Cara Screenshot Halaman Web Full Page di Android pada Semua Browser

Mengambil screenshot biasa di Android sangatlah mudah. Tapi, bagaimana dengan mengambil screenshot halaman web secara penuh dari atas ke bawah di Android?

Update

Jika dibandingkan dengan sistem operasi smartphone lainnya, Android tetaplah menjadi yang paling banyak digunakan. Bukan hanya mudah digunakan, melainkan pula banyak aplikasi dan games yang disajikan di dalamnya.

Salah satunya adalah screenshot di Android.

Mengambil screenshot biasa di Android sangatlah mudah. Tapi, bagaimana dengan mengambil screenshot halaman web secara penuh dari atas ke bawah di Android?

Bagi seorang desainer web atau programmer web, mendapatkan screenshot dari website hasil karyanya secara keseluruhan adalah hal yang terpenting. Biasanya screenshot website tersebut akan digunakan sebagai demo atau preview dari desain yang masih dalam proses, atau akan langsung dijual.

Kamu bukan hanya bisa mengambil screenshot halaman web secara penuh di PC/laptop atau komputer, melainkan pula di smartphone Android.

Tapi, bagaimana caranya?

#1 Cara Screenshot Website Satu Halaman Penuh di Android dengan Web-capture.net

Ada satu situs web di internet yang mampu mengambil screenshot website secara full. Website tersebut adalah Web-capture.net. Pengambilan screenshot di Android secara penuh dan panjang dari atas ke bawah, juga bisa dilakukan dengan situs ini.

Buka situs web-capture.net di browser apa pun di Android. Buka di Chrome, Firefox, UC Browser, Opera, atau Opera Mini.

Baca Juga: Browser Terbaik Android

Lalu masukkan URL situs web yang hendak kamu ambil screenshot. Kamu juga bisa memilih format gambar hasil screenshot-nya. Tersedia format JPG, PDF, TIFF, BMP, PNG, Postscript, dan SVG.

aplikasi web capture untuk screenshot website secara full

Scroll layar sedikit ke bawah, dan pilih Capture web page untuk mengambil screenshot website secara keseluruhan dan panjang, dari atas ke bawah.

ambil screenshot secara penuh di android

Tunggu proses pengambilan screenshot selesai. Ketika selesai, download dengan mengklik tombol Download.

download screenshot secara penuh di android

Maka, screenshot website satu halaman secara penuh pun dalam proses download.

download screenshot

#2 Cara Ambil Screenshot Halaman Web secara Penuh di Android dengan Scroll Capture for Web

Scroll Capture for Web adalah aplikasi screenshot yang dapat kamu download dari Play Store di Android. Aplikasi ini mampu mengambil screenshot situs web secara penuh dan memanjang dari atas sampai ke bawah. Bagusnya, bukan tampilan desktop yang diambil screenshot, melainkan tampilan website versi Android.

Download Scroll Capture for Web di Google Play

Buka aplikasinya di Android.

Lalu kunjungi situs web yang hendak diambil screenshot-nya. Tekan Enter.

screenshot website panjang dari atas ke bawah di android

Tunggu loading website sampai selesai. Setelah selesai, pilih tombol bulat ungu di bawahnya, dan tunggu sebentar.

download screenshot website secara full di android

Maka, nantinya, screenshot website akan langsung tersimpan di Gallery.


Itulah cara mengambil screenshot website satu halaman penuh di Android. Pengambilan screenshot sangatlah penting terlebih jika kamu adalah seorang desainer atau programmer web.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar