Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 08 Oktober 2017

Share:

5 Aplikasi Launcher Android Gratis Terbaik 2017

aplikasi launcher terbaik android

Tampilan dan fitur bawaan Android mungkin sudah cukup memuaskan. Tema Material yang merupakan kebanggaan Google semakin enak dipandang, dan nyaman digunakan.

Khususnya pada Home screen atau layar Home. Android selalu terbuka untuk diubah, dioprek tampilannya, salah satunya dengan menggunakan aplikasi launcher.

Android menyajikan jutaan aplikasi dan games gratis maupun berbayar di Play Store. Salah satunya adalah aplikasi launcher, yang mengubah seluruh aspek tampilan Home screen di Android.

Dengan sebuah aplikasi launcher Android terbaru, seluruh bagian tampilan Home screen, mulai dari wallpaper, icon, folder apps, app drawer, widget drawer, dock, dan seluruh sisi tampilan Home screen Android akan berubah.

Secara default, Android biasanya membawa aplikasi launcher bawaan brand atau merek smartphone yang digunakan. ZenUI, LG Launcher, Samsung TouchWiz Home, OPPO Launcher, atau Google Now Launcher.

Sayangnya, tak semua orang merasa tertarik dengan aplikasi launcher Android bawaan. Alasannya beragam: kurang menarik, sulit diubah atau dioprek tampilannya, tidak bisa memakai icon pack lain, fitur yang kurang, hingga tak ramah dengan spesifikasi smartphone yang rendah.

Jika kamu sama dengan orang-orang ini, yang merasa bosan dengan aplikasi launcher bawaan Android yang jelek, maka gunakan aplikasi launcher pengganti berikut ini:

Baca Juga: Aplikasi Terbaik Android

#1 Nova Launcher, Aplikasi Launcher Terbaik di Android

aplikasi launcher terbaik android

Dari seluruh aplikasi launcher, mungkin Nova Launcher menjadi yang terbaik. Istilah terbaik di sini bersifat relatif. Tapi bagi pengguna yang memimpikan aplikasi launcher yang ringan, mudah digunakan, cantik menarik, dan gratis, Nova Launcher adalah pilihan terbaiknya.

Nova Launcher menyajikan fitur yang cukup lengkap. Dengan aplikasi launcher gratis ini, kamu bisa mengubah ukuran icon dan text, tampilan folder apps, dock, app drawer, kecepatan animasi dan efek, dan yang pasti bisa memakai icon pack lain.

Download Nova Launcher di Android

#2 Action Launcher, Aplikasi Launcher dengan Fitur Lebih

action launcher android

Selain Nova Launcher, ada pilihan alternatif lainnya. Action Launcher membawa fitur aplikasi launcher pada umumnya, dengan kelebihan yang tak dimiliki oleh aplikasi launcher lainnya.

Dengan fitur cover pada Action Launcher, kamu bisa membuka aplikasi awal dalam suatu folder apps tanpa perlu membuka folder-nya terlebih dahulu. Action Launcher juga punya Quickdrawer, drawer tambahan yang terletak di sisi Home screen.

Masih banyak fitur Action Launcher yang tak bisa terjelaskan secara lengkap di sini. Sederhananya, Action Launcher cocok digunakan bagi pengguna geeky atau nerdy yang haus dengan kostumisasi tampilan dan fitur secara luas di Android.

Download Action Launcher di Android

#3 ADW Launcher 2

adw launcher 2 android gratis ringan

Aplikasi launcher yang satu ini sempat ditinggalkan oleh developer-nya, yang kemudian mendapat dukungan kembali dengan kembalinya ADW Launcher 2. Secara sekilas, aplikasi launcher Android ini kurang menarik dilihat, namun jika disesuaikan sedemikian rupa, ADW Launcher 2 menjadi sangat menarik.

Bagusnya, dengan ADW Launcher 2 yang gratis ini, kamu bisa mengubah seluruh fitur dan tampilannya lebih lengkap dan lebih detail. Seperti pengaturan efek shadow pada icon, hingga fonts yang digunakan dapat diubah sesuai yang diinginkan.

Mungkin, ADW Launcher 2 juga nyaman digunakan untuk smartphone dengan spesifikasi yang tak terlalu tinggi, karena menjadi yang paling ringan digunakan.

Download ADW Launcher 2 di Android

#4 Microsoft Launcher, Aplikasi Launcher Khusus dari Microsoft

aplikasi launcher android ringan cantik

Microsoft baru-baru ini meluncurkan aplikasi launcher terbarunya, Microsoft Launcher. Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan (Preview), sehingga fitur-fiturnya belum selengkap yang diharapkan.

Tapi bagi pengguna yang haus dengan sesuatu yang baru, maka Microsoft Launcher bisa menjadi salah satu pilihannya, apalagi jika kamu menjadi beda tester dari aplikasi ini. Karena jika dilihat dari kebiasaan Microsoft, Microsoft Launcher akan terus mendapat updates rutin layaknya Microsoft To-Do.

Download Microsoft Launcher di Android

#5 EverythingMe Launcher, Aplikasi Launcher Android yang Unik

aplikasi android

Mungkin, EverythingMe adalah aplikasi launcher yang paling unik. Ia punya fitur Prediction Bar, semacam dock yang berisi aplikasi yang menyesuaikan kebiasaan penggunanya, di waktu dan tempat yang berbeda.

EverythingMe juga memiliki fitur pencarian yang universal. Mencari nama kontak? Tinggal mengetik namanya di kotak pencarian. Mencari aplikasi di Play Store? Tinggal ketik nama aplikasinya di kotak pencarian yang sama.

Tampilan dan fitur dari aplikasi launcher ini juga enak dilihat, dan mudah digunakan. Terdapat bar yang berisi berita-berita yang dapat disesuaikan – hampir sama seperti Microsoft Launcher.

Download EverythingMe Launcher di Android


Itulah sejumlah aplikasi launcher terbaik untuk Android. Setiap aplikasi launcher menyajikan fitur dan pengalaman Home screen yang berbeda-beda, dan kamu tinggal memilih salah satu yang menurutmu terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.