Cara Mematikan Cortana di Windows 10 (CARA BARU)

Cortana sebagai asisten personal di Windows 10 tampaknya tak terlalu banyak disukai. Sebagian menyukai Cortana. Sebagian membenci Cortana. Cortana dibenci seolah ia adalah virus yang

Update

cara mematikan disable cortana di windows 10

Cortana sebagai asisten personal di Windows 10 tampaknya tak terlalu banyak disukai. Sebagian menyukai Cortana. Sebagian membenci Cortana. Cortana dibenci seolah ia adalah virus yang mengganggu, atau paling tidak dianggap sebagai fitur yang tak berguna di Windows 10 – begitu kata mereka.

Tapi bagi saya sendiri, Cortana justru sangat-sangat berguna. Entah anggapan orang dari perspektif mana, tampaknya orang membenci Cortana karena mereka tak bisa menggunakannya secara maksimal.

Mereka pikir Cortana hanya segelintir fitur lama yang dibungkus dalam kemasan “artificial intelligence” (kecerdasan buatan) yang hanya menguras RAM dan membuat baterai laptop boros. Padahal Cortana lebih dari itu, jika bisa dan tahu dan butuh menggunakan Cortana. Saya sendiri? Butuh…

Lalu bagaimana cara mematikan Cortana, bagi pengguna yang menganggap Cortana tak berguna?

Microsoft sendiri menghapus opsi di Settings di dalam Cortana yang berfungsi untuk mematikan Cortana. Microsoft tak mau penggunanya mematikan Cortana yang banyak dianggap tak berguna itu. Opsi yang ini dihapus oleh Microsoft sejak Anniversary Update dirilis. Microsoft tampaknya ingin pengguna tahu sejauh apa Cortana berguna.

Dan, masih ada cara alternatif untuk mematikan Cortana.

Cara Mematikan Cortana di Windows 10

Buka kotak dialog Run. Tekan Logo Windows+R untuk membuka kotak dialog Run, lalu ketik gpedit.msc. Enter.

kotak dialog run cortana dimatikan

Masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Search.

cara matikan cortana

Sobat akan menemukan Allow Cortana. Klik ganda pada itu.

Pilih Disabled lalu pilih OK.

cortana disable

Maka Cortana akan disable atau mati. Sobat harus me-restart PC/laptop untuk melihat efeknya, untuk melihat bahwa Cortana benar-benar dimatikan.

*Untuk mengaktifkan Cortana kembali, tinggal ubah dari Disabled menjadi Not Configured.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar