Cara Sederhana Mengatasi Modem Error 633: The modem is already use or is not configured properly

Sudah lama sekali penyebab dari masalah ini masih menjadi misteri. Sebenarnya ada blog lain yang sudah berbagi cara mengatasinya. Tetapi, menurut saya itu terlalu rumit.

Update

Sudah lama sekali penyebab dari masalah ini masih menjadi misteri. Sebenarnya ada blog lain yang sudah berbagi cara mengatasinya. Tetapi, menurut saya itu terlalu rumit. Beberapa hari yang lalu, saya mengalami error 633: The modem is already use or is not configured properly ini. Setelah melakukan beberapa langkah mudah, masalah ini terpecahkan.

Saya tidak terlalu yakin apa penyebabnya. Berdasarkan pengalaman saya, masalah ini disebabkan karena saya mematikan komputer langsung dengan modem yang masih terhubung. Saya mengalami masalah ini berkali-kali, dan mengatasinya dengan cara yang sama, yakni menginstal ulang modem dan driver-nya. Cara itu memang dapat mengatasinya, tetapi di kemudian hari, masalah tersebut tidak dapat dipecahkan dengan cara itu lagi. Lagi pula, sepertinya cara itu tidak produktif.

Ada narablog yang menuliskan bahwa masalah ini dapat diatasi dengan mengubah registry. Entah bagian mana, saya tidak mengerti cara kerjanya. Karena itu saya ragu. Akhirnya saya belum mencobanya sampai sekarang.

Beberapa hari yang lalu saya mengalami masalah ini lagi. Lagi-lagi karena saya terlalu terburu-buru mematikan komputer dengan modem dan koneksi Internet yang masih terhubung. Iseng-iseng membuka Device Manager, lalu mencari driver modemnya, dan sedikit langkah lagi, masalah ini terpecahkan.

Mengatasi modem error 633

Hubungkan modem tanpa menghubungkannya ke Internet. Buka Device Manager. Caranya, tekan Logo Windows+R. Lalu ketik mmc devmgmt.msc dan tekan Enter.

cara mengatasi modem error 633 001(1)

Lihat pada bagian Network adapter. Di sana muncul driver modem Anda. Klik-kanan pada driver modem Anda, pilih Scan for hardware changes.

cara-mengatasi-modem-error-633 002(1)

*Jika Anda ragu atau tidak tahu driver modem Anda, maka pilih Scan for hardware changes di semua driver yang ada di bagian Network adapter.

Tunggu sampai Device Manager memuat kembali (refresh dengan sendirinya) semua driver. Tutup aplikasi bawaan modem, cabut modem, dan restart komputer Anda.

Setelah komputer menyala kembali, maka masalah terpecahkan. Jika masalah tidak terpecahkan, beri tahu saya lewat kotak komentar.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

10 pemikiran pada “Cara Sederhana Mengatasi Modem Error 633: The modem is already use or is not configured properly”

Tinggalkan komentar