Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 14 Februari 2019

Share:

Cara Mempercepat Download File di BitTorrent (AMPUH)

mempercepat torrent

Men-download file melalui BitTorrent bukanlah hal yang baru. Cara kerjanya dengan berbagi dari satu PC/laptop ke PC/laptop lainnya. Karena tendensi pelanggaran hak cipta, sejumlah ISP memblokir akses ke server torrent, yang membuat proses download menjadi lambat. Inilah cara mempercepatnya.

Sebagian orang menggunakan BitTorrent sebagai sarana download ilegal seperti film dengan kualitas 1080p secara gratis. Tak heran banyak ISP yang memblokir torrent, dan pemblokiran ini sangat memperlambat kecepatan download/upload melalui torrent di sebagian perangkat.

Lalu bagaimana cara mempercepat proses download atau upload torrent?

Artikel ini tak menganjurkan untuk men-download sesuatu yang ilegal hingga melanggar hak cipta melalui BitTorrent, melainkan bertujuan untuk mengatasi masalah atau mempermudah pengguna yang ingin berbagi file melalui BitTorrent. Gunakan sebijak mungkin dan jangan salahgunakan.

#1 Cara Mempercepat Kecepatan Download Files dengan VPN

percepat torrent dengan vpn

VPN mungkin dapat membuka website yang diblokir. Namun sebenarnya, VPN bukanlah alat yang ilegal atau melanggar hukum – asal kamu memakainya dengan sangat bijak. Mempercepat download file torrent bisa jadi salah satunya, tapi ingatlah: gunakan sebijak mungkin.

VPN untuk desktop terbaik adalah Betternet. VPN ini memiliki tampilan yang ringan dan enak dilihat, dan tak menampilkan iklan. Gratis. Kamu dapat melakukan aktivitas torrent baik download maupun seeding dengan koneksi yang sangat cepat seolah kamu melakukannya di negara lain.

VPN yang paling stabil menurut saya adalah Betternet. Betternet adalah aplikasi VPN yang simpel, ringan, dan cepat – tak menampilkan iklan. Tak ada fitur premium yang harus dibayar – 100% gratis. Kamu dapat men-download file dengan torrent lebih cepat dengan aplikasi VPN ini.

Download Betternet

Ingatlah satu hal: kecepatan download melalui BitTorrent – meski sudah memakai VPN – masih bergantung pada kecepatan internet yang kamu gunakan. Jika internet memang sangat lambat, begitu pula koneksi VPN akan ikut lambat.

Jika internet memang lambat, kamu mungkin bisa menggunakan cara atau trik selanjutnya:

#2 Men-Download Satu File Saja agar Kecepatan Download Makin Kencang

BitTorrent pada awalnya akan men-download banyak file dalam waktu yang bersamaan – yang pada akhirnya membuat proses download semakin lambat – sementara kamu ingin kecepatan yang lebih cepat.

Untuk mempercepat download, buka BitTorrent dan masuk ke Options > Preferences.

download torrent

Pada Queueing, ganti Maximum number of active downloads jadi 1.

bittorent

Tentu saja, ini akan mempercepat BitTorrent dalam proses men-download file dengan cara melakukannya satu per satu.

#3 Pastikan Dulu UPnP Port Mapping Sudah Aktif

Fitur BitTorrent sangatlah lengkap – apabila kamu bisa menggunakannya. Fitur UPnP Port Mapping akan menguatkan jaringan PC/laptop penerima file (yang men-download) dengan PC/laptop pengirim file (yang men-seed dan upload) – ini akan mempercepat proses download.

Masih di Preferences. Lalu masuk ke tab Connection.

bittorrent mempercepat download

Pastikan Enable UPnP port mapping diaktifkan dan tekan OK.

#4 Membatasi Upload demi Mempercepat Proses Download File

BitTorrent sebenarnya bukanlah tempat untuk men-download file, melainkan berbagi file. Tentu saja, ketika pengguna men-download suatu file maka di saat yang sama mereka meng-upload file tersebut menuju pengguna lain yang juga ingin men-download file yang sama.

Tapi, apabila koneksi internet yang kamu pakai jelas lambat, membatasi kecepatan upload mungkin saja dapat mempercepat kecepatan download.

Masih di BitTorrent. Masih di Preferences. Masuk ke tab Bandwidth.

Ubah Maximum upload rate jadi 1.

#5 Meningkatkan Kecepatan Koneksi di Aplikasi BitTorrent

Salah satu cara ini juga terbilang ampuh untuk meningkatkan kecepatan download jadi semakin cepat.

Buka Preferences. Masuk ke tab Advanced.

Cari bt.connect_speed. Masukan value jadi 80.


Begitulah cara mempercepat download torrent di BitTorrent dengan trik tertentu. Apabila kamu memiliki tambahan, kamu bisa melakukannya di kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Any comment that's containing live link will be deleted. So, be wise and have a nice discussion!