Cara Mengatasi Aplikasi Windows 10, 8, dan 8.1 yang Tidak Bisa Dibuka (Menutup Sendiri)

Masalah yang cukup membingungkan adalah aplikasi Windows 10, 8, dan 8.1 tidak bisa dibuka. Ketika pengguna membuka salah satu aplikasi Windows 10, 8, dan 8.1, maka aplikasi tersebut akan menutup dengan sendirinya. Cobalah langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah ini.

Windows 10 Anniversary Update

Di Windows 10 Anniversary Update, terdapat fitur untuk me-reset aplikasi Windows 10. Proses reset akan menghapus informasi yang terdapat pada aplikasi, termasuk info login. Hal ini mungkin akan mengatasi kekeliruan atau error lainnya dalam aplikasi, termasuk aplikasi yang tak bisa dibuka.

More: Cara Reset Aplikasi Windows 10

1. Cara dasar

Jika semua pilihan ini tidak bisa mengatasinya, maka cobalah langkah-langkah di setelah pilihan-pilihan berikut:

  1. Cek spesifikasi komputer. Apakah spesifikasi komputer mampu menjalankan Windows 10, 8, dan 8.1 atau tidak. Terutama mengenai RAM.
  2. Cek apakah ada aplikasi yang diblokir oleh firewall.
  3. Update aplikasi Windows 10, 8, atau 8.1 melalui Windows Store.
  4. Update juga lewat Windows Update.
  5. Instal ulang aplikasi Windows 10, 8, atau 8.1 anda.

2. Menggunakan Apps Troubelshooter

Download "Apps troubleshooter" di sini. Jalankan, dan ikuti petunjuk di sana.

Alat tersebut dapat mendiagnosis dan mengatasi suatu masalah secara otomatis pada aplikasi Windows 10, 8, atau 8.1 beserta Windows Store.

3. Cara lebih lanjut

Cara ini adalah cara yang agak rumit. Mungkin cara ini bisa mengatasi aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Memastikan izin registry key

Buka Registry Editor. Caranya, tekan Logo Windows + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik regedit dan tekan Enter.

kotak dialog run

Klik-kanan HKEY_LOCAL_MACHINE, dan pilih Permission.

registry key permission

Dalam kotak dialog berikut, pastikan bahwa grup ALL APPLICATIONS PACKAGES, pada pilihan “Read” itu tercentang pada kolom “Allow”. Jika tidak tercentang, maka centang saja "Read" pada kolom “Allow”.

aplikasi windows 8.1 menutup sendiri

Jika sudah, klik OK.

Lakukan hal yang sama terhadap HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER, dan cabang key lainnya.

Jika sudah melakukan hal yang sama terhadap semua cabang key, lanjut ke langkah berikutnya.

Memastikan izin folder “Program Files”

Pergi ke folder “Program Files” dalam partisi sistem Anda. Folder ini memiliki folder lain di dalamnya yang berisi aplikasi-aplikasi metro Windows 10, 8, atau 8.1. Biasanya terletak di C:Program Files. Tapi itu tergantung letak Windows terinstal.

Klik-kanan pada folder itu, pilih Properties.

program files

Masuk ke tab “Security”. Pilih Advanced.

Kemudian muncul jendela berikut. Pada jendela ini, pastikan bahwa ALL APPLICATION PACKAGES memiliki akses “Read & execute”, dan diterapkan untuk “This folder, subfolders and files”. Seperti pada gambar di bawah ini.

mengatasi aplikasi windows 8.1 tidak bisa dibuka

Jika tidak sesuai dengan syarat di atas, maka lakukan take ownership terhadap folder tersebut. Ini membuat Anda dapat mengubah izin dan akses ALL APPLICATION PACKAGES.

Jika sudah melakukan take ownership, maka langsung ubah izin ALL APPLICATION PACKAGES dengan mengikuti langkah selanjutnya.

Klik Change Permission.

mengubah izin

Lalu muncul jendela yang sama. Bedanya, terdapat tombol Edit di sini. Klik item ALL APPLICATION PACKAGES, lalu pilih Edit.

mengubah izin 2

Nah. Sesuaikan izin dari ALL APPLICATION PACKAGES sesuai dengan syarat yang saya tulis sebelumnya, atau lihat gambar ini.

app

Jika sudah mengubah izin itu, klik OK sampai semua jendela dan kotak dialog tertutup.

Lakukan hal yang sama terhadap folder “Program Files (x86)”, jika Anda menggunakan Windows 64-bit.

Akhir

Langkah terkahir adalah me-restart PC. Jika masalah tidak dapat terpecahkan, pastikan bahwa Anda telah melakukan apa yang saya tulis dalam artikel ini. Jika tetap tidak — berkomentarlah!

65 Replies to Cara Mengatasi Aplikasi Windows 10, 8, dan 8.1 yang Tidak Bisa Dibuka (Menutup Sendiri)

  1. gan…maaf…laptop sya ad mslh…lngsung ja ya…kmren pad sya gnkn mungkin sya terllu lma mnkan tombol shift shngga muncul tulisan dlm kotak yg artiny menonaktifkn keyboards keyz…shnng skrng keyboard keys sya tdk bsa dgunkn..lalu lptop sya mtikn pad sya buka lgi sya tdk bsa msuk ke destop…bgamna pmcahan mslhny..tlong blsanny trimakasih…

  2. mouse/touchpad masih bisa digunakan? saat login screen muncul, coba klik aja ikon di pojok kiri bawah, pilih "Touch Keyboard". Nah ini bisa digunakan sebagai pengganti keyboard untuk sementara. Kalau untuk keyboard yg tidak bisa digunakan lagi, maaf saya belum tahu cara mengatasinya.

  3. Mau tanya nih, kan saya buka game… terus game itu udah kebaca di task manager.. tapi tiba-tiba ilang sendiri di task manager.. jadi game nya gak bisa kebuka-buka. Coba diulang-ulang masih sama aja. Ada Solusi?

  4. gan , kalau masuk Run windows lalu masukan :
    powershell -ExecutionPolicy Unrestricted Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $Env:SystemRootWinStoreAppxManifest.xml
    bisa ngga ? kata artikel tetanggga sih gitu , tapi force close sendiri

  5. Update aplikasinya lewat Windows Store. Update juga Windows lewat Windows Update. Biasanya ada bug yg belum diatasi. Update-an yg didownload mungkin akan mengatasi masalahnya.

  6. Gan saya install game dan semua sistim yang diperluin game itu udh jauh dibawah kemampuan yang laptop ane bisa tapi waktu main error atau stop working kira" solusinya gimana gan?

  7. kemare saya abis install game motoGP2013, bisa jalan. tapi 2 hari kemudian ga tau kenapa dia ga mau jalan lagi, pas di dibuka, cursor ny muter(loading) abis itu ngga terjadi apa apa. game nya ga bisa dibuka. itu kenapa yah gan?

  8. gan setelah nyoba caranya kok malah nggak bisa buka video dan musik ya gan? pake winamp atau pake win media player tetep gak bisa gan, udah nyoba di delet ALL APPLICATION PACKAGES nya tetep aja gak bisa. Ada solusi kah gan? kalo

  9. gan applikasi bawaan windows 10 gak bsa dibuka knapa y? suruh buka windows stour gitu. tapi windows stor y ngak bisa dibuka. dia y nutup sendiri??????????
    tolong dong solusinya ………..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *