Cara agar Menu Konteks di Firefox Muncul Hanya dengan Klik-Tekan Tahan

Firefox memiliki fitur yang tersembunyi ini. Kita bisa dengan mudah menampilkan menu konteks (menu klik-kanan) hanya dengan klik dan tekan tahan. Ini sangat berguna bagi

Update

menu klik kanan muncul hanya dengan tekan tahan

Firefox memiliki fitur yang tersembunyi ini. Kita bisa dengan mudah menampilkan menu konteks (menu klik-kanan) hanya dengan klik dan tekan tahan. Ini sangat berguna bagi pengguna yang memiliki layar sentuh di PC-nya. Pengguna hanya perlu mengklik suatu elemen web, seperti: tautan, tombol, gambar, dan sebagainya, untuk menampilkan menu konteks. Ini juga berguna bagi pengguna yang tidak memiliki layar sentuh.

*Sebenarnya, saya tidak tahu pasti apakah fitur ini berfungsi untuk pengguna layar sentuh atau tidak, karena saya bukan pengguna layar sentuh. :v Tapi kalau mau mencoba, silakan saja. :v Jika berhasil, itu pasti akan sangat berguna! :v (y)

Mengaktifkan Fitur

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara yang biasa dilakukan oleh seorang pengotak-atik web browser, yakni dengan mengakses about:config. Ketik “about:config” pada bilah alamat. Klik “I’ll be careful, I promise!” yang mengingatkan Anda agar selalu hati-hati saat mengubahnya.

gambar 001

Cari ui.click_hold_context_menus. Pengaturan ini berfungsi untuk mengaktifkan konteks menu agar dapat tampil juga dengan tekan tahan. Ketika Anda mengaktifkan pengaturan ini, Anda juga masih dapat menggunakan klik-kanan untuk menampilkan menu konteks.

Jika sudah Anda temukan, maka klik ganda untuk mengaktifkannya. Jika aktif, maka value akan berubah menjadi “true”. Jika Anda ingin menonaktifkannya, maka klik ganda lagi dan value akan berubah menjadi “false”.

gambar 002

Yak. Sekarang Anda dapat mengklik-kiri elemen apa pun di dalam browser lalu tekan tahan, dan dalam sekitar satu atau dua detik saja, menu konteks akan muncul.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Satu pemikiran pada “Cara agar Menu Konteks di Firefox Muncul Hanya dengan Klik-Tekan Tahan”

Tinggalkan komentar