Ini yang Wajib Kamu Ketahui soal Event ‘Build 2016’ Kemarin

Kemarin, Microsoft mengadakan event besarnya Build 2016. Ini bukanlah hal baru. Microsoft pada tahun sebelumnya juga melakukan hal yang sama, untuk memamerkan proyek-proyek baru, produk

Update

Kemarin, Microsoft mengadakan event besarnya Build 2016. Ini bukanlah hal baru. Microsoft pada tahun sebelumnya juga melakukan hal yang sama, untuk memamerkan proyek-proyek baru, produk baru, dan hal lain yang wajib diketahui oleh para developer, termasuk user biasa.

Ini inti dari event /build// 2016 yang akan sangat ditunggu-tunggu.

Windows Anniversary Updates

Ini yang Wajib Kamu Ketahui soal Event 'Build 2016' Kemarin 11

Microsoft akan meluncurkan upgrade besar seperti biasanya, namun kali ini lebih “wow” karena kamu nantinya bisa menggunakan Windows Hello (membuka kunci PC hanya dengan iris mata), namun juga digunakan untuk membuka kunci aplikasi-aplikasi Windows. Windows Anniversary Updates ini akan hadir di musim panas ini.

Digital Ink-nya Microsoft

Ini yang Wajib Kamu Ketahui soal Event 'Build 2016' Kemarin 12

Microsoft juga akan membawa digital ink-nya ke produk Surface-nya. Windows Ink terintegrasi dengan aplikasi-aplikasinya seperti Word dan Map. Di Word, kamu nantinya bisa menghapus apa yang diketik lebih mudah hanya dengan mencoretnya. Di Map, kamu bisa membuat directions. Adobe sebagai partner juga mendukung agar dapat menggunakan Ilustrator lebih rapi.

Bash

Ini yang Wajib Kamu Ketahui soal Event 'Build 2016' Kemarin 13

Bash, sebuah command line Linux, akan dibawa ke Windows 10. Ini akan terintegrasi dengan Windows 10, bukan sebagai virtual machine. Command line tool yang open source ini bisa di-download melalui Windows Store. Ini akan memudahkan developers.

HoloLens dipasarkan untuk developer & enterprise

Ini yang Wajib Kamu Ketahui soal Event 'Build 2016' Kemarin 14

Mixed reality-nya Microsoft, HoloLens, dipasarkan kemarin. Namun untuk saat ini, targetnya hanya developer dan enterprise, seperti Japan Airlines sebagai latihan, Case Wester Reserve University menggunakannya untuk menggambarkan anatomi manusia dalam 3 dimensi.

Cortana dan bot framework-nya

Ini yang Wajib Kamu Ketahui soal Event 'Build 2016' Kemarin 15

Asisten digital Cortana akan membawa semacam bots yang dapat melakukan variasi task. Bot framework itu akan memiliki layanan kognitif melalui semacam machine learning. Open source-nya akan membuat developer bisa menciptakan bots yang memudahkan pengguna, sehingga bisa melakukan task langsung di Cortana di antara berbagai aplikasi Windows.

Continuum akan didukung Xbox controller

Microsoft tampaknya ingin membuat smartphone agar bekerja semaksimal PC. Mereka menambah dukungan dengan hadirnya Xbox controller ke Continuum. Continuum sendiri adalah semacam perangkat untuk membuat smartphone-nya bekerja semaksimal PC, seperti dengan tambahan monitor dan hardware lainnya.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar