Aplikasi Anti Virus Android Terbaik Menurut AV-Test

12 Aplikasi Antivirus Terbaik Android Menurut AV-Test

Memasang aplikasi antivirus di Android adalah satu hal yang sangat penting. Bagaimanapun, ponsel Android merupakan ponsel dengan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia sehingga memungkinkan dihinggapi virus yang bisa merusak sistem.

Di Android, tidak jarang para pengguna menginstall aplikasi seperti mobile banking, game hingga membuka situs – situs website. Disini pengguna akan mendapatkan malware yang sangat rawan sekali membawa virus. Oleh karena alasan itu, sangat penting menginstall salah satu aplikasi antivirus untuk Android.

Aplikasi antivirus Android memang banyak sekali jenisnya dan terkadang membuat kita menjadi bingung mana antivirus terbaik yang bisa kita pasang di ponsel Android. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas 12 Antivirus terbaik untuk Android di tahun 2020 versi AV-Test.

12 Daftar Aplikasi Antivirus Terbaik Android Menurut AV-Test

AV-Test sendiri merupakan salah satu lembaga pengujian keamanan di dunia IT Internasional berbasis di Magdeburg, Jerman yang telah terkemuka dan diuji dengan teknologi terkini.  Simak artikelnya berikut!

1. Bitdefender Mobile Security and Antivirus

Bitdefender merupakan penyedia program antivirus yang sangat bagus dan ringan.  Setelah sukses dengan antivirus untuk PC, Bitdefender merambah kemampuannya untuk membuat aplikasi untuk Android.

Bitdefender Mobile Security & Antivirus
Bitdefender Mobile Security & Antivirus

Aplikasi ini sangat populer karena bisa memberikan keamanan ekstra untuk Android dari ganasnya virus yang merusak sistem. Antivirus ini memberikan uji coba secara gratis selama 14 hari. Selama uji coba gratis, pengguna akan mendapatkan fasilitas seperti pemindai otomatis maupun secara manual, perlindungan untuk browser dan internet serta anti-theft.

2. AVG for Android

Aplikasi antivirus ini memiliki ukuran 25 MB yang memberikan fitur tambahan seperti anti-theft, pengunci aplikasi, pencadangan aplikasi, pengaman Wi-Fi serta pelindung file.

Selain itu, dalam aplikasi juga memiliki fitur seperti meningkatkan kinerja Android dimana aplikasi akan mematikan proses yang tidak diperlukan. Ada juga fitur penghapus file sampah yang biasa ditemukan di folder cache dan temp.

AVG for Android
AVG for Android

Fitur anti-theft memiliki kemampuan untuk ponsel yang hilang dengan bantuan Google Maps bahkan Anda juga bisa mengunci dari jarak jauh. Menariknya lagi, pengguna juga bisa mengaktifkan sirene yang membuat ponsel Anda berbunyi jika dicuri atau hilang.

Dalam aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan deteksi wajah sehingga hanya wajah yang dikenali aplikasi saja yang bisa membuka ponsel. Masih banyak fitur menarik lainnya dari aplikasi ini.

3. Avast Mobile Security

Avast cukup mumpuni dalam hal proteksi terhadap virus yang menyerang PC. Kini, Avast telah mengembangkan kemampuannya untuk membuat apliasi yang tak sekedar sebagai pemindai biasa.

Selain sebagai penangkal virus dalam Android, aplikasi Avast Mobie Security memiliki fitur tambahan berupa pemblokir panggilan, firewall dan anti-theft.

Avast Mobile Security
Avast Mobile Security

Aplikasi ini dulunya berbayar penuh, tetapi sekarang digratiskan karena didukung oleh iklan. Namun, jika pengguna ingin menggunakan fitur untuk premium, pengguna akan dikenakan biaya bulanan atau tahunan.

Fitur premium antara lain tombol pengunci aplikasi dimana pengguna akan diminta memasukkan PIN sebelum masuk ke aplikasi.

Baca Juga: Daftar Antivirus Terbaik 2018 yang Bisa Kamu Download Sekarang

4. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky mempunyai reputasi yang bagus seperti Bitdefender sehingga performanya sudah tidak bisa diragukan lagi. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat bagus dan mengesankan untuk deteksi malware dengan tingkat deteksi sebesar 99,9 % berdasarkan uji AV-Test.

Kaspersky Mobile Antivirus
Kaspersky Mobile Antivirus

Selain sebagai antivirus, aplikasi ini juga akan memblokir situs dan tautan yang bisa membahayakan sistem Android sebelum pengguna membuka website yang bertujuan untuk mencegah infeksi virus. Fitur utama aplikasi ini adalah dukungan untuk Android Wear yang manajemen keamanannya lebih sederhana daripada di PC.

Pada fitur premium, pihak Kaspersky menawarkan fitur keamanan tambahan seperti anti-phising, pemindaian otomatis dan fitur filter untuk pesan teks dan panggilan.

5. Norton Security and Antivirus

Aplikasi antivirus dari Norton mampu mendeteksi 100% dari seluruh malware yang ada di ponsel Android saat diuji dengan AV-Test. Pemindai dalam Norton Mobile dapat mendeteksi virus dalam aplikasi maupun dalam file dan melakukan penghapusan secara otomatis pada file terinfeksi virus.

Norton Security and Antivirus
Norton Security and Antivirus

Fitur lain dalam aplikasi ini seperti kemampuan mengunci ponsel melalui pesan SMS atau mengunci ponsel dari jarak jauh jika ponsel hilang. Selain fitur – fitur di atas, masih ada fitur seperti SafeWeb yang berfungsi untuk memblokir situs berbahaya.

Aplikasi antivirus ini bisa digunakan pada Android versi 2.0 ke atas dengan kapasitas penyimpanan perangkat minimal 1,8 MB.

6. McAfee Security & Power Booster Free

McAfee, salah satu nama pengembang antivirus yang cukup terkenal untuk PC dan aplikasi Android. Performa antivirus ini tidak mengecewakan karena antivirus ini selain bisa memindai secara otomatis.

Fitur gratis lainnya yang ditawarkan antara lain memblokir situs berbahaya, pencegahan terhadap unduhan malware, pemulihan data, keamanan untu Wi-Fi maupun anti-theft.

McAfee Security & Power Booster Free
McAfee Security & Power Booster Free

Selain fitur keamanan sistem, aplikasi ini sudah dirancang dengan beberapa fitur baru untuk optimalisasi perangkat Android seperti memory booster, battery booster dan storage cleaner yang berfungsi untuk menghapus file sampah atau yang sudah tidak digunakan lagi.

Baca Juga: Aplikasi Unfollow Instagram Terbaik

7. Avira Antivirus Security

Aplikais Avira tidak hanya akan memindai file pada memori dalam ponsel Android tetapi juga dapat memindai penyimpanan eksternal seperti kartu SD. Pada versi premium, menawarkan fitur lengkap seperti pemblokiran situs web berbahaya, anti-theft, pemindai privasi dan pembaruan otomatis.

Avira Antivirus Security
Avira Antivirus Security

Fitur yang begitu lengkap, tak membuat aplikasi ini menyedot kapasitas terlalu besar bahkan banyak dirasakan pemasangan aplikasi ini sangat ringan.

8. BullGuard Mobile Security

BullGuard merupakan sebuah antivirus yang mampu membasmi virus, memblokir situs berbahaya dan dapat dikonfigurasikan di beberapa daerah. Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan cybersecurity yang berpusat di Denmark dan didirikan pada tahun 2001.

Aplikasi BullGuard dari awal difokuskan untuk menyediakan cara sederhana namun efektif untuk melindungi perangkat digital termasuk jaringan maupun data pribadi.

BullGuard Mobile Security
BullGuard Mobile Security

Antivirus ini memiliki fitur yang sangat menarik terutama bagi Anda yang seorang gamers yang membutuhkan kerja Android yang cepat seperti game booster. Game booster berguna untuk mengoptimalkan semua proses yang telah berjalan di Android.

Jadi, bagi gamers antivirus ini sangat direkomendasikan karena bisa menjadi penguat kinerja smartphone. Selain game booster, antivirus ini juga memiliki pemindai virus yang cukup ampuh dan pemberitahuan secara otomatis tentang koneksi pada jaringan Wi-Fi yang tidak aman.

Bahkan, antivirus ini memiliki skor yang bagus untuk perlindungan dari phising saat dilakukan AV-Test.

9. MalwareBytes

Antivirus yang satu ini tidak hanya tersedia pada PC saja, namun pihak Malwarebytes telah mengembangkan antivirus untuk Android yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur seperti pemindaian ransomware, pembaruan database, dan pemindaian pesan.

MalwareBytes
MalwareBytes

Selain pesan singkat, Malwarebytes juga dapat memindai pesan dari sosial media seperti Whatsapp hingga Facebook. Aplikasi ini juga sangat efektif untuk menghapus malware dan spyware yang bisa merusak sistem.

Aplikasi antivirus ini tidak berbayar dan performanya maksimal sehingga aplikasi ini tidak boleh dilewatkan pada Android. Menariknya lagi, aplikasi ini tidak terlalu banyak memakan daya pada Android sehingga tidak berpengaruh pada kinerja Android. Namun, untuk penggunaan fitur seperti blocking situs berbahaya pengguna harus meng-upgrade ke versi premium dari aplikasi.

Baca Juga: Aplikasi Belanja Sayur Online untuk Kamu yang Keluar

10. Sophos Free Antivirus and Security

Aplikasi Sophos telah teruji pada AV-Test dan terbukti memang mampu memberikan keamanan yang sangat baik pada perangkat seperti Android. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tidak seperti kebanyakan perangkat yang menawarkan fitur premium namun dengan pembayaran.

Sophos Free Antivirus and Security
Sophos Free Antivirus and Security

Ini dilakukan pihak Sophos untuk mendemokan kemampuannya dalam menyediakan proteksi bagi perangkat. Meskipun namanya belum sepopuler Kaspersky, Bitdefender, Norton atau McAfee namun ternyata Sophos telah memiliki pengalaman di bidang keamanan IT selama 32 tahun.

Pengalamannya yang sangat lama tersebut membuat founder Sophos berani bersaing dengan antivirus ternama lainnya. Aplikasi yang satu ini memberikan fitur keamanan yang komplit seperti pemindaian file dan aplikasi, pemblokiran website berbahaya maupun penghapusan malware berbahaya yang tersimpan dalam Android.

Bagi pengguna iOS tak perlu berkecil hati karena Sophos ternyata telah menyediakan versi antivirus untuk iOS. Aplikasi ini sangat efisien dan ringan saat pemasangan.

11. AVL Pro Antivirus & Security

AVL salah satu antivirus yang handal berdasarkan AV-Test untuk proteksi terbaik pada smartphone. Setara dengan kemampuan antivirus lainnya, AVL tak hanya melindungi perangkat dari virus seperti Trojan dan kawan – kawannya, namun aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian aplikasi sebelum diinstal sehingga risiko malware terpasang di smartphone sangat kecil.

AVL Pro Antivirus & Security
AVL Pro Antivirus & Security

Fitur lainnya yang disediakan AVL adalah blocking nomor rahasia, anti-phising serta sangat menghemat daya. Aplikasi ini mendapatkan rating yang lumayan pada PlayStore yakni 4.1 dengan ukuran 12 MB. Lebih menarik lagi, antivirus ini sama sekali tidak akan membuat Android menjadi lemot.

Aplikasi ini juga gratis sehingga pengguna tetap bisa mendapatkan perlindungan ekstra tanpa perlu keluar biaya.

12. AhnLab V3 Mobile Security

Antivirus terbaik yang terakhir adalah Ahnlab yang berasal dari Korea Selatan. Aplikasi ini mungkin masih belum tenar seperti Kaspersky, Norton atau Avira namun performanya patut diacungi jempol karena aplikasi antivirus ini mampu melindungi smartphone dari malware berbahaya.

AhnLab V3 Mobile Security
AhnLab V3 Mobile Security

Aplikasi ini memilikibeberapa fitur seperti penghapusan data terinfeksi secara mendalam. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang menarik seperti photo privacy yang kerjanya menyembunyikan foto – foto yang sifatnya pribadi atau ingin dirahasiakan dari galeri foto yang ada dalam Android.

Adapun beberapa fitur keamanan yang lain seperti call blocker, malware protector hingga anti-phising yang dapat melindungi data pengguna yang dicuri melalui halaman website berbahaya. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dengan biaya yang cukup murah. Namun, mereka juga menyediakan uji coba selama 30 hari untuk meyakinkan pengguna akan performa Ahnlab.

Bahkan aplikasi Ahnlab juga dapat digunakan pada Android yang tua sekalipun. Di dalam aplikasi telah dilengkapi built-in booster yang dapat mempercepat kerja ponsel tua.

Nah, ulasan di atas adalah rekomendasi 12 antivirus terbaik untuk Android di tahun 2020 menurut AV-Test. Sebab AV-Test sering digunakan sebagai indikator baik dan buruknya sistem keamanan IT. Jika masih ada antivirus Android yang top lainnya selain dari rekomendasi di atas, silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *