Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 26 Agustus 2017

Share:

Arti Ceklis Satu, Ceklis Dua Abu-Abu, dan Ceklis Dua Biru pada WhatsApp

chat whatsapp centang checklist ceklis

Ketika mengirim pesan kepada orang lain di WhatsApp, kita mendapati adanya tanda centang (checklist) satu berwarna abu-abu, centang dua abu-abu, dan centang dua berwarna biru. Tapi, apa maksud dari tanda atau simbol itu?

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat dan telepon gratis yang unik, dan mudah digunakan. Target penggunanya adalah orang-orang dewasa, orang tua, atau kaum muda yang ingin “keseriusan” ketika chatting atau bertelepon.

Salah satu contohnya, simbol atau tanda centang/checklist WhatsApp yang muncul setelah kita mengirim pesan. Simbol centang ini tampil dalam tiga jenis: 1) centang satu; 2) centang dua abu-abu; dan 3) centang dua biru.

Ketiganya tampil setelah kita mengirim pesan di WhatsApp. Tapi, apa arti atau maksud dari semua tanda-tanda WhatsApp itu?

#1 Penjelasan dan Arti Simbol Centang di WhatsApp

WhatsApp di situs resminya menjelaskan, ia menampilkan tiga jenis simbol atau tanda yang tampil setelah kita mengirim pesan atau chat di WhatsApp. Tiga jenis simbol tersebut termasuk dalam Laporan Dibaca atau Read Receipts dalam menu Privacy di WhatsApp.

fitur read receipts whatsapp

Fitur Read Receipts sangatlah berguna untuk menampilkan informasi kepada kita sebagai pengirim pesan, dan mereka sebagai penerima pesan, apakah pesan sudah dibaca oleh penerima pesan WhatsApp.

Nah, berbeda dengan aplikasi chatting lain seperti BBM atau LINE, yang menampilkan read receipts dalam bentuk R (Read), WhatsApp menampilkannya dalam bentuk centang/checklist satu, centang dua abu-abu, dan centang dua berwarna biru.

Orang sering kali mengira bahwa tanda centang dua abu-abu berarti pesan/chat WhatsApp telah dibaca oleh penerima. Atau, mengira tanda centang satu berarti pesan/chat WhatsApp telah diterima atau dikirim kepada penerima pesan. Padahal, bukan itu arti sesungguhnya.

WhatsApp menampilkan ketiga simbol atau tanda centang tersebut dalam ketiga proses yang berbeda-beda.

Centang/checklist satu abu-abu mengartikan bahwa pesan/chat telah dikirim namun hanya terkirim kepada server WhatsApp, dan si penerima belum menerima pesan/chat apa-apa.

Centang/checklist dua abu-abu mengartikan bahwa pesan/chat telah dikirim dan diterima oleh si penerima pesan WhatsApp, namun pesan yang diterima belum dibaca.

Ketika tanda centang dua abu-abu ini muncul, itu artinya teman, pacar, orang tua, anak, atau siapa pun yang kamu kirimi pesan, telah menerima pesan WhatsApp tersebut, namun belum membacanya.

Yang terakhir, centang/checklist dua berwarna biru. Ketika centang dua biru muncul, berarti si penerima telah membaca pesan WhatsApp yang kita kirim.

#2 Cara Mengetahui Detail Kapan Pesan Diterima dan Dibaca di WhatsApp

WhatsApp punya caranya sendiri yang memungkinkan kita untuk melihat kapan pesan/chat WA yang kita kirim diterima dan dibaca oleh pengguna lainnya.

Buka salah satu chat WhatsApp. Tekan tahan pada salah satu baris pesan yang telah dikirim, dan pilih tombol Information (i) yang terletak di atas.

whatsapp centang satu dua abu abu biru

Kemudian, WhatsApp akan menampilkan kapan pesan/chat WA tersebut telah diterima dan kapan pesan tersebu telah dibaca oleh si penerima.

whatsapp telepon

#3 Hanya Muncul Tanda Centang Satu Setelah Mengirim Pesan WhatsApp, Kenapa?

Kamu sudah mengirim pesan WhatsApp kepada pacar atau teman, namun mereka tak membalasnya, dan malah muncul tanda centang satu pada smartphone Android/iPhone/Windows 10 Mobile kamu. Tapi, apa artinya? Dan, kenapa?

Penyebab munculnya hanya tanda centang satu abu-abu menandakan bahwa si penerima pesan sama sekali tidak menerima pesan WhatsApp yang kamu kirim, dan pesan/chat tersebut hanya baru terkirim ke server WhatsApp.

Penyebab tanda centang satu abu-abu hanya berkaitan dengan ponsel si penerima pesan. Bisa jadi karena:

  • si penerima tidak punya kuota internet
  • internet yang ia pakai kurang stabil
  • sinyal dari ISP suka hilang
  • aplikasi WhatsApp di-stop agar berhenti berjalan di background
  • aplikasi WhatsApp di-uninstall
  • ponsel/HP sedang tidak aktif/dimatikan/dalam mode pesawat/data selular mati/Wifi mati
  • WhatsApp di ponsel si penerima hanya bekerja di-background hanya ketika aplikasinya dibuka. Kemungkinan si penerima memakai ponsel dengan spesifikasi yang terlalu rendah, sehingga WhatsApp terlalu berat berjalan
  • WhatsApp yang digunakan si penerima tidak up-to-date, versi lama.
  • Si penerima telah memblokir nomor kamu di WhatsApp.
  • dan alasan-alasan lainnya yang berkaitan dengan ponsel atau smartphone si penerima pesan.

Alasan atau sebab tersebutlah yang menyebabkan kenapa hanya muncul tanda centang satu setelah mengirim pesan WhatsApp. Pesan atau chat WA yang kamu kirim hanya terkirim ke server WA, dan nge-stuck di sana sehingga tidak sampai ke ponsel/HP penerima.

#4 Terus, Kenapa Cuma Muncul Centang Dua Abu-Abu di WhatsApp?

WhatsApp juga menampilkan centang dua abu-abu setelah mengirim pesan WA yang kamu kirim ke server WhatsApp yang kemudian berlanjut dikirim ke ponsel si penerima.

Penyebab munculnya centang dua abu-abu di WhatsApp, sudah jelas menandakan satu hal: pesan WhatsApp telah masuk ke smartphone penerima, namun tidak/belum dibaca.

Kalau dipikirkan lebih luas lagi, penyebab centang dua abu-abu bisa saja:

  • Sinyal internet mati atau koneksi putus atau kuota habis saat ia membaca pesan WhatsApp yang kamu kirim. Dia mungkin sudah membalas pesan kamu, tapi tak sampai karena koneksi internetnya mati sementara.
  • Mungkin dia sudah membalas, dan pesan sampai ke server WA, tapi tak bisa meneruskan ke ponsel kamu karena koneksi yang kamu pakai putus, aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan berhenti bekerja di-background, sinyal kamu hilang, ponsel dalam mode pesawat, data selular/WiFi mati.
  • Si penerima tidak menerima pemberitahuan/notifikasi pesan masuk, karena pengaturan notifikasi WhatsApp di ponselnya dimatikan, sehingga pesan pun tidak dibaca
  • Si penerima atau kamu mematikan fitur Read Receipts atau Laporan Dibaca. Ketika fitur Read Receipts dimatikan, maka kamu dan si penerima tidak bisa mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum.
  • WhatsApp yang kamu atau si penerima gunakan sudah kadaluwarsa, dan perlu di-update ke versi terbaru.
  • Si penerima malas membuka smartphone, atau malas membuka aplikasi WhatsApp, atau bahkan membuka WhatsApp tapi malas membaca chat dari kamu.

Terlepas dari alasan atau sebab di atas, kamu bisa melihat Last Seen atau Terakhir Dilihat yang terletak di sebelah foto profil WhatsApp mereka.

Jika Last Seen mereka menunjukkan waktu yang melampaui waktu kapan kamu mengirim pesan dengan centang dua abu-abu muncul, maka bisa ditebak mereka tidak membaca pesan WhatsApp kamu.

#5 Muncul Centang Dua Abu-Abu, Padahal Si Penerima Sudah Membaca dan Membalas Pesan WA

centang checklist wa tidak biru

Jika centang dua abu-abu muncul, padahal si penerima sudah membaca dan membalas pesan WhatsApp, maka mungkin saja:

  • Si penerima atau kamu mematikan fitur Read Receipts atau Laporan Dibaca di menu Privacy di WhatsApp
  • Si penerima atau kamu menggunakan WhatsApp versi lama

Apabila kamu merasa heran dengan sebagian kontak WhatsApp yang kalau dikirimi pesan dan sudah dibaca selalu memunculkan centang dua abu-abu, dan bukannya biru, maka bisa ditebak si penerima mematikan fitur Read Receipts.

Begitu pula kalau kamu mematikan fitur Read Receipts, kamu tidak akan bisa melihat centang dua berwarna biru di semua kontak WA yang kamu kirimi pesan.

#6 Cara Mematikan Read Receipts atau Laporan Dibaca (Menyembunyikan Centang Dua Biru)

Munculnya tanda centang/checklist dua berwarna biru kadang mengganggu. Orang bisa mengetahui kapan kita membaca pesan yang mereka kirim, dan mengetahui apakah pesan yang mereka kirim sudah kita baca atau belum.

Kamu bisa mematikan Read Receipts ini di WhatsApp.

Buka WhatsApp. Buka menu overflow. Pilih Settings.

whatsapp settings

Masuk ke Account. Masuk ke Privacy.

whatsapp read receipts

Gulir ke bawah, dan hilangkan tanda centang atau checklist pada Read Receipts atau Laporan Dibaca.

Ketika kamu mematikan Read Receipts, maka bukan hanya orang lain yang tidak dapat melihat tanda centang dua biru ketika mengirim pesan kepada kamu, melainkan pula kamu tidak bisa melihat tanda centang dua biru ketika mengirim pesan kepada semua pengguna WhatsApp lainnya.

#7 BONUS TIP: Kalau Pesan Sudah Dikirim dan Muncul Centang Satu, Kalau Pesan Tersebut Dihapus, Sampaikah kepada Pengirim?

Sayangnya, pesan yang sudah kamu kirim dan meski muncul tanda centang satu, pesan tersebut tetaplah akan muncul dan diterima di ponsel penerima bahkan setelah kamu menghapus pesan WA tersebut di ponsel kamu.

Karena ketika centang satu muncul, itu artinya pesan dikirim ke server WhatsApp, dan WhatsApp akan secara otomatis mengirim pesan dari server ke ponsel penerima ketika ponsel penerima terkoneksi ke internet.

Sayangnya, kamu tak bisa membatalkan pesan WhatsApp yang telah kamu kirim. Seluruh kata-kata dan kalimat yang kamu ketik dan kirim tak dapat ditarik kembali...

Kecuali, ya kecuali, jika kamu menggunakan WhatsApp BETA, yang diberitakan telah memiliki fitur Unsend yang dapat membatalkan pesan WA yang telah dikirim.

Tapi, BETA tetaplah BETA, yang kurang stabil dengan bug/error yang mengganggu, dan bukan merupakan versi final yang lancar jaya digunakan.


Itulah penjelasan tanda atau simbol centang/checklist satu, dua abu-abu, dan dua berwarna biru pada WhatsApp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.