Cara Lebih Mudah Instal Ulang Windows 8.1 dengan Fitur “Refresh” dan “Reset”

Jika Anda berniat menginstal ulang Windows 8.1 karena hal kecil, sebaiknya pikirkan dulu, mungkin salah satu dari kedua fitur ini bisa berguna untuk mengatasi masalah. Windows 8.1 memiliki fitur “Refresh” dan “Reset” yang berguna untuk mengatur ulang Windows 8.1 dengan pilihan yang menarik dan dengan hasil yang memuaskan. Tapi tak semua hasil memuaskan, tergantung pada masalah Windows yang dihadapi.

Baca juga: Cara Instal dan Instal Ulang Windows 8.1.

Mungkin bagi seseorang yang mengalami masalah pada Windows-nya, dan tidak ada cara untuk mengatasinya; maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menginstal ulang Windows. Tapi jangan dulu menginstal ulang kalau salah satu dari “Refresh” dan “Reset” ini bisa berguna.

Apakah “Refresh” dan “Reset” Itu?

Fitur “Refresh” adalah fitur yang berguna untuk memperbaiki Windows 8.1 dengan cara mengatur ulang tanpa harus kehilangan data pribadi, pengaturan tampilan, dan aplikasi yang diunduh dari Windows Store. Akan tetapi, Anda akan kehilangan semua program, dan nantinya akan ada file yang berisi daftar semua program yang dihapus setelah proses “Refresh”. Karena itu, Anda perlu mencadangkan semua program Desktop Anda.

Selain itu, semua pengaturan yang telah diubah di PC Settings akan dikembalikan ke default. Tetapi bagi Anda yang mengaktifkan sinkronisasi pengaturan PC Settings, maka Anda bisa mengembalikan semua pengaturan di PC Settings yang telah dikembalikan ke default.

Apakah “Reset” itu? “Reset” itu hampir sama seperti menginstal ulang Windows 8.1, karena “Reset” akan menghilangkan data pribadi dan memformat partisi sistem dari harddisk Anda.

Cara “Refresh” dan “Reset” Windows 8.1

Buka PC Settings > Update and Recovery > Recovery. Di sana tertera grup “Refresh your PC without affecting your files”.

Pastikan bahwa Anda telah menghubungkan DVD Windows atau perangkat keras lainnya yang berisi file-file instalasi Windows 8.1.

Di bawahnya, klik Get Started untuk memulai “Refresh”. Kemudian ikuti petunjuknya.

refresh windows 8.1

Sama seperti “Refresh”, namun Anda hanya perlu mengklik Get Started yang berada di bawah “Remove everything and reinstall Windows”. Sebelumnya, pastikan DVD atau perangkat keras lain yang berisi file-file instalasi Windows 8.1 telah terhubung ke komputer.

reset windows 8.1

Catatan: Apabila komputer hanya bisa booting sampai ke menu “Troubleshoot”, maka Anda dapat memperbaikinya dengan melakukan “Refresh” atau “Reset” dalam menu tersebut, sehingga komputer bisa booting kembali.

Jangan lupa menunggu artikel lain yang akan membahas “Refresh” dan “Reset”. Masih banyak hal yang perlu dibahas mengenai fitur “Refresh” dan “Reset” ini.

You May Also Like

Cara Membuat Password Folder di PC/Laptop tanpa/dengan Software

Cara Mengembalikan Kondisi Komputer Seperti Semula dengan System Restore di Windows 10, 7, 8.1

Cara Menambah Kapasitas Partisi Drive (C:), Drive (D:), atau Semua Partisi Hard Disk di PC/Laptop

Cara Membuat Bootable Flashdisk dari File ISO untuk Instal Ulang di Windows 10, 7, 8.1

8
Leave a Reply

avatar
180
8 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Lano PratamaMuhammad Fatur RachmanDony PrasetiyoEvlan MarsDhyar Nova Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Lano Pratama
Guest
Lano Pratama

Terima kasih caranya sob sangat membantu sekali nih

Muhammad Fatur Rachman
Guest
Muhammad Fatur Rachman

Maksud dari "Sebelumnya, pastikan DVD atau perangkat keras lain yang berisi file-file instalasi Windows 8.1 telah terhubung ke komputer." apa ya ?

Dony Prasetiyo
Guest
Dony Prasetiyo

maksudnya itu adalah pastikan DVD Windows sudah terhubung. Kalau gak punya DVD Windows, pake aja flashdisk. Nih, ada tutornya: https://www.kompiwin.com/2014/12/cara-membuat-bootable-flashdisk-instal-windows-lewat-flashdisk.html

Muhammad Fatur Rachman
Guest
Muhammad Fatur Rachman

Oke terima kasih kang

Dhyar Nova
Guest
Dhyar Nova

kalo reset windows 8.1 apakah data di drive D sama drive E hilang, Atau cuma semua data di drive C doank…? please jawab ya…

Dony Prasetiyo
Guest
Dony Prasetiyo

C (biasanya).

Evlan Mars
Guest
Evlan Mars

Kirain semua hardisk yg dihapus..ternyata cuma C!!

Dhyar Nova
Guest
Dhyar Nova

thanks atas infonya