Cara Disable Command Prompt untuk User Tertentu

Command Prompt adalah aplikasi simpel yang berguna untuk melakukan perintah-perintah dengan kode yang rumitnya minta ampun. Command Prompt sangatlah berguna, dan jika PC sobat bukanlah

Update

Command Prompt adalah aplikasi simpel yang berguna untuk melakukan perintah-perintah dengan kode yang rumitnya minta ampun. Command Prompt sangatlah berguna, dan jika PC sobat bukanlah PC satu-satunya, dan masih ada banyak pengguna lain, seperti di warnet, maka Command Prompt bisa saja disalahgunakan.

Sobat mungkin tak ingin ada pengguna atau user lain yang mengakses Command Prompt, dan melakukan suatu coding yang tak diinginkan. Untuk mencegah itu, sobat bisa mematikan atau disable Command Prompt untuk user-user tertentu, misalnya untuk semua user non-administrator.

Cara Disable Command Prompt untuk User-User Tertentu

Sebelumnya, sobat harus membuat file MSC yang berupa Local Group Policy Editor yang telah dimodifikasi agar perubahan di dalamnya hanya diterapkan untuk user-user tertentu saja, seperti untuk semua user non-administrator (standar), atau semua administrator, atau hanya untuk satu user saja.

Baca Dulu: Cara Terapkan Gpedit.msc Hanya untuk User Tertentu

Jika sudah membuat file MSC khusus untuk user tertentu tersebut, buka file MSC tersebut di Microsoft Management Console. Klik ganda untuk menampilkannya. Tampilannya akan seperti Local Group Policy Editor biasanya.

cara disable command prompt

Masuk ke User Configuration > Administrative Templates > System. Temukan dan klik ganda “Prevent access to the command prompt”.

menonaktifkan command prompt

Pilih Enabled untuk mematikan Command Prompt.

mematikan control panel dan settings untuk user tertentu

Di bawah juga terdapat opsi untuk mematikan proses skrip dari Command Prompt, misalnya file script atau batch. Sobat bisa menyalakannya, atau membiarkan ikut disabled.

Lalu pilih OK.

Kini sobat, atau user yang sobat targetkan, tak bisa lagi membuka Command Prompt.

Untuk mengaktifkan kembali Command Prompt, klik dari Enabled ke Not Configured.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar