Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 07 Desember 2018

Share:

7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget, Komputer & Smartphone (Android/iOS iPhone) bagi Pekerjaan yang Libatkan Gadget

mengatasi kecanduan

Sedikit pusing memikirkan solusi dari kecanduan gadget (komputer, smartphone), sementara kamu bekerja 8 jam sehari yang mengharuskan kamu menggunakan komputer atau smartphone?

Jika kamu hendak mencari video-video motivasi di YouTube, maka banyak channel yang menyajikan berbagai cara untuk mengurangi kecanduan komputer dan HP dan internet, khususnya media sosial, seperti Instagram atau Facebook.

Tapi video motivasi saja tidaklah cukup. Apalagi jika kamu memang bekerja di industri teknologi, misalnya programmer. Atau seorang blogger tekno. Atau seorang penulis, jurnalis digital. Atau seorang internet marketer. Atau seorang youtuber. Atau atau atau lainnya.

Terlepas dari akar utama kecanduan yang kamu alami, entah itu kecanduan media sosial, browsing yang tidak jelas, berdebat soal politik (pilpres) dan agama di grup Facebook, membaca cerita Wattpad yang tak berguna, menonton video Atta Halilintar yang upload setiap hari, menonton anime dari Kucingpoi, atau bahkan membaca komik dan meme garing di 1cak – kamu dapat mengatasi kecanduan apa pun dengan mudah, meski kamu bekerja menggunakan gadget selama 24/7.

*Artikel ini akan mengulas berbagai cara mengatasi atau setidaknya mengurangi kecanduan gadget (komputer/smartphone) dengan berbagai sistem operasi (Windows PC, Android, iOS) yang sehari-hari kamu gunakan.

Loncat ke:

  1. Mengatasi Kecanduan iPhone/iPad (iOS 12) dengan Screen Time (tanpa Parental Control)
  2. Screen Time di iPhone/iPad dengan Parental Control
  3. Aplikasi iPhone/iPad yang Berguna selain Screen Time untuk Mengatasi Kecanduan
  4. Mengatasi Kecanduan Smartphone Android
  5. Ingin Lebih Ekstrem? Gunakan Flipd (Android/iPhone)
  6. Dengan Windows 10 PC
  7. Dengan Mac

#1 Mengatasi Kecanduan iPhone/iPad (iOS 12) dengan Screen Time (tanpa Parental Control)

Untuk mengurangi kebiasaan browsing yang tidak jelas, atau membuka Facebook terlalu lama di iPhone/iPad, kamu disarankan untuk menggunakan iOS 12.

Kenapa?

iOS 12 memiliki satu fitur yang bernama Screen Time. Fitur ini berguna untuk melacak penggunaan aplikasi dan berapa lama kamu menggunakannya di iPhone.

Meski ada sejumlah aplikasi di App Store dengan fungsi yang sama, Screen Time mungkin lebih baik bagi pengguna yang ingin gratis, tanpa iklan, dan pastinya, fitur-fitur yang cukup bagus. Dan memang, Screen Time sudah cukup bagi saya.

Screen Time bukan hanya melacak lama waktu aplikasi-aplikasi iPhone digunakan, melainkan pula memblokir aplikasi agar tidak digunakan melebihi waktu yang kamu tentukan. Artinya, jika kamu berniat mengurangi kecanduan Facebook, kamu bisa menentukan waktu maksimal menggunakannya, misalnya hanya 15 menit.

Jika Facebook terbuka selama lebih dari 15 menit, kamu tak dapat lagi menggunakan Facebook – baik di Safari maupun aplikasi Facebook. Lalu Screen Time akan menampilkan pesan Time Limit: You’ve reached your limit on facebook.com.

mengurangi kecanduan

Fitur ini sangatlah berguna bagi sebagian pengguna. Kamu bukan hanya dapat memblokir atau membatasi penggunaan aplikasi, melainkan website. Misalnya 1cak.com. Jika melebihi waktu tertentu, pesan yang serupa akan muncul.

kecanduan internet

Atur pula pada aplikasi YouTube, batasi waktunya. Atau pada Instagram.

Lalu, bagaimana jika ada keadaan darurat di mana kamu harus membuka aplikasi/website tersebut, sementara limit sudah tercapai? Kamu bisa menekan Ignore limit untuk tetap dapat menggunakan aplikasi/website tersebut.

Untuk menggunakan Screen Time dan mulai membatasi waktu penggunaan sebuah aplikasi, kamu bisa masuk ke Settings > Screen Time.

kecanduan media sosial

Masuk ke App Limits untuk membatasi. Add limit dan pilih aplikasi yang hendak kamu batasi penggunaannya. Screen Time biasanya mengkategorikan aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam menambahkan limit.

kecanduan iphone

Pada bagian atas nama iPhone, tekan untuk melihat seberapa lama kamu menggunakan iPhone dan berbagai aplikasi/website di dalamnya. Seberapa kali kamu membuka iPhone hingga statistik jumlah notifikasi yang muncul.

kecanduan android

Screen Time di iPhone sangatlah berguna untuk pengguna yang hendak mengatasi kecanduan smartphone, apalagi kecanduan melihat-lihat foto-foto selebgram di Instagram, hingga kecanduan berdebat soal cebong dan kampret di grup Facebook.

#2 Screen Time di iPhone/iPad dengan Parental Control

Screen Time di poin sebelumnya hanya berlaku jika kamu adalah orang tua, atau orang yang lebih ingin belajar mengendalikan dirinya sendiri ketika menggunakan iPhone.

Namun sebagai orang tua, jika kamu ingin anak tidak kecanduan iPhone/iPad, kamu bisa menggunakan Screen Time untuk memblokir atau membatasi aplikasi/website tanpa dapat di-bypass.

main games

Sehingga, ketika anak ingin meng-ignore limit untuk membuka aplikasi/website tertentu lagi, ia harus mendapat izin dari akun iCloud milik orang tua pada iPhone/iPad lain.

mengatasi

Hal ini sangatlah bagus apabila kamu ingin memberinya akses smartphone (iPhone/iPad) atau komputer (Mac) namun tetap ingin menjaga anak-anak dari konten negatif seperti pornografi atau seks eksplisit atau kecanduan yang berlebihan.

#3 Aplikasi iPhone/iPad yang Berguna selain Screen Time untuk Mengatasi Kecanduan

iphone

Screen Time hanyalah salah satu dari sekian aplikasi produktivitas di App Store untuk mengurangi kecanduan smartphone dengan melacak penggunaannya.

Aplikasi tersebut adalah: Space, ZenScreen, ScreenLimit, Screen Time, RealizD, Moment, Freedom, BreakFree.

Sebagian aplikasi adalah gratis, sebagian lainnya menampilkan iklan, dan sebagian lainnya lagi menyajikan in-app purchases – atau bahkan subcription.

#4 Mengatasi Kecanduan Smartphone Android

android

Ok. Karena aplikasi semacam screen limit di App Store yang serupa juga tersedia di Android, saya akan membahas aplikasi-aplikasi produktif yang sedikit berbeda saja, dengan tujuan yang sama: mengatasi kecanduan smartphone atau media sosial.

App Block adalah aplikasi untuk memblokir aplikasi yang diinginkan dalam waktu tertentu yang dibutuhkan di Android. Misalnya, kamu memblokir Facebook, Instagram, Twitter di jam kerja yang kamu tentukan. Sehingga produktivitas dalam aplikasi penting di smartphone tak lagi terganggu.

Aplikasi ini sangat berguna bukan hanya untuk mengatasi kecanduan media sosial atau aplikasi tertentu, melainkan pula meningkatkan fokus bekerja tanpa distraksi meski kamu menggunakan smartphone Android untuk hal-hal produktif. Misalnya, membuat postingan blog.

Sebagian aplikasi screen limit memiliki fungsi yang serupa dengan App Block, misalnya Screen Limit bawaan di iPhone. Namun aplikasi ini hanya khusus untuk memblokir aplikasi-aplikasi dalam waktu tertentu. Sangat berguna bagi pengguna yang ingin simpel-simpel saja untuk meningkatkan fokus dan produktivitasnya di Android – tanpa ada keinginan untuk melacak penggunaan smartphone.

Ada sejumlah aplikasi yang serupa dengan App Block di Android untuk mengurangi kecanduan smartphone. Seperti AppDetox dan Stay On Task

App blocker dan screen limit mungkin sangat berguna. Tapi tidaklah begitu berguna bagi pengguna yang suka “mencurangi” aplikasi semacam ini dengan meng-ignore limit sehingga aplikasi yang bikin kecanduan seperti media sosial pun dapat diakses.

