Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 07 April 2017

Share:

Cara Ubah Folder Screenshot di Windows 10

Microsoft melakukan perubahan besar di Windows 8, yang membawa fitur screenshot dengan tombol Logo Windows + PrintScreen. Fitur bawaan untuk mengambil screenshot tersebut sangatlah berguna. Terlebih jika sobat menggunakan aplikasi khusus screenshot terbaiknya, yakni PicPick.

Jika sobat sering menggunakan fitur bawaan Logo Windows + PrintScreen ini, sobat akan melihat gambar hasil screenshot di folder pribadi sobat, tepatnya di C:\Users\<nama user>\Pictures\Screenshots. Jika sobat ingin menggantinya, sobat dapat melakukannya dengan cara yang mudah.

Cara Ubah Folder Default Hasil Screenshot

Mengubah lokasi folder default hasil screeshot sangatlah mudah. Sobat tak perlu menggunakan aplikasi apa pun, atau trik-trik rumit sejenisnya. Sobat dapat melakukannya langsung di folder screenshot itu sendiri.

Buka folder screenshot di File Explorer, yang beralamat di: C:\Users\<nama user>\Pictures\Screenshots

Klik-kanan pada folder tersebut, dan pilih Properties.

cara mengubah folder default screenshot

Dalam kotak dialog Properties, pilih Location. Lalu pilih “Move” untuk mengubah lokasi folder default untuk menyimpan screenshot.

folder screenshot

Pilih folder mana yang hendak dijadikan folder ganti untuk menyimpan screenshot yang nantinya akan diambil. Klik Select Folder.

cara ubah folder screenshot

Pada kotak dialog Properties, pilih OK untuk menyimpan perubahan.

Sobat akan mendapati pesan warning ini, yang memberi tahu apakah isi screenshot dari folder lama dipindahkan ke folder yang baru. Sobat dapat memilih Yes atau No.

cara pindahkan

Seketika itu, screenshot yang sobat ambil nantinya akan tersimpan ke dalam folder baru yang baru dipilih.

Tapi, bagaimana caranya untuk mengembalikan folder baru ke folder lama/default?

Sobat dapat mengembalikan folder baru ke folder screenshot lama dengan cara yang sama. Klik-kanan pada folder baru, pilih Properties. Pada tab “Location”, pilih Move. Lalu pilih folder yang lain, atau folder yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.