Cara Cepat Atur Notifikasi Facebook Mana yang Ingin Dilihat

Facebook sebagai media sosial terbesar membawa banyak perubahan dalam dunia komunikasi. Dengan fitur-fiturnya, kita bisa berinteraksi dengan orang yang jauh di sana – dengan fitur-fitur

Update

cara matikan pemberitahuan facebook

Facebook sebagai media sosial terbesar membawa banyak perubahan dalam dunia komunikasi. Dengan fitur-fiturnya, kita bisa berinteraksi dengan orang yang jauh di sana – dengan fitur-fitur Facebook yang interaktif.

Facebook memiliki fitur Notifikasi, yang memberi pemberitahuan tentang apa pun yang mengaitkan sobat sebagai pengguna. Seperti notifikasi komentar baru di suatu postingan, notifikasi foto yang men-tag akun sobat, atau notifikasi lainnya.

Beberapa jenis notifikasi Facebook dianggap tak berguna, bahkan mengganggu. Seperti notifikasi ulang tahun teman, notifikasi ketika teman memposting di grup yang sama, atau notifikasi undangan untuk menyukai halaman.

Jika sobat tak suka dengan notifikasi tersebut, sobat dapat mematikannya.

#1 Atur Notifikasi Facebook di Aplikasi Facebook

Terlepas dari smartphone dengan sistem operasi apa yang sobat gunakan, sobat tetap dapat mengatur sistem notifikasi Facebook. Namun di artikel ini, saya menggunakan aplikasi Facebook di Android dan Windows 10 Mobile.

Buka aplikasi Facebook (aplikasi official) di smartphone.

Sobat dapat mengatur langsung notifikasi di dalam panel Pemberitahuan.

Pilih notifikasi apa pun yang muncul di sana. Di Android, sobat perlu menekan tahan notifikasi tersebut, hingga muncul opsi-opsinya. Di iOS dan Windows 10 Mobile, sobat tinggal swipe ke kiri lalu pilih More.

notifikasi facebook

Opsi-opsi pun muncul. Setiap jenis notifikasi yang sobat pilih memiliki perbedaan pada opsi-opsinya. Misalnya, jika sobat menekan-tahan pada notifikasi ulang tahun, ia akan memunculkan opsi “Turn off notifications about friends’ birthdays”.

facebook

Opsi “Hide this notification” sendiri hanya berfungsi untuk menghilangkan notifikasi tersebut di dalam list Notifikasi – opsi ini tak akan mencegah notifikasi dengan jenis yang sama muncul lagi. Jadi, opsi ini kurang berguna.

Jika sobat mematikan notifikasi ulang tahun, notifikasi undangan untuk like suatu fanpage, atau notifikasi undangan game – dengan mengklik opsi “Turn off notifications..” – maka notifikasi-notifikasi tersebut akan diblok dan sobat tak akan lagi melihat jenis notifikasi yang sama.

notifikasi grup facebook

Termasuk pula dengan notifikasi grup, yang memberitahukan bahwa teman memposting sesuatu ke grup tersebut. Notifikasi semacam ini juga dapat dimatikan secara permanen.

Caranya, tekan-tahan pada notifikasi tersebut dan pilih “Only get notifications about friends’ posts from this group”. Kemudian muncul tulisan “Your notifications from [nama grup] have been changed from Highlights to Friends’ Posts”.

facebook pemberitahuan

Lalu tekan-tahan lagi pada notifikasi dari grup yang sama, dan pilih “Turn off notifications from this group”. Kemudian muncul tulisan “Your notifications from [grup yang sama] have been changed from Friends’ Posts to Off”.

pemberitahuan

Ketika “from Friends’ Posts to Off” muncul, itu artinya tak akan ada lagi notifikasi muncul ketika teman memposting sesuatu ke grup tersebut.

#2 Atur Notifikasi di dalam Settings Facebook

Selain melalui panel Pemberitahuan, sobat juga dapat mengatur notifikasi di dalam Settings Facebook.

Langsung kunjungi link berikut untuk langsung ke bagian Settings: https://www.facebook.com/settings?tab=notifications&section=on_facebook&view

Di sini terdapat banyak opsi untuk mengatur notifikasi. Lebih enak diatur ketimbang aplikasi smartphone-nya.

notifikasi facebook situs

Sobat dapat mengatur notifikasi grup, ulang tahun, tag foto, halaman, dan sebagainya.

atur pemberitahuan

Itulah cara mengatur notifikasi atau pemberitahuan Facebook.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar