Cara Membuat Shortcut Khusus Situs Web di Desktop dengan Chrome

Chrome adalah salah satu browser paling populer, yang berdampingan dengan Firefox, Opera, dan Microsoft Edge. Dan kini Chrome lebih baik daripada Chrome versi sebelumnya. Tentu

Update

cara membuat shortcut situs web

Chrome adalah salah satu browser paling populer, yang berdampingan dengan Firefox, Opera, dan Microsoft Edge. Dan kini Chrome lebih baik daripada Chrome versi sebelumnya. Tentu saja, Google terus mengembangkan Chrome tanpa henti agar terus menjadi browser yang paling andal.

Chrome punya satu fitur yang memudahkan. Sobat dapat membuat shortcut yang ketika diklik akan membuka suatu situs web di Chrome. Shortcut ini menempel di desktop, atau di Start menu jika sobat ingin mem-pin shortcut tersebut ke Start menu.

Lalu bagaimana cara membuat shortcut khusus situs web di Chrome ini?

Cara Buat Shortcut Khusus Situs Web

Buka Chrome. Kunjungi suatu situs web. Pastikan situs web yang sobat kunjungi telah loading dengan sempurna.

Jika telah loading dengan sempurna, klik pada tombol “Customize and control Google Chrome” yang berada di pojok kanan atas, dan di bawah tombol close.

cara membuat shortcut

Klik “More tools”, pilih “Add to desktop…”

membuat shortcut situs web

Kemudian muncul kotak dialog kecil yang memberikan sobat opsi untuk mengubah nama shortcut dan membukanya di tab baru atau di window baru. Klik “Add”.

cara buat shortcut

Coba lihat desktop. Sobat akan melihat shortcut situs web yang sobat buat.

cara membuat shortcut situs web

Ikon shortcut mungkin akan terlihat lebih blur, karena dari situsnya sendiri yang membuat favicon (ikon situs web) dengan ukuran yang lebih kecil.

Seperti kompiwin yang terlihat nge-blur karena size favicon-nya tak sebesar ikon desktop pada umumnya. :v

Namun jika sobat membuat shortcut untuk situs web populer seperti Facebook, Google+, dan sebagainya, maka favicon mereka akan sesuai ukurannya dengan ukuran ikon desktop pada umumnya.

cara buat shortcut web

Lalu lihat ke Start menu. Sobat juga akan melihat shortcut yang sama yang baru saja sobat tambahkan lewat Chrome ke desktop.

start menu shortcut

Sobat dapat men-drag dan drop shortcut tersebut sebagai tile di Start menu. Sayangnya, ikon akan berubah menjadi ikon Chrome, bukan favicon situs web.

shortcut web start menu

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar