1 GB Berapa MB

1 GB Berapa MB 4
1 GB Berapa MB

Sering kali admin menerima pertanyaan seputar konversi sebuah ukuran yang berkaitan dengan memori penyimpanan. Khususnya buat mereka yang penasaran rincian 1 GB berapa MB?

Walaupun hitungan tersebut tidak memiliki nilai keperluan yang begitu penting, tetapi seberapa banyak jumlah rincian konversi perhitungan memori akan digunakan ketika hal-hal tertentu.

Contohnya seperti cara membuat partisi hardisk Windows 11 kemarin. Didalam step pembagian partisi sebuah hardisk penyimpanan internal komputer, akan muncul jendela konfirmasi rincian ukuran memori yang akan dimasukkan.

Ukuran tersebut dinyatakan dalam satuan MB (Megabyte), sedangkan untuk menjadi patokan utama memori penyimpanan yang cukup besar, akan lebih mudah kalau kita bulatkan dalam pembilang GB (Gigabyte).

Oleh karena itu disini kita akan bahas tentang 1 GB Berapa MB?

1 GB Berapa MB?

Sebelum masuk ke pembahasan inti, kita kenali terlebih dahulu tipe-tipe satuan yang sangat umum dan sering kita ketahui untuk menyatakan ukuran kapasitas memori.

Yang pertama partisi penyimpanan paling kecil adalah Bit, kalian akan sering menemui istilah bit ini dalam sebuah program komputer. kemudian ada Byte, dimana penyimpanan ini mewakili angka desimal dari 0 sampai 255.

Setelah itu mulai kita kenal dengan KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte), TB (Terabyte), dan yang paling besar ada PB (Petabyte).Penyimpanan Memori Flashdisk

Sedangkan penyebut angka dalam pecahan ukuran satuan memori itu ada dua jenis, yang pertama Biner dan yang kedua Desimal.

  1. Biner : istilah ini merupakan singkatan dari Bit, yaitu bilangan yang terdiri hanya angka 0 dan 1. Kebanyakan biner seringkali ditemui dalam program-program komputer, ada angka yang sebenarnya tidak dapat dituliskan dalam desimal tetapi dilihat dari hitungan biner.
  2. Desimal : sedangkan desimal angka ini yang paling umum digunakan dalam sehari-hari, jumlahnya absolute dan bulat, sehingga untuk menyebutkan satuan hitungannya jelas.

Lalu 1GB berapa MB Sih?

Mengacu dengan dua jenis bilangan diatas, 1GB jika dinyatakan sebagai jenis Biner tertulis 1024 MB, sedangkan kalau dinyatakan dalam desimal yakni 1000 MB.

1 GB = 1024 MB (Biner)

1 GB = 1000 MB (Desimal)

Partisi Hardisk


Terus kalau 1 MB berapa KB?

Hitungannya hampir sama seperti diatas, 1 MB jika dinyatakan Biner tertulis 1024 KB, sedangkan bila desimal dinyatakan 1000 KB.

1 MB = 1024 KB (Biner)

1 MB = 1000 KB (Desimal)


Akhir Kata

Jadi itulah jawaban mengenai pertanyaan 1 GB berapa MB, kalau angka pembilangnya lebih dari satu tinggal kalikan kelipatannya. Contohnya 2 GB = 2048 MB (Biner), 2 GB = 2000 MB (Desimal). Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.