Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 14 September 2017

Share:

10 Cara AMPUH Menghemat Kuota Internet di Android

android boros kuota

Sudah terlalu banyak aplikasi Android ter-install dalam smartphone. Beragam aplikasi media sosial sering kita buka setiap saatnya – melihat foto-foto di Instagram, menonton video YouTube, hingga lupa kalau kuota internet hampir habis.

Satu masalah yang paling memusingkan adalah ketika kuota internet sudah habis. Paket internet sudah melampaui tanggal akhirnya, dan tak ada pulsa yang cukup untuk memperpanjang usia paket internet. Tugas terbengkalai, dan pacar pun akhirnya marah karena sudah beberapa hari tak dikirimi pesan.

Masalah kuota internet yang cepat habis atau boros dapat kita atasi dengan cara yang mudah. Khususnya bagi pengguna smartphone Android, menghemat kuota internet bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Ada banyak cara untuk menghemat kuota internet di Android. Android punya fitur Data Usage, untuk memungkinkan kita memonitor penggunaan koneksi internet, serta sejumlah trik dan cara lain yang mudah dilakukan.

Terlepas dari merek smartphone, misalnya Samsung, Xiaomi, Oppo; kamu tetap bisa menghemat kuota internet, di perangkat Android mana pun. Cukup ikuti tips di bawah ini, maka kuota internet akan terselamatkan lebih banyak.

#1 Memonitor Penggunaan Kuota Internet di Android

Android punya fitur Data Usage. Fitur ini dapat kamu temukan di Android pada aplikasi Settings > Wireless & Networks > Data Usage.

android boros kuota

Setiap smartphone Android berbeda-beda. Apabila fitur Data Usage tidak ditemukan atau tidak ada di smartphone Android kamu, download saja aplikasi Data Usage di Google Play.

Aplikasi tersebut hanyalah shortcut yang membuka akses menuju fitur Data Usage di Android, yang sengaja disembunyikan oleh manufaktur smartphone.

Download Data Usage di Play Store

Pada Data Usage ini, kamu akan melihat statistik penggunaan koneksi internet yang dihabiskan dari rentang waktu yang berbeda-beda, biasanya terhitung per bulannya. Secara default, statistik yang tampil hanyalah penggunaan data selular.

Apabila kamu jarang menggunakan data selular, maka statistik akan menampilkan sedikit (atau kosong) dan lebih banyak pada penggunaan Wi-Fi-nya, seperti gambar di atas.

Untuk menampilkan statistik penggunaan Wi-Fi, pilih tombol menu More dan pilih Show Wi-Fi usage.

penggunaan kuota wifi

Maka, kamu akan melihat statistik penggunaan kuota internet dari jaringan Wi-Fi yang sering kamu gunakan, bersebelahan dengan koneksi internet data selular.

Kamu bisa melihat statistik penggunaan internet dari bulan ke bulan di sini. Perlu diperhatikan, fitur Data Usage di Android tidaklah 100% akurat dalam menampilkan seberapa banyak kuota internet yang telah habis.

wifi koneksi internet

Ketika men-scroll layar ke bawah, kamu akan melihat daftar aplikasi dengan jumlah kuota internet yang dihabiskan oleh aplikasi tersebut. Dari sini, kamu bisa mempertimbangkan untuk berhenti membuka aplikasi yang sama lagi terlalu sering.

boros kuota internet

Agar hasil statistik tampil lebih akurat, kamu bisa memilih masing-masing aplikasi untuk melihat penggunaan kuota internet yang dihabiskan oleh aplikasi tersebut. Kamu bisa melihat penggunaan internet pada foreground dan background-nya.

#2 Melihat Penggunaan Kuota Internet Android dari Wi-Fi Router

Bagi pengguna Wi-Fi rumahan semacam IndiHome, kamu bisa mengecek penggunaan kuota internet dengan detail layaknya Data Usage di Android. Begitu pula bagi pengguna Wi-Fi dengan router yang bisa dibawa ke mana-mana semacam Andromax Smartfren.

kuota internet andromax

Hasil analisis dari fitur Data Usage tentunya belumlah cukup untuk bisa memperkirakan mana aplikasi yang boros kuota, dan mana yang hemat kuota. Kita memerlukan hasil analisis dari statistik penggunaan kuota internet dari pusat jaringan Wi-Fi kita sendiri.

Kunjungi situs atau IP address dari admin router Wi-Fi yang kamu punya. Di sini, saya menyajikan contohnya yang dari Smartfren. Bagi pengguna layanan Wi-Fi rumahan, mungkin caranya agak berbeda – sesuaikan saja.

Pastikan kamu bisa melihat penggunaan kuota internet dalam rentang waktu yang cukup jauh, misalnya per bulan. Bagi pengguna layanan internet Wi-Fi yang tersedia tombol Reset dalam admin-nya, gunakan tombol itu untuk me-reset angka penggunaan koneksi internet.

