Apa Itu Mutualan Di Media Sosial? Ternyata Ini Artinya

Apa Itu Mutualan Di Media Sosial? Ternyata Ini Artinya 1
Arti Mutualan

Kalian ngerasa gak sih kalau semakin kesini itu makin banyak kata atau kalimat baru yang bermunculan. Salah satu contohnya yang akan kita bahas kali ini yaitu Mutualan.

Dulu mana ada trend kata mutualan dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti ini, tetapi belakangan kalimat tersebut sering digunakan oleh pengguna media sosial khususnya para kaum kaula muda untuk mengartikan sesuatu hal.

Namun apa sih sebenarnya arti mutualan itu? banyak loh yang pada kenyataannya masih belum tahu tentang penggunaan kalimat tersebut. Baik dari pengertian artinya, konteks penggunaan untuk apa, dan feedback ketika menyampaikan mutualan itu bakal seperti apa.

Bagi pengguna akun sosial media yang belum tahu soal arti mutualan, disini kita akan berikan penjelasan lebih lengkap agar kamu lebih mudah memahami flow perkembangan media sosial di zaman sekarang ini.

Awal Mula Kata Mutualan

Mungkin selain banyak yang penasaran tentang arti mutualan, mereka juga ingin tahu siapa sih pelopor atau awal mula penggunaan kalimat ini dimulai.

Setelah kita riset lebih lanjut, mutual itu sebenarnya diambil dari kata bahasa Inggris, dimana kata tersebut memiliki arti bersama, timbal balik, saling dan balas-balasan.

Undang teman dan dapatkan uang dengan mudah. Mau? Silahkan ikuti cara undang teman di Snack Video.

Karena konotasinya dipakai untuk kebutuhan interaksi dalam bidang sosial media, pada akhirnya kata dasar mutual tersebut telah bertransformasi menjadi mutualan. Imbuhan kata –an diakhir kata itu menunjukkan seperti sebuah kegiatan atau bisa dibilang kata kerja.Trend Mutualan Di Twitter

Dan kalimat ini pertama kali dipopulerkan di sosial media Twitter. Pada saat itu netizen banyak banget yang pakai kata mutulan di sela-sela postingan cuitannya.

Karena pengguna Twitter itu sangat mungkin memiliki akun sosmed yang lainnya, pada kesimpulannya mereka pun memakai kata berikut di semua platform sosmed.

Disinilah kata mutualan mulai umum ada di Instagram, LINE, Facebook, Telegram, WhatsApp dan masih banyak lainnya.

Lalu apa arti mutualan di media sosial itu?

Arti Mutualan

Lantas apa sih arti mutualan yang sering kita dengar atau lihat di dalam sosmed? Defineathly gak jauh berbeda dengan penjelasan kita diatas, mereka memposisikan arti mutualan ini sebagai bentuk saling memfollow akun masing-masing.

Biar jelas gambarannya adalah “Ayo kita mutualan” menjadi “Ayo kita saling follow akun sosmed”, namun kalau admin lihat mutualan ini bukan sekedar kegiatan saling follow dan follback biasa, karena akan ada privilege saat seorang di follow back berharap siapa tahu bisa jadi teman dekat di dunia maya.

Keterangan tambahan tersebut kalau kita gabung bisa menjelaskan kegiatan saling memfollow akun sosmed siapa tahu bisa jadi teman (dekat) dunia maya. Kurang lebih pengertiannya seperti itu.

Undang teman dan dapatkan uang dengan mudah. Mau? Silahkan ikuti cara undang teman di Snack Video.

Arti Mutualan Negatif?

Terus apakah mutualan itu dapat dikatakan sebagai kalimat negatif? Jawabannya tergantung. Sebenarnya setiap kata itu memiliki fungsinya masing-masing, unsur positif atau negatif di dalam sebuah kata itu tergantung si pengucap memakainya untuk konteks seperti apa, maksud dan tujuannya serta kepada siapa kata itu digunakan.

Kata akan baik jika penyampaiannya baik dan tepat, namun sebaliknya jika kata dimaksudkan untuk kebutuhan yang jelek maka fungsi kata berubah menjadi negatif.Mutualan Di Facebook

Jadi apakah arti mutualan itu negatif? Jawabannya tidak, jika kita pahami arti yang semestinya, namun kalau tujuan penggunaannya sudah menyimpang, kamu sah mengatakan kata ini negatif.

Pesan admin jangan sampai salah arti dan salah menggunakan pesan mutualan di sosial media. Kalimat ini dapat dibilang kalimat awam yang baru-baru ini trend di kalangan anak gaul khususnya warganet atau netizen.

Mau tarik uang dari TikTok? Ikuti panduan tentang langkah-langkah menarik uang dari TikTok.

Mutualan KBBIKBBI Belum Terdaftar

Semenjak artikel ini dirilis, belum ada ulasan tentang kata mutualan di kamu resmi KBBI, artinya mutualan bukan termasuk kedalam kalimat yang diakui dan sah sebagai dasar kamus bahasa Indonesia baik dan benar.

Mungkin suatu saat bisa saja kata mutualan masuk, tetapi tidak serta merta semudah yang dipikirkan. Ada beberapa tahapan yang perlu untuk dilalui, seperti tingkat editor, redaktur hingga validator. Nantinya tim akan mempertimbangkan secara matang kata tersebut layak masuk ke dalam kamus KBBI.

Dan salah satu syaratnya yaitu kata tidak berkonotasi negatif, dan kerap dipakai.

Akhir Kata

Jadi kurang lebih itulah ulasan kita mengenai arti mutualan yang sering didengar atau dipakai oleh netizen di dunia maya. Sekarang paling tidak pembaca Kompiwin disini sudah mengerti betul apa itu mutualan serta tidak diharapkan ada salah makna lagi. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *