Cara Hapus Kontak WhatsApp di Android/iPhone/Windows 10 Mobile

Kamu bisa menghapus kontak WhatsApp di Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile, dengan merek HP Samsung, ASUS, atau merek apa pun

Update

WhatsApp punya perbedaan yang mendasar dari aplikasi messenger lainnya. WhatsApp menggunakan buku telepon sebagai dasar dari seluruh kontak atau daftar teman untuk diajak chat, telepon, atau video call gratis.

Di WhatsApp, seluruh nomor telepon dalam buku telepon akan dideteksi dan di-scan apakah nomor tersebut punya akun WhatsApp. Ketika terdeteksi punya, maka nomor telepon tersebut akan secara otomatis ditambahkan ke dalam kontak WhatsApp kamu.

Begitu pula ketika menghapus kontak WhatsApp. Untuk menghapus kontak WhatsApp, maka nomor telepon dari buku telepon juga haruslah terhapus. Maka, kontak WhatsApp-nya akan secara otomatis hilang permanen.

Kamu bisa menghapus kontak WhatsApp di Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile, dengan merek HP Samsung, ASUS, atau merek apa pun. Di artikel ini, saya menggunakan contoh pada Android saja, tepatnya di Xiaomi. Untuk pengguna smartphone lain, mohon sesuaikan saja.

#1 Cara Hapus Kontak WhatsApp Langsung dari Buku Telepon

Buka buku telepon di Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile.

cara hapus kontak whatsapp

Lalu cari nama kontak/nomor yang akan dihapus. Tekan-tahan pada nama kontaknya, dan pilih Delete.

menghapus kontak whatsapp

Maka, ketika di buku telepon kontak nomor teleponnya sudah dihapus, maka kontak WhatsApp-nya akan terhapus dan hilang secara otomatis di WhatsApp kamu.

Cara ini yang paling gampang. Kamu juga bisa menghapus kontak WhatsApp dari WhatsApp secara langsung.

#2 Cara Hapus Nomor/Kontak WhatsApp Langsung dari WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile.

Lalu pilih tombol Search.

cara hapus nomor wa

Cari dan ketik nama kontak WhatsApp yang akan kamu hapus. Pilih, dan muncullah tampilan chat dengan kontak WhatsApp tersebut. Pilih menu overflow, dan pilih View Contact.

delete whatsapp

Kemudian muncullah tampilan kontak WhatsApp secara detail. Pilih menu overflow dan sentuh View in address book.

hapus nomor wa

WhatsApp lalu membawa kamu menuju halaman nomor telepon pada aplikasi buku telepon. Hapus kontak tersebut.

cara hapus kontak whatsapp

#3 Menghapus Kontak WhatsApp tanpa Menghapus Nomor di Buku Telepon, Bisakah?

Sayangnya, WhatsApp tak menyajikan fitur khusus ke dalam kontak/daftar teman untuk memungkinkan kita menghapus kontak tanpa perlu menghapus nomor telepon di buku telepon.

Tapi, kalau nomor telepon tersebut dirasa mengganggu, kamu bisa memblokir kontak WhatsApp dari nomor tersebut, tanpa perlu menghapus kontaknya sekalian.


Itulah cara menghapus kontak WhatsApp di Android, iPhone, atau Windows 10 Mobile. Apabila kamu merasa terganggu oleh seseorang di WhatsApp, kamu bisa memilih untuk memblokir nomornya saja.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar