Cara Lebih Mudah Instal Ulang Windows 8.1 dengan Fitur “Refresh” dan “Reset”

Jika Anda berniat menginstal ulang Windows 8.1 karena hal kecil, sebaiknya pikirkan dulu, mungkin salah satu dari kedua fitur ini bisa berguna untuk mengatasi masalah.

Update

Cara Lebih Mudah Instal Ulang Windows 8.1 dengan Fitur "Refresh" dan "Reset" 3

Jika Anda berniat menginstal ulang Windows 8.1 karena hal kecil, sebaiknya pikirkan dulu, mungkin salah satu dari kedua fitur ini bisa berguna untuk mengatasi masalah. Windows 8.1 memiliki fitur “Refresh” dan “Reset” yang berguna untuk mengatur ulang Windows 8.1 dengan pilihan yang menarik dan dengan hasil yang memuaskan. Tapi tak semua hasil memuaskan, tergantung pada masalah Windows yang dihadapi.

Baca juga: Cara Instal dan Instal Ulang Windows 8.1.

Mungkin bagi seseorang yang mengalami masalah pada Windows-nya, dan tidak ada cara untuk mengatasinya; maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menginstal ulang Windows. Tapi jangan dulu menginstal ulang kalau salah satu dari “Refresh” dan “Reset” ini bisa berguna.

Apakah “Refresh” dan “Reset” Itu?

Fitur “Refresh” adalah fitur yang berguna untuk memperbaiki Windows 8.1 dengan cara mengatur ulang tanpa harus kehilangan data pribadi, pengaturan tampilan, dan aplikasi yang diunduh dari Windows Store. Akan tetapi, Anda akan kehilangan semua program, dan nantinya akan ada file yang berisi daftar semua program yang dihapus setelah proses “Refresh”. Karena itu, Anda perlu mencadangkan semua program Desktop Anda.

Selain itu, semua pengaturan yang telah diubah di PC Settings akan dikembalikan ke default. Tetapi bagi Anda yang mengaktifkan sinkronisasi pengaturan PC Settings, maka Anda bisa mengembalikan semua pengaturan di PC Settings yang telah dikembalikan ke default.

Apakah “Reset” itu? “Reset” itu hampir sama seperti menginstal ulang Windows 8.1, karena “Reset” akan menghilangkan data pribadi dan memformat partisi sistem dari harddisk Anda.

Cara “Refresh” dan “Reset” Windows 8.1

Buka PC Settings > Update and Recovery > Recovery. Di sana tertera grup “Refresh your PC without affecting your files”.

Pastikan bahwa Anda telah menghubungkan DVD Windows atau perangkat keras lainnya yang berisi file-file instalasi Windows 8.1.

Di bawahnya, klik Get Started untuk memulai “Refresh”. Kemudian ikuti petunjuknya.

refresh windows 8.1

Sama seperti “Refresh”, namun Anda hanya perlu mengklik Get Started yang berada di bawah “Remove everything and reinstall Windows”. Sebelumnya, pastikan DVD atau perangkat keras lain yang berisi file-file instalasi Windows 8.1 telah terhubung ke komputer.

reset windows 8.1

Catatan: Apabila komputer hanya bisa booting sampai ke menu “Troubleshoot”, maka Anda dapat memperbaikinya dengan melakukan “Refresh” atau “Reset” dalam menu tersebut, sehingga komputer bisa booting kembali.

Jangan lupa menunggu artikel lain yang akan membahas “Refresh” dan “Reset”. Masih banyak hal yang perlu dibahas mengenai fitur “Refresh” dan “Reset” ini.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

8 pemikiran pada “Cara Lebih Mudah Instal Ulang Windows 8.1 dengan Fitur “Refresh” dan “Reset””

Tinggalkan komentar