Windows Update Macet & Berhenti Sendiri di Windows 10, Ini Cara Mengatasinya

Windows Update sering berhenti sendiri? Windows 10 membawa perubahan pada Windows Update – tampilannya menjadi lebih sederhana dan elegan, namun masih memiliki masalah yang sangat

Update

Windows Update Macet & Berhenti Sendiri di Windows 10, Ini Cara Mengatasinya 9

Windows Update sering berhenti sendiri? Windows 10 membawa perubahan pada Windows Update – tampilannya menjadi lebih sederhana dan elegan, namun masih memiliki masalah yang sangat umum: Windows Update berhenti sendiri/stuck. “Berhenti sendiri” itu seperti Windows Update yang mem-pause dirinya sendiri, tanpa memberi tahu pengguna. Sementara di Windows 10, Windows Update tidak memiliki tombol Pause.

Error ini dialami oleh banyak pengguna Windows, Windows 10. Saya pikir masalah Windows Update yang berhenti sendiri ini dialami oleh pengguna dengan koneksi internet yang lambat. Ternyata tidak juga. Jika sobat sedang mengalaminya, ada beberapa cara utuk mengatasi Windows Update yang berhenti sendiri.

Cara Mengatasi Windows Update yang Berhenti Sendiri

Windows Update Troubleshooter

Microsoft sebenarnya menyediakan fitur di dalam Windows untuk membantu pengguna mengatasi masalahnya dengan semacam alat troubleshooter, termasuk untuk Windows Update yang berhenti sendiri ini. Sobat bisa menemukan Windows Update Troubleshooter di Control Panel.

Pergi ke bagian ini: Control PanelAll Control Panel ItemsTroubleshooting. Sobat akan menemukan “Fix problem with Windows Update”. Klik itu untuk mengetahui apa yang salah di Windows Update.

Windows Update Macet & Berhenti Sendiri di Windows 10, Ini Cara Mengatasinya 10

Itu akan menjalankan sebuah window yang harus diikuti petujuknya. Pastikan mengklik “Advanced”, kemudian beri tanda cek pada “Apply repair automatically”, dan klik “Run as administrator”. Itu akan mengatasi Windows Update secara otomatis.

Windows Update Macet & Berhenti Sendiri di Windows 10, Ini Cara Mengatasinya 11

Sobat hanya perlu mengikuti petunjuk selanjutnya. Troubleshooter akan mengidentifikasi masalah dan mengatasinya secara otomatis. Setelah melakukan ini, cobalah kembali menggunakan Windows Update. Jika sobat sudah mencobanya namun Windows Update masih macet-macet, sobat bisa menggunakan cara selanjutnya.

Menghapus Cache secara Manual

Windows Update mengandung cache yang berisi semacam banyak file beracak yang berisi updates yang telah di-download.

Agar hasil lebih efektif, masuk ke safe mode dulu. Kemudian buka CMD (Admin).

Masukkan perintah ini, dan tekan Enter:

net stop wuauserv

Windows Update Macet & Berhenti Sendiri di Windows 10, Ini Cara Mengatasinya 12

Setelah itu, buka C:WindowsSoftwareDistribution

Sobat perlu menghapus file di folder ini. Pilih semua dan tekan Delete.

Kemudian buka lagi CMD, jalankan perintah ini:

net start wuauserv

Ini akan menyalakan kembali Windows Update.

Jalankan kembali Windows Update, dan cobalah untuk melanjutkan proses update.

Jika cara ini tak bisa mengatasi Windows Update yang berhenti sendiri, kamu bisa berkomentar di bawah artikel ini.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar