Siapa Anonymous

Apakah Anonymous termasuk Penjahat?

Siapa yang tidak kenal dengan Anonymous? Anonymous merupakan sosok hacker tak bernama yang digolongkan sebagai sosok yang paling berpengaruh di dunia. Dikatakan berpengaruh karena sosok ini dinilai berbahaya terlebih bagi situs – situs yang penting bagi organisasi atau negara. Nah, berikut ini adalah beberapa foto Anonymous dan keterangannya yang perlu kamu ketahui!

Penjelasan singkat Anonymous

Anonymous merupakan hacker yang selalu menggunakan topeng guy fawkes sebagai ciri khas mereka. Selama ini anonymous dikenal sebagai kelompok hacktivis yang anti iluminati,korupsi, homophobia maupun scientology.

Topeng Anonymous
Topeng Anonymous

Sejarah Anonymous

Awalnya, nama Anonymous diadaptasi oleh anonimitas user yang sering memposting sesuatu informasi di internet. Pada umumnya, pengguna yang berselancar di dunia maya lebih tidak menyebutkan identitasnya atau tanpa nama atau anonym.

Semua dimulai pada tahun 2004, saat administrator forum 4chan mengaktifkan protocol Forced-Anon yang menjadikan semua postingan di forum tersebut bernama Anonymous. Anggota anonymous bisa siapapun asal orang itu peduli pada kebenaran dan kepentingan umum.

Namun, tentu saja untuk bergabung menjadi kelompok anonymous tidaklah mudah. Mereka menggunakan jaringan acak dengan sel terputus sehingga sangat susah sekali terlacak. Mereka menggunakan email yang terus berganti setiap 2 – 3 menit.

Dalam setiap aksinya, Anonymous selalu meninggalkan jejak digital yang tidak berarti dan susah untuk dilacak. Oleh sebab itu, Anonymous merepresentasikan sebagai kelompok yang tidak bernama dan memiliki slogan yang terkenal yakni:  “We are Anonymous, We are Legion, We do not forgive, We do not forget, Expect us”.

Kelompok ini bekerja dengan melawan kasus yang berhubungan dengan penyimpangan hukum. Biasanya, mereka menyerang dengan membocorkan informasi atau data penting yang dirahasiakan dari public. Data yang bocor tersebut otomatis akan dibaca oleh public sehingga masyarakat tahu kebenarannya.

Target Serangan Anonymous

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Anonymous seringkali menyerang website –website penting di dunia seperti website pemerintahan yang menandakan protes terhadap suatu hal. Bahkan pada tahun 2012, majalah Time mencantumkan kelompok Anonymous sebagai sekelompok orang yang paling berpengaruh di dunia.

Ilustrasi Anonymous
Ilustrasi Anonymous

Satu serangan yang menggemparkan di tahun 2008, sekelompok Anonymous menyerang kelompok Scientology yang dianggap mengandung unsur pornografi pada anak – anak. Berturut – turut pada tahun 2009, Anonymous kembali melancarkan serangan pada IFPI yang merupakan organisasi bergerak di bidang industry rekaman dunia.

Tercatat juga di tahun 2017, Anonymous meretas layanan hosting terbesar bernama Freedom Hosting II yang ada di situs dark web (dark web). Pada Freedom Hosting II, mereka mengambil alih sekitar lebih dari 10 ribu website gelap dan memberikan pesan untuk pengunjung website “Hello, Freedom Hosting II, you have been hacked”.

Foto Anonymous
Foto Anonymous

Meskipun dipandang membahayakan, Anonymous ternyata sangat membenci segala bentuk tindak teroris. Kelompok dari anonymous juga beberapa kali melakukan operasi yang bertujuan untuk melawan terorisme di seluruh dunia.

Dalam operasi terbarunya, anonymous menjalankan operasi terhadap ISIS yang dinamakan #OPISIS dan #OPParis. Operasi tersebut mulai dilakukan setelah ISIS membunuh ratusan orang pasca terror di Paris. Hasil dalam operasi tersebut, Anonymous berhasil meretas sekitar 5000 akun Twitter orang yang menyatakan dukungannya terhadap ISIS.

Tidak hanya menunjukkan penyerangan pada ISIS dan melawan pemerintah, mereka seperti layaknya “robin-hood” di era digital yang melesatkan panahnya melalui internet. Kelompok ini melakukan misi hacking untuk memperjuangkan kebebasan informasi.

Sosok Anonymous
Sosok Anonymous

Selain itu, kelompok anonymous juga tidak segan membobol rekening bank para koruptor dan menggunakan dana yang mereka dapatkan untuk menyumbang demi kepentingan rakyat. Mereka pernah membobol rekening koruptor dengan jumlah yang fantastis yakni 1 juta dollar Amerika yang kemudian disumbangkan ke organisasi amal. Namun, aksi mereka ini tetap dianggap sebagai tindak kriminal.

Memang, hacktivis yang dilakukan oleh para hacker anonymous merugikan banyak pihak karena dikategorikan merusak hingga mencuri. Namun, mereka semata – mata melakukannya untuk menegakkan keadilan pada rakyat yang dilakukan oleh pemerintah, kelompok atau korporasi mapan yang menindas mereka.

Pembaca, bagaimana pendapatmu tentang Anonymous? Apakah kaum ini pantas disebut penjahat atau sebagai pahlawan? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar dibawah ini. Dan mari berdiskusi bersama ya.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *