5 Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Sebagian besar tugas kita selesaikan dengan bantuan perangkat komputer. Dari mulai mengetik, memprogram, streaming, menyusun file, hingga bermain game selalu membutuhkan peran komputer.

Supaya tugas maupun pekerjaan tersebut berjalan lancar, ada beberapa faktor yang mempengaruhi aktivitas ini sebagai penentu utama.

Satu hal yang cukup berpengaruh adalah kontras layar komputer, semakin lama menerima paparan cahaya dari perangkat, perlahan akan membuat mata kita terasa capek dan kelelahan.

Kalau kamu biarkan biarkan kondisi ini terus terjadi, pertama kesehatan mata menjadi menurun, dan disisi lain kerja kita kurang efektif karena kurang nyaman dengan kondisi monitor yang terlalu kontras.

Solusi tersebut bisa kalian atasi dengan mengatur kecerahan layar dari level yang paling terang sampai redup. Hanya saja menu brightness bawaan laptop kurang begitu kompleks tidak dibekali dengan opsi tambahan seputar menu kecerahan lainnya.

Disini kita akan berikan beberapa referensi aplikasi pengatur kecerahan layar untuk komputer dan laptop, yang bisa kamu atur sesuai tingkat kenyamanan masing-masing pengguna.

Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Shortcut brightness pada tombol keyboard laptop sudah sangat membantu, tetapi menu tersebut belum cukup untuk memberikan opsi menu tambahan seputar tingkat custom kecerahan yang kita inginkan.

Ada beberapa pilihan aplikasi pengatur kecerahan layar untuk komputer dan laptop. Silahkan kamu unduh dan install sesuai lewat link rekomendasi dibawah ini.

1. iBrightness Tray

1 Aplikasi iBrightness - Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Dimulai dari yang paling sederhana, aplikasi berikut cukup memberikan respon simpel terkait menu pencerahan layar pada laptop kalian.

Tombol berikut akan muncul di sisi toolbar dan ketika kalian gunakan akan keluar tray kecil beserta level bar pengaturan kecerahan dengan cara digeser.

Terdapat juga tombol Screen Saver yang cocok untuk kamu pakai ketika menghemat daya baterai saat tidak membutuhkan layar dalam waktu lama.

Aplikasi ini berjalan portable, jadi kamu tidak perlu lagi menginstall tetapi cukup mengunduh file iBrightness Tray maka program akan menjadi ekstensi tambahan di toolbar.

2. f.lux

2 Aplikasi F.lux - Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

f.lux cocok digunakan sebagai alat pengaturan brightness sebagai alat respon yang kompleks. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam informasi, dari mulai lokasi, waktu, hingga menu kecerahan itu sendiri.

Didalamnya juga terdapat kotak Recommended Color, berfungsi untuk memilih tone warna layar monitor PC dengan tingkat kenyamanan pilihan unggulan.

Fitur lainnya ada juga menu temperatur warna, bahkan pengguna bisa mengatur melalui waktu dan kondisi cahaya yang dibutuhkan.

3. Screen Bright

3 Screen Bright -Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Selanjutnya ada lagi aplikasi bernama Screen Bright. Aplikasi ini sering digunakan bagi mereka yang suka mengatur tone warna monitor secara custom. Di dalamnya lengkap tersedia pilihan kontras, brightness, color luminance, dan temperatur layar.

Meskipun aplikasi Screen Bright bersifat portable, tetapi satu kelemahan yang dimilikinya yaitu sistem hanya akan berjalan pada layar atau monitor yang mempunyai DDC/CI atau USB Control.

Terlepas dari situ, pengaturan Screen Bright sangat mudah kita operasikan. Geser setiap bar menu tersedia, sesuaikan preferensi kalian masing-masing, save bila kita perlu menyimpan settingan tersebut, dan menariknya lagi akses custom bisa diaktifkan pada waktu tertentu.

4. Desktop Lighter

4 Desktop Lighter - Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Aplikasi pengatur kecerahan layar untuk komputer dan laptop yang selanjutnya, coba kalian download aplikasi bernama Desktop Lighter. Aplikasi sanggup meningkatkan kecerahan layar dengan cepat, cukup melalui akses navigasi yang sederhana.

Meski mempunyai menu yang simpel, tetapi Desktop Lighter cukup berguna dalam hal penyesuaian brightness layar monitormu. Ada juga menu Settings, dimana tersedia tombol save dan shortcut kecerahan layar dari tombol keyboard.

5. Gamma Panel

5 Gamma Panel - Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar untuk Komputer dan Laptop

Mengatur kecerahan layar mungkin sudah biasa, tetapi akan lebih potensial bila kamu juga bisa mengatur filter warna monitor tersebut. Menu ini bisa didapatkan dalam aplikasi Gamma Panel.

Terdapat beragam menu tampilan, seperti penyesuaian gamma, kontras dan tweak warna RGB secar custom. Tenang saja, kamu bisa membuat preset sesuai kebutuhan masing-masing, apabila suatu saat ingin kita aktifkan kembali, cukup dengan mengaktifkan preferensi yang sudah dibuat sebelumnya.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah beberapa deretan aplikasi pengaturan kecerahan layar untuk komputer dan laptop. Silahkan kamu install dan gunakan sesuai kebutuh an, baik dari yang paling sederhana sampai pengaturan kompleks sekalipun. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar