Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 07 Januari 2017

Share:

Cara Disable Control Panel/Settings untuk User Tertentu

Control Panel dan aplikasi Settings menyajikan banyak opsi untuk mengubah sistem Windows. Sobat mungkin ingin mematikan atau menonaktifkan Control Panel dan Settings untuk user tertentu demi keamanan PC.

Sobat mungkin cemas ketika ada seorang user yang mengotak-atik PC warnet sobat lewat Control Panel dan Settings. Sobat mungkin ingin semua user disesuaikan oleh sobat sendiri demi kinerja komputer. Atau sobat mungkin takut ada user awam yang tak sengaja mengubah sistem lewat Control Panel dan Settings.

Apa pun alasannya, sobat dapat mematikan atau disable Control Panel dan Settings untuk user tertentu, atau untuk semua user tertentu sekaligus. Seperti untuk semua user non-administrator.

Cara Disable Control Panel dan Settings

Pastikan sebelumnya sobat telah membuat file MSC yang merupakan Local Group Policy Editor yang telah dimodifikasi agar perubahannya hanya diterapkan pada user-user tertentu saja.

Baca Dulu: Cara Terapkan Gpedit.msc Hanya Untuk User Tertentu

Jika sudah membuat file MSC khusus user-user tertentu tersebut, buka itu lewat Microsoft Management Console, dan klik ganda untuk menampilkannya.

microsoft management console menonaktifkan control panel dan settings

Dalam artikel ini, saya mematikan Control Panel dan Settings untuk semua user yang non-administrator, atau user standar.

Masuk ke User Configuration > Administrative Templates > Control Panel.

mencegah user lain mengakses control panel dan settings

Temukan dan klik ganda “Prohibit access to Control Panel and PC settings”. Ini adalah settings di Local Group Policy Editor untuk mematikan atau disable Control Panel dan aplikasi Settings. Jika sobat menggunakan Windows 7, sobat akan melihat “Prohibit access to the Control Panel”, karena aplikasi Settings tersedia di Windows 8, 8.1, dan 10.

Klik Enabled. Dan pilih OK.

cara disable control panel dan settings untuk user tertentu

Untuk mengetes perubahan, sobat dapat langsung keluar dari Local Group Policy Editor dan login ke user yang ditargetkan. Lalu buka Settings atau Control Panel, maka akan ada pesan yang mengatakan bahwa Settings dan Control Panel dimatikan.

Untuk mengaktifkan Control Panel dan Settings kembali, tinggal ubah dari Enabled ke Not Configured.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.