Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 16 Maret 2017

Share:

Cara Pantau Kecepatan Internet di Android, Langsung di Status Bar

cara tampilkan kecepatan internet di status bar android

gambar: play.google.com

Internet kini semakin meluas, termasuk di pelosok-pelosok desa dan perkampungan. Internet hadir mendorong kebutuhan komunikasi kita, melalui aplikasi chat di smartphone yang kita gunakan. Bukan hanya komunikasi, internet juga membantu semua bidang hidup.

Indonesia bisa dikatakan memiliki kecepatan internet yang (masih) tak terlalu cepat. Ditambah lagi (semakin) mahalnya paket internet, serta penggunaan internet yang semakin meluas di Indonesia. Harga paket internet yang semakin mahal membuat sebagian orang memakai jaringan internet yang lambat.

Jika sobat penasaran dengan kecepatan internet yang terkoneksi dengan smartphone Android sobat, maka gunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memungkinkan sobat untuk memantau kecepatan internet, terlebih jika sobat benar-benar butuh internet yang cepat, atau sekedar iseng belaka.

Pantau Kecepatan Internet dengan Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite adalah aplikasi yang tampaknya bagus untuk digunakan sebagai pengecek kecepatan internet. Karena dengan aplikasi ini, sobat dapat melihat kecepatan internet sobat langsung di status bar smartphone Android sobat.

Download dan install Internet Speed Meter Lite di PlayStore. Ukuran file-nya tak lebih dari 1MB. Aplikasi ini juga gratis untuk digunakan, dan bagusnya lagi, tanpa iklan – sehingga mengecek kecepatan internet pun jadi lebih nyaman.

internet speed meter lite

Setelah menginstal, buka aplikasi tersebut. Maka sobat akan langsung melihat kecepatan internet di status bar. Kecepatan yang ditampilkan oleh aplikasi ini adalah jaringan Wi-Fi atau langsung data seluler di smartphone Android.

Sobat juga dapat melihat kecepatan internet di notification bar dengan lebih detail lagi.

cek kecepatan internet android

Jika sobat membuka aplikasi Internet Speed Meter Lite, sobat akan melihat history penggunaan internet dari Wi-Fi maupun data seluler (mobile) – yang tampaknya sangat berguna sebagai patokan menghemat data/kuota internet.

history

Sebenarnya, sobat dapat melihat dan memantau penggunaan internet langsung di dalam Settings. Namun jika sobat ingin memantau kecepatan internet dengan cara yang simpel, maka aplikasi Internet Speed Meter Lite bisa menjadi pilihannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.