#5 Ingin Lebih Ekstrem? Gunakan Flipd

Flipd adalah aplikasi app blocker, namun bekerja sedikit lebih ekstrem. Aplikasi ini bukan hanya sekadar memblokir aplikasi tak penting untuk meningkatkan fokus penggunanya, melainkan pula memblokir notifikasi tanpa dapat dicurangi!

Aplikasi ini akan mengunci smartphone dalam waktu yang kamu tentukan. Semua aplikasi kecuali aplikasi bawaan tak dapat diakses beserta notifikasinya, dan hanya dapat dikembalikan ketika waktu yang ditentukan telah habis.

Kamu tak dapat mencurangi aplikasi ini. Meski iPhone/Android di-restart, Flipd akan terus memblokir hingga waktu yang ditentukan habis. Ini akan sangat menambah fokus dan produktif dengan mengurangi kecanduan atau kebiasaan membuka media sosial dan aplikasi tak penting lainnya di iPhone/Android.

Download Flipd untuk iPhone

Download Flipd untuk Android

Sign up dengan akun Google/Facebook.

mengurangi kecanduan aplikasi

Masuk ke Settings. Pilih Keep my apps in order.

flipd

Pilih Install. Lalu pilih Done, meski pesan Unable muncul.

produktif

Setelah itu kamu akan melihat sebuah aplikasi baru di Home screen. Biarkan saja, lalu restart smartphone (dalam contoh ini iPhone).

Buka aplikasi Flipd. Lalu pilih Full Lock Mode. Pilih berapa lama waktu yang diinginkan untuk memblokir semua aplikasi dan notifikasi. Jika sudah, pilih Begin Session.

iphone

Pilih Let’s Go.

Pilih Ok, lalu Not now.

Kemudian Calendar akan menampilkan Full Lock Session yang menandakan bahwa Flipd sedang menjalankan operasinya.

Maka, smartphone pun kini tak bisa lagi digunakan seperti biasanya. Kamu hanya bisa menggunakan aplikasi bawaan dan mulai melanjutkan aktivitas produktif tanpa kecanduan. Setelah waktu yang ditentukan habis, kamu barulah bisa menggunakan aplikasi media sosial dan lainnya.

#6 Di Windows, Kamu Bisa Mengatasi Kecanduan dengan FocusMe

FocusMe adalah aplikasi desktop Windows yang bekerja dengan cara yang serupa seperti Flipd. Namun sayangnya dapat dicurangi, ya, dapat kita ignore sesuai keinginan.

Meski begitu, proses ignore atau bypass tak begitu sederhana.

Ketika FocusMe mengetahui bahwa kamu membuka facebook.com, ia akan secara otomatis menutup tab di browser di mana situs Facebook terbuka. Ini sangatlah bagus bagi blogger/youtuber yang ingin fokus menulis/mengedit atau bekerja tanpa distraksi media sosial.

Untuk meng-ignore atau menghentikan proses blokir, kamu harus mengetik karakter acak yang jumlahnya dapat kamu tentukan sendiri. Meski dapat di-ignore, aplikasi ini tak memberikan cara sederhana untuk mengizinkanmu menghentikan proses blokir.

windows kecanduan

Download FocusMe

#7 Cara Mengurangi Kecanduan dan Menambah Fokus di Mac dengan SelfControl

SelfControl adalah aplikasi Mac yang bekerja seperti Flipd. Proses blokir website atau aplikasi dengan SelfControl tak dapat di-ignore, meski kamu me-restart Mac atau uninstall SelfControl. Ini sangat berguna bagi pengguna Macbook yang tak mau terdistraksi dengan website tak penting ketika bekerja.

Download SelfControl untuk Mac

SelfControl juga bekerja dengan waktu. Kamu dapat menentukan website mana dan berapa lama waktu yang diinginkan. Menggunakan SelfControl membutuhkan komitmen yang tinggi karena kamu tak bisa meng-ignore atau membatalkan proses blokir, apa pun yang terjadi.


Itulah cara mengurangi atau bahkan mengatasi kecanduan internet, media sosial, games, gadget (Android/iPhone/iPad/Mac/PC) hingga pornografi. Artikel ini hanya membahas cara praktis dari gadget itu sendiri, yang tentu saja masih membutuhkan bantuanmu sebagai pengguna gadget atau internet itu sendiri untuk dapat meningkatkan produktivitas, fokus, dan mengurangi kecanduan secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Any comment that's containing live link will be deleted. So, be wise and have a nice discussion!