Pada admin router Wi-Fi, penggunaan internet mungkin tidak selengkap fitur Data Usage di Android. Namun yang ditampilkan pada admin router bisa menjadi bahan pertimbangan agar kuota bisa lebih hemat dengan analisis yang lebih akurat.

Berdasarkan hasil analisis dari fitur Data Usage di Android dan admin router, kamu bisa memperkirakan aplikasi mana yang harus dikurangi penggunaannya di ponsel Android kamu. Tapi, mengurangi penggunaan aplikasi untuk menghemat kuota internet masih belum cukup.

#3 Mengatur Pengaturan Setiap Aplikasi dalam Penggunaan Internet-nya

Pada fitur Data Usage di Android, kamu bisa melihat penggunaan kuota internet secara detail dari masing-masing aplikasi yang ter-install dalam smartphone Android kamu.

Pilih nama aplikasi, maka kamu bisa melihat penggunaan jaringan internet pada foreground dan background-nya. Foreground adalah ketika aplikasi aktif kamu buka di Android, sedangkan background adalah ketika aplikasi tidak aktif atau sedang bekerja di belakang layar.

Untuk mengatur setting-an atau pengaturan aplikasi tersebut dalam penggunaan kuota internet, kamu perlu memilih App settings.

boros kuota internet

Setiap aplikasi punya pengaturan yang berbeda-beda dalam penggunaan internet. Pada artikel ini, saya gunakan YouTube sebagai contoh.

youtube kuota cepat habis android

YouTube memiliki sejumlah pengaturan data internet yang terletak di bagian Settings > General. Di sini, kamu bisa mengatur pemutaran video HD dengan hanya koneksi Wi-Fi atau dengan data selular, suggested video yang diputar otomatis, kualitas upload video, dan lain sebagainya.

pengaturan kuota

Atur penggunaan koneksi internet pada masing-masing aplikasi. Masih banyak aplikasi lainnya yang dapat kita batasi penggunaan internetnya. Video autoplay Facebook, otomatis download gambar di WhatsApp, dan masih banyak aplikasi lainnya yang mungkin membuat kuota internet menjadi boros.

facebook whatsapp boros kuota android

Kamu bisa mengatur seluruh aplikasi di smartphone Android agar menjadi lebih hemat kuota. Secara umum, ada sejumlah aplikasi bawaan Android yang membuat kuota internet cepat habis. Salah satunya adalah otomatis update aplikasi di Play Store.

#4 Mematikan Fitur Otomatis Update Aplikasi di Play Store

Android punya Play Store, yang merupakan tempat di mana pengguna dapat men-download dan meng-install aplikasi Android. Play Store, secara default, mengaktifkan fitur update otomatis terhadap aplikasi yang ter-install di smartphone, yang dinilai membuat kuota internet cepat habis.

Kuota internet boros, dan hilang ratusan MB dalam waktu cepat. Kamu mungkin tidak memerhatikan notifikasi Play Store bahwa ada aplikasi yang sedang di-update menggunakan kuota yang masih tersisa.

Demi menghemat data internet, fitur update aplikasi otomatis haruslah dimatikan.

Buka Play Store. Buka menu overflow, dan pilih Settings.

play store android menghemat kuota

Pilih Auto-update apps. Lalu pilih Do not auto-update apps.

settings kuota internet

Maka, Play Store tak akan lagi menguras habis kuota internet kamu dengan meng-update aplikasi secara otomatis. Kamu bisa meng-update aplikasi dan games secara manual, ketika masih banyak sisa kuota tersisa.

#5 Mematikan Aktivitas Background dengan Data Seluler

Ketika smartphone Android terhubung dengan internet dari data seluler, kamu bisa memilih untuk menghentikan seluruh proses background yang melibatkan koneksi internet dari data seluler.

Nantinya, seluruh proses atau aktivitas background akan dijalankan ketika smartphone Android terhubung ke Wi-Fi. Ini akan sangat menghemat kuota internet terutama kuota yang dibeli pada data seluler.

Untuk mematikan seluruh aktivitas background yang melibatkan internet data selular dari seluruh aplikasi, pilih tombol menu overflow dan pilih Restrict background data.

background kuota internet hemat

Pilih OK.

menghemat

Sayangnya, trik ini dapat mengurangi kenyamanan pengguna dalam menggunakan smartphone Android-nya, karena aktivitas aplikasi dalam background terhenti tanpa koneksi internet dari data seluler. Chatting dan video calling pun akan terganggu.

Bagi pengguna data selular, kamu bisa mengatur pembatasan aktivitas background dari aplikasi tertentu saja. Aplikasi chatting atau aplikasi penting lainnya, tak perlu dibatasi.

Untuk membatasi aktivitas background pada masing-masing aplikasi, tinggal pilih aplikasi di Data Usage. Kemudian pilih Restrict app background data menjadi On.

boros kuota

Pilih OK.

hemat kuota

Dengan begini, kuota internet tak akan cepat habis lagi, dan kehidupan nyata tak terganggu, karena kamu telah membatasi aktivitas background pada aplikasi tertentu saja ketika ponsel terhubung dengan internet dari data seluler.

hemat kuota internet

#6 Mematikan Update Otomatis OS Android

Sebagian manufaktur, seperti Xiaomi, dan sebagian tipe smartphone Android, memberikan update gratis secara berkala bagi penggunanya. Update ini adalah update firmware, update aplikasi bawaan, atau bahkan update sistem operasi Android (dari Marshmallow ke Nougat misalnya).

Secara default, fitur update ini diaktifkan agar berjalan secara otomatis di background. Update otomatis sangatlah berguna bagi pengguna yang malas mengecek pembaruan atau update-an untuk smartphone-nya. Tapi bagi pengguna yang fakir kuota, ini menjadi masalah besar.

Kuota akan cepat habis. Biaya paket internet bertambah. Pengeluaran hidup sehari-hari bertambah hanya karena kuota internet yang boros. Gaji dari pekerjaan pun menjadi cepat habis, dan akhirnya hubungan dengan pacar pun kandas – bukan karena kurang rasa, namun kurang kuota (untuk chatting).

Untuk mematikan update otomatis Android, buka Settings.

menghemat kuota internet

Masuk ke About phone > System Updates.

update os android

Buka menu overflow, dan pilih Settings.

boros kuota

Terakhir, matikan opsi Update automatically.

update otomatis

Maka, update otomatis pun dimatikan, dan kuota tak akan lagi cepat habis di Android.

#7 Menggunakan Browser yang Hemat Kuota di Android

Ada banyak browser yang tersedia di Google Play, namun hanya segelintir saja yang mampu memberikan pengalaman browsing terbaik. Browser dengan fitur lengkap, ringan untuk spesifikasi smartphone yang rendah, hingga yang hemat kuota.

Ada segelintir browser yang ramah dengan kuota internet yang sedikit. UC Browser dan Opera Mini bisa menjadi pilihan terbaik. Bukan hanya ringan berjalan, melainkan pula menyajikan opsi yang ramah bagi pengguna yang miskin kuota, dan termasuk yang kecepatan internetnya lambat.

Download Opera Mini di Play Store

Download UC Browser di Play Store

Opera Mini punya fitur Data Saving, yang secara ekstrem mampu menghemat data setinggi-tingginya. Di sana terdapat pengatur kualitas gambar, ad blocker, hingga pengoptimal video. UC Browser pun hampir sama, dengan tambahan smart transcoding.

browser hemat kuota

Akan jauh lebih hemat apabila kamu mematikan javacsript dan flash. Namun dengan kedua browser di atas saja tampaknya sudah cukup untuk membuat kuota internet tidak cepat habis di Android.

#8 Menggunakan Data Saver di Google Chrome

Jangan lupakan Chrome. Browser kembangan Google yang juga merupakan browser bawaan Android ini punya fitur yang ramah kuota. Meski agak terasa berat berjalan, Chrome punya fitur Data Saver yang sudah otomatis menghemat kuota saat browsing.

data saver

Lebih ekstrem lagi, Chrome juga menyajikan fitur yang dapat mengatur elemen-elemen apa saja yang dapat kita tampilkan ketika browsing di Google Chrome. Kita bisa mematikan javascript, flash, media, notifikasi, iklan pop-up, dan lain-lainnya, bahkan dari situs tertentu yang kita pilih saja.

mematikan javascript agar hemat kuota

Download Google Chrome untuk Android

#9 Menyimpan Video Favorit dari YouTube, Ketimbang Streaming Lagi

Bagi pengguna yang hobi menonton video di YouTube, khususnya video-video yang sering ditonton secara berulang, akan lebih baik untuk menyimpan atau men-download video tersebut dari YouTube, agar dapat ditonton secara offline.

youtube offline hemat kuota

YouTube di Android sudah punya fitur Simpan. Ketimbang menonton video yang sama dengan streaming, akan lebih baik menyimpan video tersebut saja. Ini akan sangat menghemat kuota.

#10 Download Offline Maps, Ketimbang Membuka Maps secara Online

Google Maps punya fitur Offline Maps, yang memberikan akses peta secara offline atau tanpa koneksi internet. Dengan offline maps, kamu bisa melihat peta dari suatu daerah tanpa koneksi internet, lengkap dengan perhitungan jaraknya.

offline maps tidak boros kuota

Untuk men-download map, buka Google Maps.

Buka menu overflow, dan pilih Offline maps. Kemudian pilih Select your own map.

download offline map agar hemat kuota android

Pilih daerah yang diinginkan, dan pilih Download.

download agar hemat kuota

Maka, peta tersebut akan di-download, dan dapat digunakan ketika smartphone Android tidak terhubung ke internet.


Itulah cara menghemat kuota internet di Android. Trik-trik di atas hanya akan berguna jika penggunaan kuota internet juga dikurangi. Ingin menghemat kuota namun tetap doyan menonton video YouTube dengan kualitas HD adalah usaha yang sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.