Cara Reset Data Aplikasi Windows 8.1

Ketika ada game yang telah mencapai level tertinggi namun Anda bosan untuk memainkannya lagi, maka Anda pasti berpikir untuk me-reset-nya agar dapat memainkannya dari awal

Update

cara reset aplikasi windows 8.1

Ketika ada game yang telah mencapai level tertinggi namun Anda bosan untuk memainkannya lagi, maka Anda pasti berpikir untuk me-reset-nya agar dapat memainkannya dari awal lagi. Reset data aplikasi Windows 8.1 sama halnya dengan reset tampilan Start screen, juga reset live tile Start screen.

Reset Data Aplikasi Windows 8.1

Perhatian! Aplikasi yang datanya di-reset akan diatur ulang ke default (ke semula, saat pertama kali memakai aplikasi tersebut) dengan menghapus data dari suatu aplikasi, dan tentunya akan menghapus semua data yang terkait dengan aplikasi tersebut, tidak hanya level atau data pembelian dalam aplikasi. Besar kemungkinan data yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan (ke saat sebelum menghapus data tersebut), meskipun sebelumnya data tersebut telah di-backup.

1. Memastikan Bahwa Aplikasi yang Hendak Di-reset Tidak Berjalan dalam Background

Pastikan aplikasi atau game yang hendak di-reset tidak berjalan dalam background. Untuk mengeceknya, silakan buka Task Manager kemudian lihat secara teliti apakah aplikasi yang dikehendaki ada atau tidak. Kalau tidak, itu artinya Anda dapat me-reset aplikasi Windows 8.1 tersebut.

Cara Reset Data Aplikasi Windows 8.1 7

Baca juga: Cara Menutup Aplikasi Windows 8.1 dengan Benar agar Tidak Berjalan dalam Background

Baca juga: Cara Mempercepat Animasi ketika Menutup Aplikasi Windows 8.1

2. Melihat Kumpulan Data Aplikasi Windows 8.1

Buka File Explorer, pergi ke alamat ini:

C:UsersNama_userAppDataLocalPackages

Pastikan bahwa Anda telah mengetahui nama user yang digunakan. Contoh:

C:UsersDonyAppDataLocalPackages

Setelah membuka folder tersebut, silakan cari folder yang terkait dengan aplikasi yang ingin di-reset.
Contoh: “Ubisoft.HungrySharkEvolution_ngz4m417e0mpw” untuk game “Hungry Shark Evolution”.

Cara Reset Data Aplikasi Windows 8.1 8

4. Menghapus Data Aplikasi Windows 8.1 secara Permanen

Setelah memilih folder yang terkait dengan aplikasi yang diinginkan, lalu tekan Shift+Delete/Del untuk menghapusnya secara permanen. Klik Yes untuk menghapus.

Cara Reset Data Aplikasi Windows 8.1 9

Anda tidak perlu sign-out ataupun me-restart komputer, buka aplikasi yang datanya telah dihapus. Kini, aplikasi tersebut telah diatur ulang ke default. Itulah cara reset aplikasi Windows 8.1.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar