Cara Mencegah User Lain Mematikan / Shutdown PC Kita

Tidak ingin PC atau laptop kita dimatikan oleh orang lain ? Berikut cara mencegah sembarang orang untuk mematikan / shutdown PC kita.

Update

Cara Mencegah User Lain Shutdown PC

Windows sebagai sistem operasi komputer dan laptop paling banyak digunakan memberikan fitur yang up-to-date dan benar-benar fungsional.

Semua ditujukan untuk produktivitas pengguna dengan beragam profesi dan kerumitan pekerjaan yang sedang dihadapinya. Semua dibuat simpel demi kemudahan.

Seperti tombol Shutdown. Tombol Shutdown di Windows 10 kini hadir di mana-mana : Start menu, Login screen, Win+X menu, Alt+F4 menu.

Sobat bahkan bisa melakukan beberapa tweak untuk shutdown PC/komputer hanya dengan perintah suara lewat Cortana.

Dan kadang sobat sebagai pengguna yang bukan satu-satunya pengguna di PC selalu frustrasi karena anggota keluarga sobat dengan kebiasaannya yang selalu mematikan komputer tanpa bilang-bilang. Sementara proses download yang sobat jalankan terhenti begitu saja, karena PC telah di-shutdown.

Jika sobat sering merasa kesal dengan satu hal ini, ada cara untuk mencegah user lain agar tidak seenaknya shutdown PC sobat.

Heck, bukan hanya shutdown, sobat juga dapat mencegah user lain melakukan Sleep, Hibernate, atau Restart.

Cara Cegah User Lain Shutdown PC

Sobat perlu membuat satu file MSC yang tak lain adalah semacam Local Group Policy Editor namun hasil modifikasi yang bertujuan untuk mengaplikasikan settings yang sobat ubah pada user-user tertentu sekaligus. Misalnya, untuk semua user-user non-administrator.

Baca Juga :

Mengatur Gpedit.msc untuk user-user tertentu ? Berikut langkah-langkah menerapkan Gpedit.msc untuk beberapa user.

Jika sudah membuat file MSC tersebut, buka file MSC (yang sudah ditargetkan untuk user yang telah sobat pilih sebelumnya) itu di Microsoft Management Console.

microsoft management console

Klik ganda padanya.

Lalu masuk ke User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar. Klik ganda pada Remove and prevent access to the Shut Down, Restart, Sleep, and Hibernate commands.

mencegah user lain shutdown pc

Klik Enabled dan pilih OK.

mencegah user lain shutdown restart pc

Untuk mulai melihat efeknya, keluar Local Group Policy Editor dan Restart PC.

Kini user lain yang sudah ditargetkan tak akan bisa melakukan Shutdown, Restart, Hibernate, dan Sleep.

Selesai.

  • Editor :
  • Razqa Lathif Pradana

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar