Cara Disable atau Matikan Kotak Dialog “Run”

Windows punya satu menu yang berguna, yakni kotak dialog Run. Kotak dialog Run adalah kotak dialog yang muncul saat sobat menekan Logo Windows+R, yang berguna

Update

Windows punya satu menu yang berguna, yakni kotak dialog Run. Kotak dialog Run adalah kotak dialog yang muncul saat sobat menekan Logo Windows+R, yang berguna untuk membuka suatu file atau program dengan cara yang lebih cepat.

Sobat mungkin tak ingin ada user atau pengguna lain di PC sobat yang mengotak-atik PC dengan menggunakan kotak dialog Run. Atau sobat tak ingin user tersebut membuka program lain yang tak diinginkan. Maka, mematikan atau menonaktifkan atau disable kotak dialog Run adalah cara yang tepat.

Cara Disable/Matikan Kotak Dialog Run

Sebelumnya, pastikan sobat telah membuat file MSC yang tak lain adalah Local Group Policy Editor yang sudah ditargetkan untuk user-user tertentu.

Baca Dulu: Cara Terapkan Gpedit.msc Untuk User Tertentu

Jika sudah membuat file MSC khusus user-user tertentu tersebut, buka file MSC tersebut di Microsoft Management Console, klik ganda untuk menampilkannya.

matikan kotak dialog run

Masuk ke User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar. Cari dan klik ganda pada “Remove Run from Start Menu”.

cara disable run

Pilih Enabled. Lalu pilih OK.

cara nonaktifkan run

Untuk melihat apakah kotak dialog Run masih bisa dibuka atau tidak, keluar dari Microsoft Management Console, simpan, dan login ke user yang ditargetkan.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar