Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi

Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi

Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi adalah aplikasi yang baru-baru ini dirilis oleh  kepolisian Indonesia sebagai aplikasi yang dapat membantu kamu untuk perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) atau mendaftar pengajuan SIM secara online

Tepatnya pada tanggal 12 April 2021, Kapolri Indonesia secara resmi mengumumkan dimulainya layanan aplikasi ini. 

Tentunya dengan adanya aplikasi yang satu ini dapat membantu orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk memperpanjang SIM secara langsung.

Selain itu, dengan adanya aplikasi ini, prosesnya juga akan memakan waktu lebih cepat, sehingga orang tidak perlu repot-repot menunggu atau mengantri.

Aplikasi sinar SIM nasional presisi ini masih tergolong sangat baru. Oleh karena itu, tidak aneh kalau masih cukup banyak orang yang merasa kebingungan bagaimana cara memakai nya atau bisa digunakan di platform apa saja?

Nah, pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas serba serbi dari aplikasi yang satu ini. Apa itu aplikasi sinar SIM? Syarat membuat SIM baru dengan aplikasi ini.

Cara membuat membuat SIM baru dengan aplikasi ini, dan informasi-informasi lainnya yang akan sangat membantu kamu.

Kalau begitu langsung saja kita simak penjelasan dari aplikasi sinar SIM nasional presisi ini. Berikut merupakan penjelasannya.

Aplikasi Sinar SIM

SIM Nasional Presisi atau Sinar merupakan pelayanan pembuatan dan perpanjangan izin mengemudi secara online, berbasis aplikasi.

Aplikasi ini untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam perpanjangan dan pembuatan SIM. Peluncuran aplikasi SINAR ini sesuai dengan program 100 hari kerja Kapolri untuk melakukan modernisasi pelayanan masyarakat.

Tujuan dari aplikasi yang satu ini disebutkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan dan perpanjangan SIM.

Memang dengan hadirnya aplikasi yang satu ini, orang-orang sudah tidak perlu repot lagi karena semua urusan bisa dilakukan melalui aplikasi hanya melalui smartphone saja.

Namun, untuk Sinar SIM Nasional Presisi masih diperuntukkan untuk pengguna Android. Untuk pengguna iOS, harus bersabar terlebih dahulu.

Aplikasi sinar SIM memungkinkan kamu untuk daftar pengajuan pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM.

Khusus untuk perpanjangan SIM, kamu tidak perlu repot-repot lagi ke tempat perpanjangan SIM karena bisa dilakukan lewat aplikasi.

Namun, bagi yang ingin membuat SIM baru masih harus datang ke gerai SIM untuk menjalani tes tertulis dan ujian praktek langsung. Namun, dengan adanya aplikasi ini, kamu juga bisa menghemat waktu juga.

Syarat Membuat SIM Baru Melalui Sinar

Syarat untuk membuat SIM baru melalui aplikasi yang satu ini tidak berbeda dengan pembuatan SIM baru pada umumnya.

Bedanya kamu hanya perlu memasukkan data-data melalui aplikasi ini saja dibandingkan datang langsung untuk mendaftar. Berikut merupakan syarat-syarat pembuatan SIM baru.

  1. Usia minimal 17 tahun. 
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Sudah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  4. Memiliki pengetahuan seputar peraturan-peraturan lalu lintas serta teknik dasar untuk mengendarai kendaraan motor
  5. Bisa membaca dan menulis
  6. Bisa mengikuti tes ujian teori dan praktik sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan

Cara Membuat SIM Baru Melalui Sinar

Pembuatan SIM dengan menggunakan aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi ini sangat mudah, lebih mudah dari saat kamu membuatnya secara langsung di Satpas.

Berikut merupakan cara membuat SIM baru secara online dengan aplikasi SIM Nasional Presisi.

  1. Pertama-tama unduh terlebih dahulu aplikasi Digital Korlantas Polri. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di link ini:
    Digital Korlantas POLRI
    Digital Korlantas POLRI
    Developer: KORLANTAS POLRI
    Price: To be announced

    Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 12
  2. Setelah selesai diunduh, masukkan nomor telepon dan verifikasi nomor telepon dengan memasukan OTP yang sudah dikirimkan.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 13
  3. Terdapat beberapa pilihan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengguna. Pilih aplikasi Sinar SIM untuk melakukan pendaftaran SIM baru dan perpanjangan SIM.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 14
  4. Sebelum bisa menggunakan aplikasi masukkan dulu data-data diri kamu.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 15
  5. Verifikasi KTP dengan menggunakan Face Recognition.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 16
  6. Setelah memilih jenis SIM maka kamu bisa melakukan pembayaran PNBP untuk SIM baru dan lakukan ujian teori secara online, kamu akan diberikan simulasi terlebih dulu sehingga bisa mempersiapkan diri saat ujian teori online.
  7. Apabila kamu sudah dinyatakan lulus maka kamu akan mendapatkan QR Code, lalu Anda bisa memilih Satpas yang nantinya dijadikan tempat ujian praktik. Tinggal Pilih jadwal ujian praktik untuk pembuatan SIM baru, jika sudah maka kamu tinggal lakukan ujian praktik sesuai dengan tanggal yang ada.

Biaya Pembuatan 

Biaya pembuatan SIM baru harganya sangat terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu khawatir membayar mahal untuk membuat SIM.

Untuk SIM A dan SIM B pembuatan SIM baru dikenakan biaya sebesar Rp. 120,000 dan untuk SIM C harga nya sedikit lebih murah di angka Rp. 100,000.

Syarat Memperpanjang SIM Baru Melalui Sinar

Syarat memperpanjang SIM juga tidak jauh berbeda dengan pembuatan SIM baru, bedanya karena kamu hanya ingin memperpanjang masa berlaku SIM.

Kamu tidak perlu repot-repot membawa banyak dokumen seperti saat kamu membuat SIM baru. Berikut merupakan syarat memperpanjang SIM.

  1. KTP atau dokumen keimigrasian bagi warga negara asing 
  2. SIM lama 
  3. Surat keterangan lulus uji keterampilan simulator 
  4. Surat kesehatan dari dokter

Cara Memperpanjang SIM Melalui Sinar

Memperpanjang SIM dengan menggunakan aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi ini sangat mudah, lebih mudah dari saat kamu membuatnya secara langsung di Satpas.

Berikut merupakan cara memperpanjang SIM secara online dengan aplikasi SIM Nasional Presisi.

  1. Pertama-tama unduh terlebih dahulu aplikasi Digital Korlantas Polri. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di link ini:
    Digital Korlantas POLRI
    Digital Korlantas POLRI
    Developer: KORLANTAS POLRI
    Price: To be announced
    Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi
  2. Setelah selesai diunduh, masukkan nomor telepon dan verifikasi nomor telepon dengan memasukan OTP yang sudah dikirimkan.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 13
  3. Terdapat beberapa pilihan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengguna. Pilih aplikasi Sinar SIM untuk melakukan pendaftaran SIM baru dan perpanjangan SIM.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 14
  4. Sebelum bisa menggunakan aplikasi masukkan dulu data-data diri kamu.Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 15
  5. Verifikasi KTP dengan menggunakan Face RecognitionAplikasi Sinar SIM Nasional Presisi 16
  6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan juga psikologi kamu secara online, kemudian isi rekening pengembalian. Selanjutnya kamu tinggal memilih metode pengiriman SIM, upload juga pas foto dan tanda tangan kamu.
  7. Lakukan pembayaran PNBP dan juga biaya pengiriman SIM, selanjutnya maka SIM kamu akan dicetak. 
  8. Tinggal tunggu, SIM akan dikirim ke alamat rumah tanpa perlu datang ke Satpas.

Biaya Memperpanjang

Biaya perpanjangan SIM harganya sangat terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu khawatir membayar mahal untuk memperpanjang SIM.

Untuk SIM A dan SIM B, perpanjangan SIM dikenakan biaya sebesar Rp. 80,000 dan untuk SIM C harga nya sedikit lebih murah di angka Rp. 75,000.

Akhir Kata

Jadi itulah inovasi terbaru dari kapolri Indonesia. Dengan adanya aplikasi sinar SIM nasional presisi ini, membuat masalah pendaftaran dan perpanjangan SIM menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Silahkan mencoba dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih. 

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.