Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 26 Maret 2017

Share:

Cara Blokir Telepon/SMS di Android secara Otomatis dan Manual

cara memblokir sms telepon di android

Kita tentunya malas menerima SMS mama minta pulsa, undian berhadiah, atau SMS yang isinya promosi-promosi yang tak jelas eksistensinya. Semua SMS semacam itu sering kali menyebalkan, apalagi yang ditunggu adalah SMS dari seseorang, tapi yang muncul malah SMS penipuan.

Belum lagi ketika smartphone kita menerima panggilan telepon dari orang yang tukang iseng, sering meneror, atau berniat menipu hingga menghipnosis. Semua panggilan telepon semacam ini hanya mengganggu saja.

Maka, solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan memblokir SMS dan telepon dari orang-orang semacam itu. Ketika nomor telepon orang tersebut telah kita blokir, maka SMS atau panggilan telepon darinya tak akan mengganggu hidup kita lagi.

Untuk memblokir nomor orang lain, agar kita tak menerima telepon atau SMS darinya, kita dapat melakukannya langsung di smartphone Android.

#1 Cara Blokir SMS/Telepon dengan Fitur Bawaan Android

Sayangnya, fitur bawaan ini tampaknya tak tersedia di semua manufaktur (merek) smartphone, juga tak tersedia di semua versi Android. Saya sendiri menggunakan Advan S4T dengan Android 5.1 Lollipop.

Untuk mengecek apakah smartphone Android sobat memiliki fitur blokir bawaan, buka saja aplikasi “Contacts”.

Lalu cari kontak mana yang nomornya ingin sobat blokir. Pilih kontak tersebut.

contacts nomor telepon

Kemudian, klik tombol tiga titik yang letaknya di pojok kanan atas layar. Lalu pilih “Add to blacklist” untuk langsung memblokir nomor tersebut.

Ketika nomor telah masuk ke dalam blacklist, sobat tak akan menerima SMS atau panggilan telepon darinya lagi.

Sayangnya, tak semua manufaktur smartphone Android memiliki tombol “Add to blacklist” ini. Namun, sobat masih bisa menggunakan fitur lain, yakni memasukkan nomor tersebut ke dalam voice mail list.

Voice mail sendiri adalah sistem panggilan telepon yang tak dapat dijawab langsung oleh si penerima panggilan telepon – si penelepon hanya dapat mengirim pesan suara yang akan diterima di waktu lain oleh si penerima.

Karena sobat tak mendaftar voice mail, nomor HP sobat akan dianggap sibuk ketika ditelepon dari nomor orang lain yang masuk ke dalam voice mail list.

Masih di aplikasi “Contacts”. Pilih nomor, lalu pilih “All calls to voicemail”.

voicemail android jaringan sibuk

Seketika itu, ketika ada panggilan telepon dari nomor tersebut, si penelepon akan mendengar: Nomor yang anda tuju sedang sibuk. Silakan coba beberapa saat lagi.

Fitur bawaan ini tersedia di semua versi Android. Tentunya, dari fitur voicemail list ini, sobat hanya dapat memblokir panggilan telepon. Sedangkan “Add to blacklist” memblokir panggilan telepon beserta SMS-nya.

Sobat juga memiliki pilihan lain untuk memblokir SMS saja, atau memblokir telepon saja, dengan fitur blacklist bawaan ini.

Di dalam aplikasi “Contacts”, geser tab ke kiri hingga muncul tab “Dialer”.

blacklist blokir nomor telepon

Tekan-tahan salah satu kontak yang sobat pilih, dan pilih “Add to blacklist”.

Lalu pada “Intercept content”, pilih SMS atau Calls untuk diblokir.

Fitur blacklist dan voicemail list bawaan Android mungkin berguna. Tapi bagi sobat yang ingin fitur lebih lengkap lagi untuk memblokir nomor-nomor yang tak ada gunanya itu, sobat dapat mencoba aplikasi Android ini.

#2 Cara Blokir SMS/Telepon dengan Mr. Number

Tampaknya Mr. Number adalah aplikasi pemblokir SMS dan telepon terbaik. Bukan hanya gratis, melainkan juga fiturnya cukup lengkap untuk memblokir SMS dan telepon di Android. Aplikasi ini juga tersedia di iOS.

mr. number blokir sms dan telepon

Mr. Number sendiri menyajikan banyak fitur. Sobat dapat mengelompokkan nomor yang ingin diblokir ke dalam lima kategori: Scam/fraud, suspected spam, hidden number, international number, dan not in my contacts.

Aplikasi Android dan IOS ini akan membantu sobat untuk memblokir nomor-nomor yang sobat pikir tak penting bahkan mengganggu.

Mr. Number tampaknya memiliki database sendiri yang berisi nomor-nomor yang dianggap spam, penipuan, dan promosi oleh para pengguna Mr. Number lainnya. Sehingga aplikasi ini punya fitur auto-blocking untuk memblokir otomatis nomor yang sudah dikenal lama sebagai nomor yang tak jelas.

Di dalam aplikasinya, sobat akan melihat laporan dari pengguna Mr. Number lainnya tentang nomor yang juga diblokir (atau belum diblokir) di smartphone sobat. Laporan ini bisa meyakinkan bahwa nomor tersebut memang layak diblokir.

cara blokir nomor hp

Di dalam Settings-nya, sobat dapat mengatur untuk memblokir otomatis nomor internasional, nomor yang tersembunyi (“unknown”), atau nomor yang tak ada dalam kontak sobat.

blokir sms telepon

Ketika nomor di dalam block list mencoba untuk menelepon sobat, ia akan menerima pesan dari operator bahwa nomor sobat sedang sibuk. Sobat juga akan mendapat lebih sedikit SMS spam darinya, atau bahkan diblokir sama sekali. Sobat juga akan mendapat notifikasi ketika Mr. Number memblokir sebuah panggilan telepon.

mr. number

Fitur bawaan Android dan aplikasi Mr. Number mungkin dapat membantu sobat memblokir nomor-nomor telepon yang tak ingin telepon atau SMS-nya diterima. Namun sobat juga dapat menggunakan aplikasi lain seperti Clean Inbox – SMS Blocker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.