Cara Mengambil Screenshot di Semua iPhone

Berikut cara mengambil screenshot di semua iPhone.

Update

iOS sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik iPhone/iPad. Apple tak hanya membuat iOS cantik dilihat, melainkan pula mudah digunakan dan memudahkan hidup hingga produktivitas. Salah satunya adalah kemampuan screenshot.

Mengambil screenshot di iPhone sangatlah mudah. Seperti smartphone pada umumnya, Apple menanamkan fungsi tombol kombinasi untuk mengambil screenshot. Apple juga menyesuaikan fungsi tersebut pada iPhone terbaru tanpa tombol Home, seperti iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Berikut cara mengambil screenshot di semua iPhone.

#1 Cara Mengambil Screenshot di iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max

iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max tak memiliki tombol Home. Hal ini membuat fungsi tombol kombinasi ikut mengalami perubahan. Untuk melakukan screen capture, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  • Buka aplikasi yang ingin kamu ambil screenshot-nya.
  • Tekan-tahan tombol Side di sisi kanan iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max
  • Klik tombol Volume Up secara bersamaan
  • Kemudian layar iPhone-mu akan berkedip putih dan muncul suara jepret kamera.

#2 Cara Melakukan Screen Capture di iPhone dengan Tombol ‘Home’

Generasi iPhone sejak 2007 hingga iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki cara pengambilan screenshot yang sama, karena masih ditanamkan tombol Home – meski desain dan versi IOS yang digunakan berbeda-beda.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengambil screenshot di iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus (semuanya disebut :v):

  • Buka aplikasi yang ingin kamu ambil screenshot-nya.
  • Tekan tombol Power, lalu tekan tombol Home secara bersamaan (tekan tombol Home sebentar saja, kalau terlalu lama akan menampilkan Siri).
  • Kemudian layar iPhone-mu akan berkedip putih dan muncul suara jepret kamera.

Itulah cara mengambil screenshot di semua iPhone dan iOS.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar