisi adalah HP iPhone yang mengalami kerusakan baik dari sisi sistem maupun komponen perangkat, kemudian diperbaiki hingga semua berjalan normal dan dijual kembali sebagai barang rekondisi.

Pertanyaanya adalah, kerusakan itu dari siapa, dan kemana iPhone diperbaiki? Jadi ada dua poin yang perlu di garis bawahi disini, baik dari segi faktor kerusakan dan dari penampung barang tersebut diperbaiki.

Dari yang pertama, refurbished dikatakan bahwa iPhone mengalami kerusakan dan di rekondisi. Kerusakan ini bukan dari dari pemakaian pengguna dan bisa juga akibat pemakaian pengguna (bekas barang orang lain).

Untuk yang bukan pemakaian pengguna, barang tersebut bisa dikatakan sebagai barang produk yang tidak layak QC alias Quality Control. Kemudian barang disempurnakan kembali dan dijual.

Lalu untuk kerusakan yang dari pengguna, bisa saja mereka mengklaim garansi oleh distributor akibat terjadinya malfungsi sebuah perangkat, kemudian ditukar oleh barang baru atau sekaligus mereka update ke tipe tertinggi.

Nah, iPhone yang mereka klaim tersebut kemudian diperbaiki oleh agen hingga semua normal lalu dijual kembali.

Sertifikat Refurbished

Pertanyaan selanjutnya yaitu, siapa yang memperbaiki rekondisi barang iPhone ini? bisa saja Apple itu sendiri atau pihak ketiga seperti distributor yang bertanggung jawab atas klaim pembelian iPhone ini sebelumnya.

Jadi resmi atau tidaknya komponen, bisa dipastikan jika Apple yang melakukan rekondisi maka semua komponen terjamin genuine, sedangkan kalau distributor kita pun tidak dapat menjamin kualitas perangkatnya.

Ciri iPhone refurbished asli dari Apple ialah ada tulisan Apple Certified Pre Owned di kotak dus HP-nya.


Apa itu HP iPhone Replacement?

Tampilan iPhone

Selanjutnya adalah HP iPhone Replacement. Hal yang paling bisa kalian identifikasikan bahwa HP iPhone ini termasuk barang Replacement adalah didepannya memiliki kode N.

Sedikit tambahan informasi, kode unit F di iPhone yakni kode untuk menandakan jenis HP Refurbish, kemudian iPhone kode M adalah jenis iPhone baru.

Dan menurut penjelasannya sendiri iPhone Replacement ini merupakan HP yang dulunya baru, kemudian mengalami kerusakan, lalu dikembalikan ke Apple untuk diperbaiki.

Tetapi Apple sendiri tidak bisa totally memperbaikinya, sehingga barang tersebut diganti baru dan dijual lagi sebagai iPhone Replacement berkode N tersebut.

Walaupun iPhone Replacement ini termasuk barang yang diperbaiki dengan kualitas dan standar resmi dari Apple, tetapi harga jualnya tetap akan turun tidak sesuai harga pasaran.


Apa itu HP iPhone Personalized?

Produk Bekas iPhone

Terakhir kita tutup dengan pembahasan iPhone personalized. Dimana tipe iPhone ini berbeda dengan dua tipe diatas, melainkan sebuah produk baru yang dibeli oleh konsumen secara custom menyesuaikan permintaan pembeli kepada Apple Online Store-nya.

Sudah bisa dipastikan tipe iPhone Personalized adalah iPhone baru dengan kualitas genuine, namun hanya saja kalian bisa mengkustom selera permintaan khusus biasanya request desain bagian bodi belakang saja.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah ulasan kita kali ini tentang arti iPhone Refurbished, Replacement, serta Personalized.

Bagi kalian yang ingin membeli iPhone, perhatikan jenis-jenisnya sesuai dengan pengertian yang sudah kita jelaskan diatas, jangan sampai kalian tertipu oleh barang yang bukan kita inginkan. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.