Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 01 Juli 2017

Share:

Cara Filter 'Blue Light' atau Sinar Biru di PC/Laptop

f.lux

Blue light atau sinar biru sangatlah berbahaya.

Berbahaya jika terpancar pada mata saat malam hari maksudnya.

Blue light atau sinar biru awalnya diciptakan untuk membantu produktivitas agar kita tetap sadar dan bangun meski mata sudah sangat lelah. Sama seperti cahaya matahari, yang menyugesti kita untuk tetap bangun di siang hari. Ketika waktunya tiba, kita merasa mengantuk dan tidur di malam hari.

Tapi, blue light atau sinar biru sangatlah berbahaya ketika terpancar saat malam hari. Ia akan membuat kita sulit tidur meski mata sudah sangat lelah. Pancaran sinar biru pada malam hari menyugesti kita bahwa sekarang masih siang.

Kalau begitu, apa solusinya?

#1 Filter ‘Blue Light’ dengan f.lux

f.lux

f.lux adalah salah satu aplikasi terbaik untuk memfilter sinar biru yang dipancarkan dari layar PC/laptop. Bagi pengguna macOS, kamu juga bisa menggunakan f.lux.

Ketika menggunakan f.lux, maka ketika petang, atau matahari terbenam, f.lux akan memfilter sinar biru yang muncul dengan mengubah warna layar sedikit kekuningan. Warna kuning ini tak akan mengganggu tidur yang nyenyak setelah kamu memakai laptop.

Ketika pagi tiba, warna layar akan menjadi normal kembali dengan blue light untuk membuat kamu tetap produktif sampai sore hari. Meski mata lelah di siang hari, waktu malam tetaplah waktu yang terbaik untuk beristirahat dan tidur.

Download f.lux untuk Windows dan macOS

#2 Filter Bahaya Sinar Biru dengan Fitur Night Light di Windows 10

night light windows 10

Windows 10 baru-baru ini membawa fitur baru dari Creator Update, yakni fitur Night Light.

Ketika kamu mengaktifkan fitur Night Light, maka Windows 10 akan membuat layar menjadi berwarna kuning untuk memfilter sinar biru. Sama seperti f.lux, fitur Night Light juga memfilter sinar biru secara otomatis.

Untuk mengaktifkan fitur ini, tinggal buka Action Center dan pilih Night Light pada tombol-tombol quick action.

night light

#3 Mengurangi Pancaran Sinar Biru tanpa Filter

cara filter blue light

Tanpa membuat layar menjadi kekuningan, kamu masih bisa mengurangi pancaran sinar biru dengan mudah. Terlebih kalau kamu adalah pengguna Windows 10.

Di Windows 10, kamu bisa mengaktifkan mode gelap atau dark mode. Dark mode ini mampu mengubah warna aplikasi UWP (Universal Windows Platform) menjadi gelap, layaknya dark mode di smartphone.

Ketika kamu menggunakan dark theme di malam hari atau di ruangan gelap, maka sinar biru tak akan terlalu mengganggu tidur. Selain itu, fitur ini juga mampu menghemat baterai, karena tak terlalu membutuhkan tingkat kecerahan yang tinggi.

Untuk mengaktifkan dark mode, buka Settings > Personalization > Colors.

Pada Choose your app mode, pilih Dark.

dark mode


Blue light atau sinar biru yang berbahaya, akhirnya dapat teratasi dengan trik di atas. Jam tidur pun tak akan terganggu, dan bangun di pagi hari dengan lebih semangat dan lebih fokus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.