Masih Hangat
memuat ...

Senin, 09 Januari 2017

Share:

Cara Mematikan atau Disable Regedit untuk User Tertentu

Regedit atau Registry Editor adalah salah satu alat bawaan Windows yang berguna untuk mengubah sistem Windows secara lanjutan. Makanya, isi dari Regedit adalah entri-entri yang tersusun rapi berdasarkan kategorinya masing-masing, dan rumitnya minta ampun. Jika sobat punya user lain atau pengguna lain di PC sobat, maka mematikan regedit untuk mereka adalah ide yang tepat.

Regedit atau Registry Editor sangatlah krusial. Jika ada sedikit kesalahan saja, atau sedikit saja perubahan yang tak diinginkan, akibatnya bisa fatal. Maka, akan lebih baik dan menenangkan rasanya jika sobat mematikan/disable regedit atau Registry Editor.

Cara Disable Regedit untuk User Tertentu

Sebelumnya, sobat perlu membuat file MSC yang berupa Local Group Policy Editor yang sudah diubah untuk ditargetkan pada user tertentu saja. Dengan kata lain, itu adalah Gpedit.msc yang dibuat baru, namun jika membuat perubahan di sana, maka perubahan hanya akan diterapkan pada user tertentu tersebut.

Baca Dulu: Cara Terapkan Gpedit.msc ke User Tertentu Sekaligus

Jika sudah membuat file MSC khusus user yang sudah sobat targetkan tersebut, buka file MSC itu di Microsoft Management Console, lalu klik ganda untuk menampilkannya. Tampilannya akan seperti Local Group Policy Editor seperti biasanya.

disable regedit mematikan registry editor

Masuk ke User Configuration > Administrative Template > System. Klik ganda “Prevent access to registry editing tools”.

cara disable mematikan regedit

Pilih Enabled. Di bawah masih ada opsi untuk mematikan regedit yang berjalan di background. Matikan atau nyalakan saja, terserah.

mematikan regedit untuk user tertentu

Lalu pilih OK.

Keluar dari Microsoft Management Console, simpan, lalu Restart PC. Lalu login ke user target dan cobalah membuka regedit, maka akan ada pesan bahwa Registry Editor telah di-disable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.