Masih Hangat
memuat ...

Senin, 20 Februari 2017

Share:

Paksa Cortana Buka Google di Chrome (Ketimbang Bing di Edge)

cara agar cortana buka chrome google

Microsoft semakin drastis saja perubahannya. Kita bisa melihatnya sejak dua tahun yang lalu, Windows 10 diluncurkan, berbagai peningkatan besar bermula di sini. Dari sinilah, Microsoft mulai aktif dalam slogannya “Windows as service”.

Microsoft kemudian meluncurkan aplikasi-aplikasi kembangannya yang seharusnya hanya tersedia di Windows 10, kini juga tersedia di Android dan IOS. Strategi ini membuat semua aplikasi Microsoft, seperti OneNote dan Cortana, dapat diakses di perangkat mana pun.

Namun strategi ini tak berlaku dalam fitur Cortana yang seharusnya dapat kita ubah agar tak memilih Microsoft Edge sebagai hasil pencarian web. Kita tak bisa mengganti bagaimana Cortana membuka hasil pencarian web dari Microsoft Edge ke Google Chrome atau Firefox.

Meskipun kita membuat Google Chrome sebagai browser default, Cortana tetap akan membuka Microsoft Edge sebagai browser default-nya. Microsoft tampaknya takut kehilangan pengguna Microsoft Edge karena masih ada browser lain yang jauh lebih baik, seperti Google Chrome.

Namun, masih ada cara untuk membuat Cortana membuka Google.com di Google Chrome.

# Paksa Cortana Buka Chrome dengan EdgeDeflector

Pertama, download dulu EdgeDeflector dari GitHub ini.

Lalu buka EdgeDeflector.

cara buat cortana selalu buka google chrome

Tunggu beberapa saat karena EdgeDeflector akan melakukan proses di belakang layar untuk melakukan perubahan di bagian settings “Default Browser”.

Lalu buka Settings (Logo Windows+I), masuk ke Apps > Default Apps > Choose default apps by protocol.

Ini akan membuka daftar aplikasi default yang dapat sobat ubah yang nantinya dapat mengubah Cortana untuk membuka Google di Google Chrome, ketimbang membuka Bing di Microsoft Edge.

Pilih “Choose default”. Lalu pilih “EdgeDeflector”.

cara buka chrome lewat cortana

Dan, BOOM! Sobat kini sudah bisa memaksa Cortana untuk selalu membuka mesin telusur Google di Google Chrome sebagai hasil pencarian web, ketimbang membuka Bing di Microsoft Edge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.