Cara Memberi Password untuk File PDF

Keamanan dan privasi sangatlah penting. Termasuk untuk dokumen sobat yang berformat PDF, juga wajib diberi sebuah password. Sobat perlu (sangat perlu!) mengunci dokumen PDF tersebut

Update

encrypt pdf

Keamanan dan privasi sangatlah penting. Termasuk untuk dokumen sobat yang berformat PDF, juga wajib diberi sebuah password.

Sobat perlu (sangat perlu!) mengunci dokumen PDF tersebut agar tak ada sembarangan orang yang dapat membukanya. Kecuali diri sobat sendiri.

Format PDF merupakan format ebook yang paling populer. Dan mungkin salah satu ebook sobat yang paling penting, tak boleh dibaca oleh siapa pun.

Untuk itu, kuncilah dokumen PDF tersebut dengan sebuah password.

Tapi, bagaimana caranya?

Cara Memberi Password untuk Dokumen PDF

Mengunci dokumen PDF dengan password atau kata kunci dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun saya punya satu-satunya cara yang paling simpel dan sederhana, dan tanpa software pastinya!

Caranya adalah dengan menggunakan Smallpdf.com.

Situs ini bukan hanya mampu memberi password untuk dokumen PDF sobat, melainkan pula membuka kunci password PDF tersebut sehingga dapat dibuka kembali secara normal tanpa password.

Untuk mulai mengunci dokumen PDF, buka situsnya.

Klik Choose file untuk memilih dokumen atau file PDF mana yang hendak sobat beri password.

membuat password untuk pdf

Setelah ketemu, pilih Open.

password pdf

Kemudian beri password sesuai keinginan sobat untuk dokumen PDF tersebut. Ulangi lagi password-nya di kotak teks yang kedua.

mengunci pdf file

Jika sudah memberi password, klik Encrypt PDF.

encrypt pdf

Setelah itu, proses upload dan enkripsi pun dilakukan.

Ketika proses telah selesai, sobat dapat men-download dokumen PDF yang baru saja diberi password. Ketika sobat membuka dokumen itu, maka sobat perlu memasukkan password setiap kalinya.

Akhirnya, sobat berhasil membuat password untuk file PDF sobat.

Lalu, bagaimana membuka kuncinya, menghilangkan password PDF tersebut agar dapat dibuka secara normal, tanpa password?

Sobat melakukannya di halaman ini: https://smallpdf.com/unlock-pdf

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar