Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 07 Maret 2019

Share:

7 Perbedaan iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max

perbedaan dan kelebihan iphone x, iphone xs, iphone xs max, iphone xr

iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max adalah keluarga iPhone yang sama. 4 smartphone buatan Apple tersebut diluncurkan baru pada 2017 kemarin dan akhir 2018. Tapi apa perbedaan antara iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max?

Kehadiran 4 smartphone tersebut membuat konsumen jadi bingung: mana yang lebih baik di antara iPhone-iPhone tersebut? Mending iPhone X, atau sekalian iPhone XS? Lalu apa kelebihan iPhone XR? Apa itu iPhone XS Max?

Artikel ini akan menjawab kebingungan tersebut.

#1 Perbedaan dan Kelebihan Kinerja iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

Coba kita pisahkan dulu iPhone X dengan ketiga iPhone lainnya karena diluncurkan di tahun yang berbeda.

iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR tak memiliki perbedaan yang begitu jauh pada performa. Ketiga modal tersebut menggunakan prosesor A12 Bionic yang sama, memiliki pilihan kapasitas internal yang sama (64GB, 256GB, atau 512GB). Perbedaan terdapat pada iPhone XR yang tak memiliki pilihan kapasitas internal 512GB; hanya 64GB, 128GB, dan 256GB.

Lanjut ke bagian RAM. iPhone XS dan iPhone XS Max memiliki RAM 4GB sedangkan iPhone XR memiliki RAM 3GB. Namun perbedaan ini tak begitu perlu dipikirkan karena ketika kamu memegang semua iPhone, perbedaan kinerja multi-tasking tak begitu terasa.

iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR masing-masing menggunakan prosesor A12 Bionic yang sama, namun iPhone XR kalah dengan kapasitas RAM yang lebih sedikit dan pilihan memori internal yang lebih terbatas.

Prosesor A12 Bionic sendiri diklaim memiliki performa lebih cepat 15% ketimbang iPhone X yang hanya menggunakan prosesor A11 Bionic.

Jadi, secara teknis, iPhone X kalah dan apabila kamu terlalu memikirkan iPhone mana kinerja yang lebih baik dan cepat, maka iPhone XS/iPhone XS Max/iPhone XR pilihannya.

Namun bagi pengguna yang hanya sekadar meng-upgrade iPhone, prosesor A11 Bionic pun tak masalah. Masih lebih cepat ketimbang iPhone-iPhone sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan baterai?

#2 Perbedaan dan Kelebihan Baterai iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

body iphone x, iphone xs, iphone xs max, iphone xr

Secara teknis, baterai iPhone XS dapat bertahan hingga 20jam, baterai iPhone XS Max selama 25jam, dan iPhone XR selama di antara 20-25jam. Namun itu hanya secara teknis, dan pastinya, tergantung bagaimana kamu menggunakan iPhone-mu.

Sementara iPhone X, baterainya bertahan sedikit lebih lama dari iPhone XS namun masih tak sekuat iPhone XS Max dan iPhone XR.

Semuanya memiliki kemampuan charging secara wireless dengan Qi, dan tentu saja fast charging. Baterai akan terisi 50% selama setengah jam saja.

Dalam hal baterai, semua iPhone terbaru ini bekerja kurang lebih sama saja. Namun secara teknis, iPhone XS Max akan bertahan paling lama.

#3 Perbedaan Desain dan Body iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

display iphone x, iphone xs, iphone xs max, iphone xr

Nah, kalau dari desain dan body, maka semua iPhone terbaru ini dapat kelihatan jelas perbedaannya.

iPhone X memiliki ukuran layar 5,8inci – sama seperti iPhone XS. Model iPhone inilah yang pas digenggam di tangan, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar.

Sementara itu, iPhone XR memiliki ukuran layar lebih besar, yakni 6,1inci. iPhone XS Max jelas lebih besar lagi, yakni 6,5inci.

Dengan ukuran layar paling besar, iPhone XS Max sangat nyaman digunakan untuk bermain games dan menonton film. Tapi sayangnya tak akan nyaman digenggam bagi pemilik tangan yang kecil, sebab iPhone XS Max juga berat lho yakni 208gram.

iPhone XS dan iPhone XS Max memiliki persamaan: keduanya ber-body kaca, tahan-air dengan standar IP68, memiliki poni/notch, dan kamera dua lensa yang ditanam secara vertikal di belakangnya. Perbedaan keduanya terlihat pada ukurannya saja.

Bagi konsumen yang menganggap iPhone XS terlalu kecil sementara iPhone XS Max terlalu besar, maka pilihan yang tepat adalah iPhone XR. Beda iPhone XR dengan yang lain adalah bezel yang lebih tebal sedikit, dan dilapisi body kaca berwarna di belakangnya.

Semua iPhone (iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR) sama-sama memiliki notch, dan yang pasti tak memiliki fingerprint sensor. Sehingga kamu tak meng-unlock salah satu iPhone ini dengan TouchID, melainkan FaceID.

Dan buruknya, semua iPhone terbaru tersebut tak memiliki headphone jack. Apple tampak memaksa konsumennya menggunakan AirPods, untuk mendengarkan musik tanpa kabel alias secara wireless.

#4 Perbedaan Display iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

ukuran iphone x, iphone xs, iphone xs max, iphone xr

iPhone X datang dengan resolusi layar yang paling kecil dibandingkan iPhone-iPhone setelahnya, yakni hanya 1125x2436 dengan rasio 19.5:9 dengan Super AMOLED. Hampir sama seperti iPhone XS, namun tetap iPhone XS yang lebih baik.

iPhone XS sendiri memiliki resolusi layar 2436x1125 dengan Super Retina HD OLED panel. iPhone XS Max memiliki ukuran layar lebih besar (6,5inci) dengan panel yang sama namun resolusi lebih besar, yakni 2688x1242.

Sementara itu, iPhone XR yang pas di tangan namun agak lebih besar (6,1inci) memiliki panel yang disebut Apple sebagai Liquid HD Retina display. Sayangnya, iPhone XR hanya memiliki resolusi 1792x828 yang bisa dibilang lebih kecil. Warna pun tak sebagus iPhone lain karena iPhone XR hanya menggunakan LCD, bukan OLED. Lebih buruk lagi, iPhone XR tak memiliki fitur 3D touch, sehingga tak begitu enak seenak iPhone XS dan iPhone XS Max atau bahkan iPhone X.

#5 Perbedaan dan Kelebihan Kamera iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

kamera iphone x, iphone xs, iphone xs max, iphone xr

iPhone XS dan XS Max memiliki kesamaan dalam kameranya, yakni dua lensa dengan 12megapixel f/1.8 aperture wide-angle, dan f/2.4 aperture telephoto lenses, yang intinya adalah kamera dari kedua iPhone ini mampu men-zoom secara optik 2x dan mode potrait dengan efek bokeh yang lebih baik.

Dengan kamera tersebut, video dapat direkam dalam kualitas 4K hingga 60fps. Kamera depannya 7megapixel dengan 4/2.2 aperture TrueDepth (yang bagus untuk selfie) + mode potrait dan mendukung Animoji dan Memoji. Sudah mendukung FaceID.

iPhone XR kalah dalam hal kamera. Ia memiliki komponen kamera yang sama dengan versi XS namun tanpa optical zoom. Meski begitu, ia memiliki mode potrait dengan bantuan software tambahan dan optical image stabilization serta fitur Smart HDR. Tanpa dual lens.

#6 Perbedaan dan Persamaan Lainnya yang Menonjol

Semua iPhone terbaru tersebut mendukung iOS 12 kecuali iPhone X dengan iOS 11 (dapat di-upgrade ke iOS 12), bahkan termasuk iPhone 6 dan SE. Meski sama-sama mendukung upgrade, kinerja tentu saja dapat berbeda karena masing-masing iPhone memiliki prosesor, RAM, ukuran layar, dan spesifikasi lainnya yang berbeda-beda.

Sebagai pengingat, iPhone XR tak memiliki 3D Touch. Ia justru menggunakan bantuan software yang disebut Haptic Touch.

iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR menggunakan TrueDepth camera, mendukung Animoji.

#7 Perbedaan Harga iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

Karena spesifikasi berbeda, maka tentu saja harga pun berbeda. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh wilayah dan pasar yang memengaruhi harga untuk jadi naik maupun turun.

Harga iPhone X:

64 GB:  Rp 13.750.000

256 GB: Rp 15.700.000

Harga iPhone XR:

64 GB:  Rp 15.099.000

128 GB: Rp 16.499.000

256 GB: Rp 18.199.000

Harga iPhone XS:

64 GB: Rp 20.399.000

256 GB: Rp 23.399.000

512 GB: Rp 27.399.000

Harga iPhone XS Max:

64 GB: Rp 22.399.000

256 GB: Rp 25.399.000

512 GB: Rp 29.399.000


Itulah perbedaan, kelebihan, dan kekurangan iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Kesimpulan terbaik, menurut saya pribadi adalah iPhone XS – karena berada di tengah-tengah di antara yang lain, sementara iPhone XR terlalu nanggung.

*gambar dan lainnya: digitaltrends.com, 9to5mac.com, wired.com, theverge.com, mashable.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Any comment that's containing live link will be deleted. So, be wise and have a nice discussion!