Masih Hangat
memuat ...

Senin, 19 Juni 2017

Share:

4 Cara Mendapatkan File APK Mentah dari Aplikasi Android yang Ter-install

apk download

Hidup nggak pernah sesulit yang dibayangkan. Selalu.

Termasuk soal oprek Android.

Bagi sobat yang punya smartphone Android, sobat bisa mengambil atau mendapatkan file mentah APK dari setiap aplikasi Android yang ter-install di smartphone.

APK (.APK) adalah ekstensi format file yang mampu menginstall aplikasi Android. Format APK sama halnya dengan format EXE di Windows PC atau DMG di macOS. Bedanya, APK adalah format installer milik Android.

Ketika sobat men-download aplikasi dari Google Play Store, sobat tak akan melihat format APK untuk di-download, melainkan aplikasi yang langsung jadi. Itu karena Play Store-lah yang berhak mengekstrak dan menginstall aplikasi tersebut.

APK sendiri dapat kita install di smartphone Android secara manual. Biasanya karena memang lebih mudah, tak perlu download ulang dari Play Store, dan menghemat kuota internet.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan file mentah APK?

Ada banyak cara untuk mendapatkan file mentah APK. Cara yang pertama adalah dengan me-root smartphone Android, dan yang kedua adalah dengan menggunakan sejumlah aplikasi terbaik untuk mengambil file mentah APK tanpa root.

Jika sudah di-root, maka mengambil file APK bukanlah hal yang sulit lagi. Sobat tinggal masuk ke folder data aplikasinya. Tapi bagi sobat yang tak mau me-root smartphone Android-nya, maka bisa menggunakan sejumlah aplikasi berikut:

#1 Mem-backup Aplikasi Android dengan Android Assistant

android assistant apk download

Android Assistant adalah aplikasi Android yang mampu mempercepat kinerja smartphone dengan fitur-fitur unggulannya. Sobat bisa melihat status CPU, RAM, ROM, SD card, menghemat baterai smartphone, dan mem-backup aplikasi.

Satu-satunya cara untuk mengambil atau mendapat file APK dari aplikasi Android adalah dengan mem-backup aplikasi tersebut. Ketika di-backup, maka aplikasi akan diubah menjadi satu file berformat APK agar bisa di-install di smartphone lainnya.

Download Android Assistant di Google Play

Install sampai selesai.

Lalu buka aplikasi tersebut. Klik Backup & Restore.

Di sini, sobat bisa mem-backup seluruh aplikasi secara sekaligus. Artinya, sobat bisa membuat file APK dari seluruh aplikasi yang ter-install di smartphone Android sobat.

Setelah memilih aplikasi yang ingin diambil APK-nya, klik tombol Backup.

android assistant apk download

Tunggu prosesnya. Android Assistant sedang mengubah file-file aplikasi menjadi satu file berformat APK.

Setelah selesai, sobat bisa melihatnya langsung di folder Android Assistant dalam memori internal.

cara mendapat file aplikasi

#2 Convert Aplikasi Android menjadi APK dengan Apk Extractor

mendapat file apk dari google play

Apk Extractor adalah aplikasi yang secara khusus berfungsi untuk mengubah aplikasi Android yang ter-install menjadi satu file APK. Aplikasi ini dapat sobat download di Google Play.

Download Apk Extractor di Google Play

Buka aplikasinya. Kemudian sobat akan melihat deretan daftar aplikasi yang ter-install di smartphone Android sobat.

Tekan-tahan untuk memilih lebih dari satu aplikasi. Setelah memilih aplikasi mana yang ingin diubah menjadi APK, maka klik tombol yang mirip tombol Download di atas.

mendapat file apk dari google play

Maka, Apk Extractor akan mem-backup seluruh aplikasi yang dipilih dengan mengubahnya menjadi APK. Setelah itu, buka folder hasil convert-nya. Biasanya di memori internal dalam folder ExtractedApks.

#3 Mengirim Aplikasi APK dengan SHAREit

mengambil file apk dengan shareit

Jika tujuan sobat adalah mengirim aplikasi ke smartphone teman, maka sobat tak perlu repot-repot mengubahnya menjadi APK terlebih dahulu. Langsung saja kirim aplikasi menggunakan SHAREit.

Ketika sobat mengirim aplikasi menggunakan SHAREit, SHAREit akan langsung mengambil file APK-nya saja, dan mengirimnya ke smartphone lain atau PC lain yang juga ter-install SHAREit di dalamnya.

Download SHAREit

Install di perangkat pengirim dan penerima. Jika sobat hendak mem-backup aplikasi ke komputer, install SHAREit di komputer juga. Dalam artikel ini, saya mengirim aplikasi ke komputer, yang nantinya akan berubah langsung menjadi APK.

Buka SHAREit di smartphone. Pilih Send, dan pilih aplikasi yang hendak dikirim dan diubah menjadi file APK. Jika sudah, klik Send.

mengirim file apk

Kemudian SHAREit akan mendeteksi perangkat penerima. Karena target kita adalah komputer, maka pilih Connect PC. Pilih Go.

backup aplikasi apk

Buka SHAREit di komputer. Kemudian SHAREit di komputer akan menerima sinyal dari SHAREit di smartphone.

shareit

Kembali ke smartphone. Pilih nama perangkat si penerima. Di sana terdapat nama perangkat penerima, yakni PC saya (“Dony”). Pilih nama itu.

shareit download

Setelah itu, SHAREit akan mengirim file aplikasi ke PC, yang sudah dalam kondisi APK.

apk

Kembali ke SHAREit di komputer. Proses pengiriman dapat dilihat pula di PC. Setelah pengiriman selesai, sobat bisa membuka folder yang isinya adalah aplikasi smartphone dalam bentuk APK.

aplikasi android

Klik tombol folder di dekat “History” di atas.

apk download

Dan, BOOM! Aplikasi smartphone telah dikirim dan diubah menjadi file APK.

#4 Men-download APK Langsung dari Google Play

apk downloader

Masih ada cara lain.

Sobat bisa mendapatkan file APK langsung dari Google Play. Tapi tak langsung dari Google Play, melainkan dari situs lain yang memiliki file APK original dan asli dari Google Play.

Buka situs tersebut: apps.evozi.com/apk-downloader/

Copy URL aplikasi dari Google Play. Paste di dalam kotak teks di apps.evozi.com ini.

Kemudian klik Generate Download Link.

mendapatkan apk file aplikasi

Setelah itu, klik tombol hijau di bawahnya untuk men-download APK.

download apk dari google play

Dan, BOOM! Sobat telah berhasil mendapatkan file APK langsung dari Google Play.


Mendapatkan file APK dari aplikasi sangatlah penting. Karena bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk berbagi APK dengan orang lain, melainkan pula berjaga-jaga ketika smartphone mengalami hal yang tak diinginkan, kita bisa meng-install aplikasi kembali tanpa repot download ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.