Cara Menghilangkan “Speed Up Browsing by Disabling Add-ons” di Internet Explorer

Internet Explorer adalah peramban web yang cukup bagus. Walaupun tidak lebih bagus dari Firefox dan Google Chrome, IE 11 terlihat lebih meyakinkan daripada versi sebelumnya.

Update

speed up browsing by disabling add-ons

Internet Explorer adalah peramban web yang cukup bagus. Walaupun tidak lebih bagus dari Firefox dan Google Chrome, IE 11 terlihat lebih meyakinkan daripada versi sebelumnya. Jika Anda sering menggunakan Internet Explorer 9, 10, dan 11 dengan add-on yang agak memperlambat kinerja, maka pasti akan muncul notifikasi seperti ini: Speed up browsing by disabling add-ons.

Itu adalah notifikasi dari fitur Add-on Performance Advisor untuk memastikan bahwa kinerja IE tetap cepat dengan memberi tahu Anda lewat notifikasi tersebut agar Anda mengurangi add-on mana yang memperlambat kinerja. Tapi terkadang notifikasi ini agak mengganggu penggunanya sendiri yang tidak ingin menonaktifkan add-on apa pun yang memperlambat kinerja Internet Explorer.

Tapi tenang saja. Beberapa cara mudah ini sungguh bekerja mengurangi tampilnya notifikasi tersebut, atau bahkan menghilangkannya. Mulai dari cara yang paling sederhana, hingga cara yang agak rumit, apalagi bagi pengguna awam.

1. Dengan mengubah opsi notifikasi kinerja add-ons

Cara ini adalah yang paling mudah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan notifikasi “Speed up browsing by disabling add-ons“. Caranya adalah dengan mengubah opsi ini:

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 15

Opsi tersebut berfungsi sebagai pengukur kecepatan kinerja add-ons yang kalau kinerjanya melampaui jumlah waktu yang ditentukan, maka notifikasi akan muncul. Jumlah waktu dalam opsi tersebut akan kita tambah sesuai dengan waktu yang kita inginkan atau waktu yang paling lambat.

Ketika notifikasi tersebut muncul, klik “Choose add-ons”. Di bawahnya tertera opsi yang saya maksud tadi. Pilih waktu yang paling lambat, yaitu 10 detik; atau pilih waktu yang sekiranya tidak akan dilampaui oleh lambatnya kinerja add-ons. Lalu klik “Done”.

2. Dengan mengubah Group Policy Editor

Bagaimana jika notifikasi tersebut masih bisa muncul? Tapi bila dipikir-pikir, agak aneh ya? Kok sudah diatur ke 10 detik tapi notifikasinya masih saja muncul?

Cara yang tadi tidak akan menghilangkan notifikasi sepenuhnya. Jika Anda ingin selalu mengaktifkan add-ons yang sangat memperlambat kinerja IE, maka dengan mengubah pengaturan di Group Policy Editor, notifikasi tersebut dapat dihilangkan secara permanen.

Tekan Logo Windows + R. Ketik gpedit.msc dan tekan Enter. Lalu masuk ke alamat berikut:

Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Internet Explorer

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 16

Klik-ganda “Turn off add-ons performance notifications”.

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 17

Pilih “Enabled”. Lalu klik “OK”.

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 18

3. Dengan mengubah Regedit

Beberapa edisi Windows tidak mendukung adanya Group Policy Editor. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menambah key dan DWORD di Regedit (Registry Editor). Namun cara ini lebih rumit ketimbang dua cara sebelumnya.

Tekan Logo Windows + R. Ketik regedit dan tekan Enter. Lalu masuk ke key ini:

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPolicies atau HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREWow6432NodeMicrosoftWindowsCurrentVersionPolicies (untuk pengguna Windows 64-bit).

Klik-kanan key “Policies”, pilih New > Key. Buat nama Ext untuk key yang telah dibuat itu.

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 19

Masuk ke key yang telah dibuat tadi. Lalu klik-kanan pada key tersebut, pilih New > “DWORD…”. Buat nama DisableAddonLoadTimePerformanceNotifications untuk DWORD yang telah dibuat itu.

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 20

Klik-ganda pada DWORD yang tadi, masukkan angka 1 sebagai value data-nya. Lalu klik “OK”.

Cara Menghilangkan "Speed Up Browsing by Disabling Add-ons" di Internet Explorer 21

Itulah caranya menghilangkan notifikasi “Speed up browsing by disabling add-ons” secara permanen. Itu sungguh bekerja menghilangkan notifikasi tersebut. Tapi mungkin untuk sebagian pengguna, notifikasi tersebut tidak perlu dipermasalahkan, karena dalam notifikasi tersebut tersedia tombol “Close”. Akan tetapi, kalau masih bisa dihilangkan, apa salahnya mencoba?

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

4 pemikiran pada “Cara Menghilangkan “Speed Up Browsing by Disabling Add-ons” di Internet Explorer”

Tinggalkan komentar