Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 23 November 2018

Share:

5 Ciri-Ciri Baterai iPhone yang Mulai/Sudah Rusak, dan Harus Segera Diganti Baru

iphone 6

Sama seperti smartphone pada umumnya, ada bagian tertentu pada smartphone yang mudah rusak. Salah satunya adalah baterai iPhone. Apabila baterai iPhone kamu sudah berumur lebih dari 18 bulan, maka kamu perlu mengecek apakah baterai iPhone tersebut masih sehat atau mulai rusak.

Mengetahui apakah baterai iPhone yang kamu gunakan masih sehat atau sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan adalah suatu kewajiban, karena harga baterai iPhone baru yang mahal seringkali membuat pengguna iPhone kaget ketika ditimpa kesialan, misalnya gaji sudah habis.

Untuk itu, kita tahu (setidaknya) dapat memprediksi kapan kira-kira baterai rusak perlu diganti baru. Biaya pun dapat kita persiapkan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Biaya Ganti Baterai iPhone 2018

Tanda-Tanda Baterai iPhone Akan Rusak

#1 iPhone Tiba-Tiba Mati, Daya Masih Tinggi

iphone baterai rusak

Persentase baterai menunjukkan 40%, iPhone kamu tiba-tiba mati? Kemungkinan baterai iPhone-mu sudah rusak. Jika sudah mati mendadak seperti ini, maka aktivitas sehari-harimu akan terganggu.

#2 Baterai Lebih Mudah Cepat Habis

iphone baterai cepat habis

Baterai iPhone yang baru saja di-charge 100%, dapat langsung habis dalam satu/dua jam. Namun semua ini tergantung dari penggunaan iPhone, jenis charger yang digunakan, dan pengaturan hardware.

Tapi jika iPhone hanya bertahan satu/dua jam untuk browsing, media sosial, dan chatting, maka kamu harus mengecek kondisi baterai iPhone-mu. Gunakan charger asli/original agar pengecekan baterai iPhone lebih akurat, karena biasanya charger palsu/KW membuat iPhone lebih cepat habis baterai.

#3 Tegangan Listrik iPhone Berkurang

Tegangan listrik (voltase) baterai iPhone seharusnya sekitar 4V – menggunakan charger bawaan yang ori. Namun apabila angka jauh lebih rendah, kamu harus waspada. Cek charger apakah ori, kabel datanya, sumber listrik, dan sebagainya yang berhubungan dengan pengisian daya.

Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Battery Life untuk mengecek baterai iPhone.

#4 Persentase Baterai iPhone Bertambah-Kurang, Indikator Error

Baterai iPhone yang rusak membuat akurasi indikator baterai berkurang. Kadang indikator tersebut menampilkan 90%, namun tiba-tiba 76%, ketika di-charge ia seketika kembali 90%. Hal tersebut tampak semakin buruk apabila baterai tersisa 20%.

Untuk melihat persentase baterai, kamu bisa menyalakannya di Settings. Masuk ke Battery > Battery Percentage.

#5 Baterai iPhone Kembung/Gembung

iphone baterai kembung gembung melembung

Baterai iPhone dengan gejala gembung jelas menandakan kerusakan. Apalagi jika baterai gembung membesar hingga merusak LCD. Maka kamu harus memeriksa apakah baterai tersebut masih dapat diganti baru atau kamu harus membeli iPhone yang baru. Jika masih dapat diganti baru, kemungkinan kamu harus membayar biaya tambahan.


Itulah tanda-tanda bahwa baterai iPhone rusak, dan harus segera diganti. Apabila kamu mendapati tanda-tanda tersebut, sebaiknya buru-buru mengganti baterai dengan yang baru – atau membeli iPhone baru sekalian.

gambar: deccanchronicle.com, cultofmac, ZDNet, The Verge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Any comment that's containing live link will be deleted. So, be wise and have a nice discussion!